cara menulis artikel seo friendly

13 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Agar Blog/ Web Tampil di Halaman Pertama Google!

Diposting pada 275 views

Cara menulis artikel SEO friendly sangat penting dipahami, bagi siapa pun yang membuat konten di internet. Tanpa pemahaman ini, blog bisa sepi pengunjung sehingga rentan membuat putus asa.

Saya sering memperhatikan banyak tulisan pemula blogger yang berkualitas, namun sangat minim pembaca. Masalah utamanya ternyata karena lemah di teknik SEO.

Harus kita sadari, menulis di buku dan di internet terdapat beberapa perbedaan. Hal ini, karena mesin pencari memiliki sistem dan kriteria tertentu, untuk menampilkan suatu konten sebagai rujukan bagi para penggunanya.

Atas dasar itu, kita perlu menulis sesuai kriteria tersebut. Sehingga bisa terdeteksi memiliki informasi sesuai kata kunci yang dicari oleh para pengguna internet.

Pengertian SEO Friendly

Untuk memahami dengan baik, cara menulis artikel SEO Friendly, langkah terbaik tentu harus mengenal dengan baik SEO itu sendiri.

Search Engine Optimization (SEO) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah optimasi mesin pencari.

Jika dijabarkan lagi, SEO adalah serangkaian proses sistematis yang dilakukan, guna meningkatkan kualitas serta volume jumlah pengunjung mesin pencari menuju situs yang kita miliki, dengan menggunakan mekanisme kerja (algoritma) dari mesin pencari tersebut.

Singkatnya SEO adalah proses mengoptimasi konten, agar setiap orang yang mencari informasi sesuai kata kunci konten tersebut, bisa menemukannya dengan mudah. Hal ini karena teknik tersebut, dapat memberikan kesempatan besar agar konten yang dibuat bisa muncul di halaman utama pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lain sebagainya.

Pengertian konten sendiri yakni segala informasi yang ada dalam sebuah blog/ website yang dapat diakses siapa saja dengan internet.

Sedangkan artikel SEO Friendly adalah langkah-langkah yang dilakukan agar konten yang dibuat bisa berada di halaman utama hasil pencarian search engine (mesin pencari), sehingga dapat menaikan trafik dari blog/ web yang memuat konten tersebut.

Indikator Artikel SEO Friendly

Terdapat beberapa indikator sehingga sebuah konten bisa SEO Friendly. Ada pun beberapa indikator tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Riset Kata Kunci : Melakukan riset keyword (kata kunci) sebelum menulis adalah salah satu upaya terbaik untuk meningkatkan trafik pengunjung. Semakin banyak orang yang mencari kata kunci tersebut, maka semakin tinggi pula kesempatan postingan yang dibuat dikunjungi banyak orang.
  • Optimasi Kata Kunci : Dalam hal ini, kamu harus mengetahui bagaimana cara menggunakan kata kunci dengan tepat sehingga bisa bekerja maksimal. Simak terus artikel ini, karena kami akan membahasnya lengkap.
  • Organisir Konten : Pastikan konten dalam sebuah situs terorganisir dengan baik dan masuk akal. Selain baik untuk SEO, juga memudahkan pengunjung menemukan konten lain yang saling berkaitan. Semakin lama pengunjung ada di situs kita, maka dampaknya akan semakin baik untuk situs tersebut.
  • Promosi Konten: Melakukan promosi konten sangat baik untuk menaikan tingkat visibilitas konten tersebut.

13 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Blog atau Website

Cara menulis artikel SEO Friendly sebenarnya gampang-gampang susah. Namun jika sudah terbiasa, biasanya kita akan dengan mudah membuatnya. Jadi sebaiknya, bukan hanya dipelajari namun harus dipraktekan agar ingat dan terampil.

Apa pun platform yang kamu gunakan, entah itu blogspot, Wrodpress, maupun lainnya cara menulis artikel SEO adalah sama. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Mencari Kata Kunci Terbaik

Ada banyak pemula yang bingung dalam menemukan ide membuat konten, sehingga kemudian blognya sepi pengunjung. Setiap orang, termasuk mesin pencari sangat menyukai postingan seoriginal mungkin.

Cara terbaik dalam menulis konten adalah sesuai pengalaman, atau pengetahuan yang kita kuasai. Tak sedikit postingan penulis yang sangat ramai pengunjung, baik yang ditulis di duniaelektronik.net, klikmania.net dan lainnya. Misalnya saja seperti cara mengatasi masa pakai bantalan printer telah berakhir, membersihkan memori c penuh dan lain sebagainya.

Tool Pendukung

Postingan yang kita buat, akan sangat mudah mendapatkan banyak pembaca jika memang banyak dicari dan dibutuhkan orang banyak. Tak perlu pusing untuk mencari ide kata kunci yang banyak dicari, sebab bisa menggunakan situs aau pun tool tertentu. Contohnya saja dengan memasang SEOquaqe dan Keywords Everywhere di Extensi Chrome.

