Cara Menguras Tinta Printer Epson Sampai Benar-Benar Bersih dengan Aman dan Mudah

Cara Menguras Tinta Printer Epson Sampai Benar-Benar Bersih dengan Aman dan Mudah

Diposting pada 818 views

Cara menguras tinta printer Epson dibutuhkan jika kamu ingin mengganti jenis tinta yang digunakan. Seperti kita tahu, ada banyak jenis tinta printer yang ada di pasaran. Dimana setiap tinta memiliki kelebihannya masing-masing.

Biasanya pengguna akan mengganti jenis tinta standar dengan tinta yang tidak luntur oleh air, serta tidak mudah busam meski terkena paparan sinar matahari langsung.

Hal ini mayoritas dilakukan oleh para pemilik usaha percetakan, seperti untuk mencetak foto maupun undangan. Namun jika merk tinta satu dengan lainnya dicampur, apalagi jika berbeda jenis maka hasil cetakan tidak bagus. Bahkan sangat berpotensi merusak printer.

Cara Menguras Tinta Printer Epson L3110

Cara menguras tinta ini, berdasarkan pengalaman saya saat salah dalam mengisi tinta.

Awalnya saya tidak menyadari jika mengalami kesalahan saat mengisi tinta tersebut. Saya berfikir itu adalah tinta figment, namun ternyata yang diisi adalah tinta standar berwarna merah.

Ketika mencetak undangan, tinta berwarna merah hasilnya bergaris. Seperti biasa saya melakukan cara mengatasi hasil cetak printer bergaris pada postingan sebelumnya.

Namun setelah dilakukan head cleaning hingga beberapa kali, hasil cetakannya tetap saja jelek. Bahkan saya sampai menggunakan power cleaning, atau head cleaning mendalam. Tetap saja hasilnya sama.

Masalah ini cukup lama, sampai akhirnya keesokan harinya saya menyadari, jika ternyata saya salah memasukan tinta.

Alat yang Dibutuhkan

Peralatan membongkar printer

Tidak ada solusi lain dalam hal ini, selain menguras tinta printer Epson L3110 yang berwarna merah tersebut sampai bersih total.

Sebelum membahas cara menguras tinta printer Epson L3110, pastikan alat yang dibutuhkan telah tersedia. Ada pun alat yang dibuthkan tersebut yaitu:

  1. Obeng plus
  2. Suntikan spuit spet syringe
  3. Botol penampungan tinta bekas
  4. Pencongkel, bisa menggunakan bekas kartu perdana atau lainnya
  5. Benda tumpul untuk menahan, saya menggunakan tipek memanjang

Baca Juga : Cara Mengatasi Tinta Printer Epson L3110 Melobor Keluar Semua, Mudah dan Berhasil!

Ampuh, Ini Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

Cara Membongkar Printer Epson L3110 dengan Mudah

Cara membongkar printer epson l311p

Untuk menguras tinta printer Epson, sebelumnya kamu harus membongkarnya lebih dulu. Tidak usah semuanya, cukup beberapa bagian saja terpenting sudah memudahkan untuk membongkar penampung tintanya.

Pertama buka dulu penutup bagian depan printer, untuk melihat dan membuka baudnya.

Selanjutnya silahkan buka baud bagian kanan dan kirinya.

Cara Menguras Tinta Printer Epson Sampai Benar-Benar Bersih dengan Aman dan Mudah

Setelah itu angkat bagian scanner printer dan tahan menggunakan benda tumpul, agar tetap terbuka. Dengan hal ini, maka kamu tak perlu melepas unit scanner printer.

Cara Menguras Tinta Printer Epson Sampai Benar-Benar Bersih dengan Aman dan Mudah

Dengan menggunakan bekas kartu perdana, congkel dan lepas secara perlahan mika yang berada di atas selang tinta. Kemudian, angkat perlahan selang tinta tersebut, agar posisinya memudahkan saat kamu mengangkat tabung tinta.

Cara Menguras Tinta Printer Epson L3110

Dorong pelan-pelan tabung tinta yang dituju kedepan sembari menekan kuncinya, lalu angat pelan-pelan.

Cara Menguras Tinta Printer Epson L3110

Setelah terangkat, masukan suntikan tinta pada lubang tinta. Jangan lupa buka penutup pengisian tinta bagian depan dari warna tinta yang akan dikuras tersebut.

Sedot tinta menggunakan suntikan sampai suntikan penuh.

Cara Menguras Tinta Printer Epson L3110

Setelah penuh, tuangkan pada botol penampungan tinta. Lakukan langkah ini beberapa kali, sampai tinta benar-benar bersih.

Jika sudah bersih, silahkan pasangkan kembali tabung tinta, dan posisikan selangnya seperti semula. Jangan lupa pasang juga mika di atas selangnya.

Pasangakan posisi scanner pada posisinya. Pasang dua baud yang tadi dilepas, kemudian isi tabung pengisian tinta yang telah dikuras dengan tinta yang sesuai.

Lakukan head cleaning sampai kualitas cetakan tinta kembali normal seperti sedia kala.

Demikian pembahasan mengenai cara menguras tinta printer Epson L3110. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang tersedia.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319