Cara Mengunci Folder di Smartphone Android

Cara Mengunci Folder di Smartphone Android dengan Aman dan Mudah

Diposting pada

Cara mengunci folder  di smartphone sepertinya informasi penting dewasa ini. Sebab tak sedikit para pengguna smartphone masa kini, yang menyimpan berbagai file penting dalam perangkat kesayangannya. File-file penting tersebut biasanya tersimpan dalam sebuah folder.

Ada beragam file penting, mulai dari tugas kuliah, pekerjaan kantor dan lain sebagainya. Dimana tak sedikit file tersebut merupakan sebuah rahasia yang tidak boleh diketahui sembarang orang. Selain itu, melalui Android kita juga sering melakukan kegiatan online, dimana juga merupakan ranah privasi pribadi. Dengan mengetahui cara mengunci folder rahasia di smartphone, maka semua data tersebut akan semakin aman.

Cara Mengunci Folder Rahasia di Smartphone Android

Untuk dapat mengunci folder atau file di smartphone maka sobat membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Setidaknya ada dua aplikasi yang penulis rekomendasikan yaitu sebagai berikut :

1. Aplikasi File Locker

Cara mengunci folder  di smartphone

Aplikasi mengunci folder di Android yang pertama kita bahas adalah aplikasi File Locker. Memiliki kemampuan untuk mengunci berbagai jenis file seperti dokumen, foto,  audio, lagu, video,dan lainnya sehingga sangat rekomen untuk sobat gunakan. Selain dapat mengunci folder dalam smartphone Android, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan enkripsi, sehingga perlindungannya akan sangat sulit untuk di bobol.

Baca Juga : Cara Mudah dan Aman Mengunci Smartphone Melalui Suara Kita

Untuk mendapatkan aplikasi ini, hal pertama yang harus sobat lakukan adalah mendownload aplikasi File Locker.

Setelah diinstal, silahkan buka aplikadi tersebut, maka akan tampil berbagai data dan folder yang ada pada smartphone tersebut.

Silahkan cari file yang ingin diamankan, kemudian klik folder yang menyimpan file tersebut, setelah itu silahkan klik tombol gembok yang berada di sebelah kanan folder atau pun data.

Selanjutnya silahkan tulis password yang tidak mudah diketahui orang lain, namun dapat sobat ingat dengan mudah. Konfirmasi kembali password tersebut, kemudian klik lock.

Dengan langkah ini, maka folder tersebut sudah terkenci dan bisa dibuka hanya jika sobat memasukan password, yang telah dibuat sebelumnya dengan tepat dan benar.

Jika ingin membuka data pada folder yang telah dikunci, sobat bisa mencari file tersebut pada folder dengan tulisan yang berwarna merah, setalah ketemu untuk membukanya silahkan masukan kembali password yang telah dibuat sebelumnya.

Kelebihan Aplikasi File Locker

  • Aplikasinya dapat digunakan untuk membuka langsung dokumen yang ada di smartphone kita.
  • Memiliki kemampuan mengunci dan membuka file yang baik, selain itu juga dapat digunakan untuk mencari direktori dokumen.
  • Dapat digunakan untuk melacak dokumen yang sudah dibuka pada notifikasi, sehingga dengan hal ini sobat bisa tahu jika ada file yang belum dilindungi.
  • Memiliki kemampuan untuk mengunci dan mengamankan menggunakan password.
  • Dapat melakukan pemindaian otomatis, sehingga setelah melakukan perubahan aplikasi lain tetap dapat melihat file tersebut.
  • Dapat digunakan untuk mengunci file dengan ukuran besar, dapat dapat melakukan penguncian di awal dan di akhir file (cara hashing), dan berlaku optional.
  • Ada pembiratahuan jika sobat lupa pasword saat membuka file yang diinginkan.

2. Aplikasi Folder Lock

Cara mengunci folder  di smartphone

Berikutnya aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara mengunci folder di smartphone Android adalah aplikasi Folder Lock. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang memadai dan terpercaya, sehingga sobat akan sangat nyaman saat menggunakannya. Menariknya lagi, selain dapat melalui pasword, untuk mengamankan file atau folder sobat juga bisa menggunakan sensor sidik jari. Dengan hal ini, tingkat keamanannya tentu semakin tinggi sebab setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda, artinya benar-benar hanya sobatlah yang bisa membukanya.

Selain dapat digunakan untuk mengunci file atau folder rahasia, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengunci file dalam jumlah yang tak terbatas. Menariknya lagi, melalui aplikasi ini sobat juga bisa mengunci cache pada browser yang digunakan, sehingga aktivitas online sobat pun keamanannya akan sangat terjaga. Jika sobat tertartik untuk menggunakannya, silahkan bisa mengunduhnya di sini.

Kelebihan Aplikasi Folder Lock

  • Memiliki fitur catatan kunci yang berguna untuk mengunci dan melindungi catatan yang dikehendaki.
  • Memiliki fitur loker video sehingga sobat bisa mengunci dan juga menyembunyikan video yang dikehendaki.
  • Memiliki fitur galeri kubah yang dapat digunakan untuk mengunci galeri foto pada smartphone.
  • Memiliki fitur kunci aplikasi yang sangat berguna untuk mencegah suatu aplikasi pribadi dibuka oleh orang lain.
  • Memiliki fitur loker foto dan kunci foto sehingga dapat melindungi foto-foto yang ada di smartphone sobat.

Mudah bukan cara mengunci folder rahasia di smartphone ini? Jangan lupa share ya agar tulisan ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.