Cara Menghilangkan Tanggal Posting
Cara Menghilangkan Tanggal Posting

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan di Pencarian Google, Mudah dan Berhasil

Diposting pada

Cara menghilangkan tanggal postingan blog, baik di halaman maupun di hasil pencarian Google tentu banyak yang membutuhkannya. Terutama bagi blogger pemula yang melihat blog lainnya, yang postingannya tanpa ada tanggal, misalnya saja Wikipedia dan lainnya.

Baca Juga : Manjur, Ini Cara Mempercepat Loading Blog WordPess dengan Plugin Autoptimize

Penulis sendiri awalnya ragu untuk menghilangkan tanggal pada postingan blog. Namun setelah melihat banyaknya situs ternama menyembunyikan tanggal postingannya, maka hal ini membuat niat penulis semakin mantap.

Sekedar informasi blog duniaelektronik.net ini menggunakan plafporm WordPress, jadi penulis akan membahas cara menghilangkan tanggal postingan pada flatporm tersebut. Bagi sobat yang menggunakan blogspot atau yang lainnya, sebenarnya prosedurnya tidak terlalu banyak perbedaan.

Baiklah sebelum membahas terlalu jauh, terkait cara menghilangkan tanggal postingan blog ini. Ada baiknya sobat lihat terlebih dahulu, gambar hasil pencarian di bawah ini.

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Sebelum penulis menggunakan cara menghilangkan tanggal postingan blog ini, penulis mencoba search di mesin pencari Google. Sobat bisa lihat sendiri, hasil pencarian merk smart Tv terbaik, blog duniaelektronik.net masih menunjukan tangggal pada hasil pencariannya. Sebaliknya situs di atasnya, justru tanpa ada tanggal postingan sama sekali.

Saat mengetahui hal itu, tentu penulis sangat penasaran dan juga tertarik. Sebab menurut penulis itu sangat keren. Mau tahu kenapa ?

Manfaat Menghilangkan Tanggal Postingan

Manfaat menghilangkan tanggal postingan menurut penulis, adalah menjadikan blog yang kita miliki semakin terlihat profesional. Lebih dari itu, blog dengan tanpa ada tanggal juga akan senantiasa lebih mudah mendapatkan banyak pembaca setiap waktunya.

Coba sobat bayangkan ketika melakukan pencarian kata kunci tertentu di mesin pencari, artikel dengan tanggal rilis yang sudah sangat lama biasanya dianggap sudah usang. Beda halnya jika kita menyembunyikan tanggal tersebut, kapanpun diaksesnya, sekalipun sepuluh tahun yang akan datang, artikel yang sobat tulis tentu akan senantiasa terlihat baru. Hal ini karena pembaca tidak mengetahui waktu penulisan artikel tersebut, sehingga mereka tak punya alasan untuk tidak membacanya.

Lantas apa akibatnya jika kita menghilangkan tanggal pada postingan blog?

Menurut penulis, sebenarnya tidak ada dampak buruk dari cara menyembunyikan tanggal postingan ini. Hanya saja pada pengaturan Google Webmaster akan terdapat sesuatu yang eror, yakni pada bagian search Appearance > Structure data, seperti terlihat pada gambar berikut.

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Dilansir dari Klikmania.net, reaksi seperti ini adalah wajar, sebab structure tanggal yang ada pada bagian template memang telah dengan sengaja kita hilangkan. Eror ini kabarnya akan terus bertambah setiap kali kita membuat postingan baru, namun demikian blog penulis pribadi tidak mengalami eror yang berarti setelah melakukan ini.

Namun barangkali reaksi setiap blog berbeda, tidak ada salahnya sobat memikirkan kembali untuk menerapkan cara menghilangkan tanggal postingan blog ini.

Tutorial Menghilangkan Tanggal Postingan Blog

Jika sobat sudah memiliki tekad bulat, berikut cara menghilangkan tanggal postingan yang penulis maksud tersebut.

Langkah pertama silahkan sobat masuk ke dasboard WordPress yang sobat miliki, kemudian pilih Settings, lalu General. Di bagian date format, silahkan sobat ganti menjadi sesuaikan (custom), serta hilangkan angka yang terdapat di dalamnya. Agar lebih jelas silahkan lihat gambar berikut.

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Jika sudah selesai, silahkan sobat klik simpan perubahan.

Setelah itu, masih di dasboard WordPress, silahkan sobat masuk ke menu Appearance, kemudian pilihlah Theme Option, lalu Blog Settings, kemudian rubahlah date yang ada pada keadaan disable, lalu klik simpan perubahan seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Bagi sobat yang kebetulan menggunakan plugin wordpress SEO by yoast, silahkan hapus tanda centang pada pengaturan Titles and Metas pada Post types yakni pada tampilkan tanggal di pratampil snippet, seperti gambar berikut.

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog


Menghilangkan Tanggal Postingan dengan Plugin

Bagi sobat yang lebih suka menggunakan plugin, silahkan bisa menggunakan plugin WP Author, Date and Meta Remover , dengan melakukan instalasi dan mengaktifkannya, maka sobat bisa menghilangkan tanggal postingan dengan lebih mudah.

Untuk proses ini dapat langsung kita lihat hasilnya, pada postingan artikel dan komentar akan langsung tanpa ada tanggal lagi. Namun untuk pada hasil pencarian Google dan lainnya, hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama, setidaknya satu minggu atau bahkan mungkin lebih.

Hal ini dikarenakan mesin mesin pencari membutuhkan waktu untuk mengcrawl ulang, terutama pada beberapa artikel yang kita miliki. Sehingga dengan demikian besar kemungkinannya, semakin banyak jumlah artikel yang kita miliki, maka waktu yang dibutuhkannya pun semakin tinggi pula.

Terbukti Berhasil

Cara Menghilangkan Tanggal Posting Blog

Jika sobat masih ragu apakah cara menghilangkan tanggal postingan ini, berhasil atau tidak. Penulis sudah membuktikannya bahwa cara inu 100% berhasil. Sebagai buktinya, silahkan bisa sobat lihat pada gambar di atas.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.