4 Cara Menjadi Teknisi Komputer Profesional

  • Whatsapp
Cara menjadi teknisi komputer

Cara menjadi teknisi komputer merupakan sebuah informasi penting. Khususnya bagi anda yang ingin menjadi teknisi profesional.

Jika anda memiliki sebuah perangkat komputer, mungkin adakalanya jika sering mengalami masalah kerusakaan. Terutama pada bagian hardware maupun bagian software.

Jika itu terjadi, mungkin anda akan pergi tukang servis atau jasa repairing komputer untuk mengatasinya. Padahal bisa jadi jika kerusakan dalam komputer hanya sepele dan bisa diatasi sendiri.

Terutama jika memiliki sedikit pengetahuan, dan tentunya hal tersebut dapat mengurangi biaya pengeluaran anda bukan?

Cara menjadi teknisi komputer profesional, tidak harus selalu menghabiskan waktu ke pendidikan formal. Meskipun hal tersebut juga membantu, terutama dalam teori ilmu komputer. Namun tidak sedikit orang-orang yang tidak pernah mengenyam bangku sekolahan, dapat menjadi teknisi profesional.

Umumnya mereka memeproleh pengetahuan dari membaca buku tentang komputer, dan juga browsing via internet.

Jika anda ingin menjadi teksini komputer yang profesional, sebenarnya banyak hal yang bisa anda lakukan. Meski tanpa harus mengenyam bangku sekolahan, atau mendapat gelasr S.kom atau sarjana komputer.

Cara Menjadi Teknisi Komputer

Pada ulasan kami dibawah ini, akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah menjadi teknisi profesional. Jika anda penasaran, dapat menyimak baik-baik ulasan kami di bawah ini.

1. Mengikuti Forum tentang Ilmu Komputer

Cara menjadi teknisi komputer
image via pixabay.com

Cara pertama yang bisa anda lakukan, jika ingin menjadi teknisi profesioanal ialah mengikuti berbagai forum. Terutama yang membahas ilmu komputer.

Jika di lingkungan anda terdapat kursus komputer, sebaiknya mengkuti kursus tersebut. Selain menghemat biaya umumnya, keduanya dapat mengajarkan secara langsung.

Dengan kata lain, anda tidak hanya diajarkan teori. Namun bisa jadi langsung praktek, dan dikenalkan dengan komponen-komponen yang ada dalam komputer.

2. Belajar Memperbaiki Komputer Sendiri

Hal yang satu ini,  sangat lazim dilakukan oleh orang-orang yang berniat menjadi teknisi komputer handal.

Membongkar komputer sendiri, dapat menambah pengetahuan tentang komponen-komponen yang terdapat dalam komputer.

Selain itu, anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk belajar. Hal ini karena objek yang buat jadi bahan percobaan, komputer anda sendiri.

3. Belajar Melalui Teman

Siapa kita sebenarnya dapat dilihat dari teman dekat kita. Mungkin pepatah tersebut ada benarnya.

Jika anda berteman dengan seorang pencuri, maka otomatis akan menjadi pencuri. Atas dasar itu, jika anda ingin menjadi seorang teknisi yang handal. Bergaulah dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama.

Selain menambah wawasan tentang ilmu komputer. Seorang teman yang mahir dalam komputer, akan memberikan semua ilmu secara cuma-cuma. Asalkan anda akrab dengan mereka.

4. Belajar Melalui Internet atau Ebook

Cara menjadi teknisi komputer yang terakhir, membeli ebook. Bisa juga dengan membaca tutorial yang membahas ilmu komputer di internet.

Biasanya seseorang yang belajar secara otodidak,  atau belajar melalui forum lebih mahir. Terutama jika dibandingkan dengan mereka yang mengenyam pendidikan formal.

Hal ini karena biasanya orang yang mempelajari suatu ilmu secara otodidiak, mereka lebih memiliki kecendrungan yang lebih besar.

Atas dasar itu, jika anda berniat menjadi seorang teknisi komputer yang mahir. Bisa melakukannya dengan cara aktif di sebuah forum. Atau membeli ebook di Internet mengenai tutorial menjadi teknisi komputer.

Dengan bisa menjadi teknisi komputer kita bisa menolong diri sendiri dan orang lain. Misalnya dalam mengatasi laptop atau PC lemot.

Mungkin itu saja ulasan cara menjadi teknisi komputer profesional. Semoga tips-tips kami diatas dapat berguna bagi pembaca sekalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *