Cara Meningkatkan Jumlah Klik Adsense

9 Cara Meningkatkan Jumlah Klik dan Penghasilan Adsense, Penting Diketahui Publisher!

Diposting pada 553 views

Bagi kamu yang ingin meningkatkan penghasilan Adsense, hal terpenting harus tahu dulu cara meningkatkan jumlah klik. Hal ini karena penghasilan yang diperoleh, salah satu penentunya adalah jumlah klik

Hai-hai sahabat blogger semuanya. Meski sumber penghasilan blog itu banyak pilihannya, saya tahu kebanyakan dari kita mengejar penghasilan dari Google Adsense. Bahkan tak sedikit yang motivasinya kurang, jika blognya belum diterima Adsense.

Jika mengalaminya, di postingan sebelumnya saya telah menuliskan 12 cara agar bisa diterima Google Adsense hanya dalam sekali daftar.

9 Cara Meningkatkan Jumlah Klik Adsense dan Penghasilannya

Setelah diterima Adsense, sebenarnya tidak lantas kita bisa langsung mendapatkan penghasilan. Tak sedikit pula loh yang putus asa. Terutama karena sudah diterima lama, namun belum juga gajian.

Faktor utama yang menyebabkan hal itu, tentu saja karena jumlah klik iklannya sangat sedikit. Kamu tentu tidak ingin mengalaminya bukan?

Cara Meningkatkan penghasilan Adsense

Cara meningkatkan penghasilan Adsense tentu bukan hanya dari jumlah klik saja. Sebab dalam ketentuan Adsense, kamu juga akan mendapat komisi perseribu tayang. Nilai CPC dan BPK juga memiliki peranan penting dalam hal ini.

Bagi kamu yang ingin tahu cara meningkatkan jumlah klik Adsense dan penghasilannya. Pada kesempatan kali ini, duniaelektronik.net akan mencoba membahasnya dengan lengkap.

1. Buat Konten Lengkap Berkualitas

Konten yang lengkap dan berkualitas, adalah salah satu hal terpenting dalam SEO. Semakin banyak informasi yang tertulis, maka semakin mudah tampil di halaman utama pencarian. Menariknya, dalam konten panjang tersebut kamu juga bisa membidik beberapa kata kunci sekaligus. Bukan hanya itu, konten jenis ini juga mampu mempengaruhi metrik keterlibatan, semisal bounce rate.

Hal ini juga tentu sangat menguntungkan kamu yang menngunakan auto ads. Sebab jumlah konten yang banyak, akan ikut mempengaruhi jumlah dari iklan yang tayang. Banyaknya iklan yang tayang. semakin memberi peluang untuk mendapatkan lebih banyak klik iklan dari pembaca. Meski memang, hal ini bisa menurunkan CTR (Click Through Rate).

2. Perbanyak Jumlah Konten

Bagi kamu yang mencari cara meningkatkan penghasilan Adsense, terus berupaya membuat konten berkualitas sebanyak-banyaknya adalah cara terbaik. Semakin banyak suatu blog memiliki jumlah postingan, maka peluang mendapatkan banyak trafik juga semakin tinggi.  Dengan hal ini, bukan hanya klik iklan saja yang berpotensi cepat naik tapi juga komisi perseribu tayang.

Blog yang sering diupdate, selain semakin dipercaya Google juga semakin dipercaya pembaca. Jika kamu selalu melakukan hal ini, bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan pembaca setia. Bahkan peluang tampil di halaman utama pencarian pun semakin terbuka lebar. Upayakan untuk bisa senantiasa membuat postingan baru, minimal satu artikel setiap harinya.

3. Tingkatkan Nilai Inventaris Iklan

CTR iklan yang menurun salah satu penyebabnya karena banyaknya iklan yang tampil pada sebuah halaman, namun tidak sesuai dengan jumlah kliknya. Dengan meningkatkan nilai inventaris iklan, maka nilai CPC (cost per click) juga akan meningkat.

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi CPC, yaitu niche blog, lokasi pengunjung, waktu kunjungan, sumber lalu lintas, jenis iklan, ukuran, dan juga jumlah iklan per halaman.

Atas dasar itu, kamu harus jeli agar nilai CPC iklan yang ada di blog kamu bisa naik. Untuk mengetahui, besarnya nilai CPC dapat diketahui saat sedang riset kata kunci. Hal ini karena saat itu, kamu bisa melihat metrik dari CPC. Meski pun persaingannya sangat tinggi, CPC yang semakin tinggi tentu semakin baik untuk meningkatkan penghasilan blog.

4. Gunakan Ukuran dan Lokasi Iklan Terbaik

Cara Meningkatkan Jumlah Klik Adsense

Sebelumnya telah dijelaskan, bahwa CPC salah satunya dipengaruhi oleh ukuran iklan yang tampil. Cara meningkatkan penghasilan Adsense dalam hal ini, adalah dengan menempatkan iklan di sekitar konten serta di atas flip. Dari pada di bawah, iklan yang ada di atas tentu jauh lebih menjanjikan. Tak jarang pengunjung yang hanya melihat bagian atas postingan, tanpa melanjutkannya sampai ke bawah.

Dalam penempatan iklan, kamu dapat menyesuaikannya dengan desain template blog yang dimiliki. Untuk mengetahui hal apa saja yang dilakukan pengunjung sitsu, kamu bisa memanfaatkan plugin heatmap. Ada beberapa ukuran unit iklan Adsense yang direkomendasikan, yakni:

  • 160px X 600px
  • 728px X 90px
  • 300px X 250 px
  • 336px X 280px

5. Sumber dan Lokasi Trafik Sangat Berpengaruh

Menggunakan Adsense sebagai salah satu sumber penghasilan blog, mirip seperti kita bekerja di suatu tempat. Banyak yang ingin mendapatkan bayaran tinggi dengan pekerjaan sama, yang akhirnya pergi ke luar negeri menjadi TKI.

Bagi blogger, untuk memiliki penghasilan seperti halnya seorang TKI yang bekerja di luar negeri tetap bisa dilakukan meski tetap tinggal di Indonesia. Caranya cukup sederhana, yakni membuat blog bule dengan target pengunjung negara-negara dengan nilai CPC iklan yang tinggi. Negara yang sangat populer dalam hal ini adalah Amerika dan Inggris.

CPC Amerika bisa 10 kali lipat lebih banyak dari CPC Indonesia. Ini tentu sangat menguntungkan blogger. Misalnya CPC Indonesia hanya 1000,- jika menggunakan blog bule bisa 10.000. Artinya lebih mudah dan bisa lebih cepat mendapatkan penghasilan yang banyak. Hal ini merupakan peluang menjanjikan bagi kamu yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Jika kemampuannya pas-pasan, silahkan simak cara membuat blog bule agar cepat sukses meski kemampuan bahasa pas-pasan.

6. Manfaatkan Ezoic dengan Baik

Ezoiz (optimasi Adsense otomatis) adalah salah satu tools optimasi yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penghasilan Adsense. Tools ini dapat digunakan secara gratis oleh semua blogger, selama tampilan halaman perbulannya bisa mencapai lebih dari 20.000.

Tools ini bisa melakukan eksperimen iklan otomatis terhadap pengoptimalan user experience. Selain dapat meningkatkan penghasilan Adsense, pembaca blog juga akan merasa senang dan terbantu. Hal ini tentu menjadi keuntungan ganda.

Namun pastikan jumlah tampilan halaman perbulan blog kamu bisa mencapai lebih dari 20.000 tampilan. Jika belum berarti belum bisa menggunakan tools ini. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan optimasi Adsense secara manual.

7. Pasang Iklan Diantara Postingan

Cara meningkatkan jumlah klik iklan Adsense berikutnya yang juga penting, adalah menempatkannya diantara postingan. Pastikan kamu telah mengkonfigurasi iklan tersebut, sehingga sesuai dengan latar belakang dan warna halaman yang digunakan. Selain iklan tautan, di antara postingan ini kamu juga visa menambahkan iklan gambar berukuran 468 X 60.

Meskipun konten panjang bisa menampilkan banyak iklan diantara postingannya, pastikan kamu tidak meletakannya secara berlebihan. Hal ini karena selain dapat mempengaruhi CPC juga berpengaruh terhadap CTR.

8. Tidak Menggunakan Iklan CPC Kecil

Untuk meningkatkan jumlah penghasilan Adsense bukan hanya mementingkan jumlah klik. Pastikan kamu juga membacklist iklan dengan nilai CPC rendah. Selain memiliki citra buruk, iklan jenis ini juga biasanya bersifat sebagai spam. Sebaiknya segera blokir url pengiklan jenis ini, sebab tidak berpengaruh baik untuk tampilan blog dan penghasilannya.

Agar iklan dengan CPC kecil tidak lagi tampil, kamu bisa menggunakan fitus blacklist iklan yang ada pada akun Adsense. Melalui fitur ini, kamu juga bisa memblokir iklan kompetitor untuk tampil di situs kamu. Salah satu cara mudah untuk mengetahui harga iklan Adsense adalah dengan menggunakan situs https://ctrlq.org/sandbox/

Jika sudah menemukan iklan dengan nilai CPC rendah, silahkan masuk pada dashboard akun Adsense kamu. Selanjutnya pilih fitur blocking controls – Content.  Klik saja logo blokir yang ada di bawah iklan tersebut jika menemukannya. Agar lebih mudah, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Meningkatkan penghasilan Adsense

9. Tembak Kata Kunci Mahal

Cara meningkatkan penghasilan Adsense blog terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan keyword dengan nilai CPC tinggi. Dengan memasukan high CPC keyword pada konten yang dibuat, maka tanpa terlalu banyak klik iklan pun penghasilan Adsense kamu bisa besar.

Hebatnya, jika menggunakan blog bule bahkan ada nilai CPC yang bisa menghasilkan hingga ratusan dolar dalam sekali kliknya. Namun demikian, pastikan konten yang dibuat harus relevan dan berkualitas. Jika tidak, algoritma dari Smart Pricing justru bisa membuat nilai BPK blog kamu jeblog.

Sebaiknya gunakan tool LongTailPro maupun SEMRush sehingga upaya kamu mendapatkan keyword mahal lebih efektif. Silahkan cari frase bertarif tinggi untuk pengunjung blog kamu sebaik mungkin.

Demikian cara meningkatkan jumlah klik adsense yang dapat kami bagikan. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa share ya!

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319