Dengan menggunakan tool ini, kamu akan dimudahkan dalam menemukan kata kunci yang banyak dicari. Berbagai rekomendasi kata kunci lain yang sejenis juga akan turut ditampilkan.

Cara menggunakannya sangat mudah, kamu tinggal mencari informasi tertentu di Google, maka daftar pencarian kata kunci pun akan muncul. Lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Situs untuk mencari kata kunci

Situs untuk Mencari Kata Kunci

Dalam upaya mencari kata kunci yang banyak dicari pengguna internet, kamu juga bisa menggunakan sebuah situs. Ada banyak situs untuk mencari kata kunci yang bisa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID
  • http://keywordshitter.com/
  • https://kwfinder.com/
  • https://moz.com/
  • https://neilpatel.com/ubersuggest/
  • https://www.semrush.com/
  • https://soovle.com/
  • https://answerthepublic.com/ (Khusus bahasa asing seperti inggris dan lainnya)

2. Membuat Judul Postingan yang Menarik

Kita semua setuju, jika judul memiliki kekuatan sangat besar. Hal ini karena kita sendiri sering membuktikan hal itu. Saat mencari informasi di internet, membeli buku dan lainnya, pasti yang dipilih adalah judul yang menarik.

Ibarat manusia, judul itu adalah wajahnya. Jika menarik, maka kita penasaran dan ingin mengenalnya lebih dekat. Sebagus apa pun isi sebuah artikel, jika judulnya tidak menarik maka akan sedikit sekali mendapat respon dari pembaca. Ia hanya akan dilihat, namun pembaca lebih memilih judul menarik yang membuatnya penasaran untuk membaca isinya.

Dalam membuat judul, disarankan kita menggunakan Power Word.  Kata yang mengandung kekuatan ini, akan lebih mudah menari perhatian orang yang melihat dan membacanya, meski cuma sepintas.

Ada pun contoh kata Power Word misalnya, Penting untuk diketahui, gratis, terjangkau, dan lain sebagainya. Informasi lengkap mengenai contoh kata ini, kamu bisa menemukannya di situs sumo.com.

Dalam menulis judul ini, usahakan pula mengawalinya dengan memberikan kata kunci lebih dulu di awal judul tersebut. Disarankan juga menggunakan angka, sehingga semakin memiliki kekuatan.

Melansir Rank Math SEO, menurut penelitian oleh Conductor kemungkinan judul yang mengandung angka, lebih tinggi 36% di klik oleh pengguna internet dibandingkan yang tidak menyematkan angka.

3. Buat Bagian Pembuka Semenarik Mungkin

Setelah judul dibuat menarik, pertahankan rasa penasaran pengunjung tersebut sehingga semakin terterik untuk membaca keseluruhan isi artikel. Caranya adalah dengan memperhatikan bagian pembuka agar menarik, dan dapat meyakinkan mereka bahwa artikel tersebut sangat bermanfaat untuk diketahui.

Yakinkan mereka bahwa artikel yang dibacanya, akan dapat menjawab pertanyaan dan permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Selain memperhatikan agar pesan pembuka, dapat menarik perhatian pembaca sehingga meneruskan membaca artikel. Penting juga untuk menyematkan kata kunci pada pesan pembuka tersebut.

Ini adalah salah satu cara menulis artikel SEO Friendly yang efektif.

4. Membuat Konten Berkualitas

Banyak orang mengatakan bahwa dalam dunia blog Konten is King. Tentu itu benar adanya. Kesuksesan seorang blogger sangat ditentukan dengan kualitas dan kuantitas konten yang dimilikinya. Kualitas konten terbaik akan memudahkan mendapatkan pembaca setia, dan mempertahankannya.

Jika semua konten yang ditulis berkualitas, dan bisa menjawab kebutuhan pembaca tentu setiap pengunjung akan memiliki durasi lama berada di situs kita. Mereka akan membaca setiap postingan dengan cermat, kemudian berpindah dari postingan satu ke lainnya.

Selain baik di mata pembaca, juga sangat baik dalam penilaian mesin pencari. Pembaca yang berlama-lama di blog kita, adalah salah satu indikator penilian Google akan puas tidaknya pengunjung terhadap suatu situs.

Jika indikator tersebut baik, maka Google akan memberikan tambahan poin untuk artikel tersebut. Akhirnya kesempatan page one pun semakin tinggi.

5. Gunakan Kata Kunci Sewajarnya

Menggunakan focus keyword adalah salah satu upaya terbaik untuk mendapatkan rangking tinggi pada hasil pencarian. Namun bukan berarti harus menggunakannya secara berlebihan, atau terlalu berulang-ulang. Jika hal itu dilakukan maka kualitas artikel dapat menurun, baik di mata pembaca maupun mesin pencari.

Meskipun menulis menggunakan focus keyword itu penting, kita harus selalu ingat bahwa tulisan yang dibuat tujuan utamanya untuk dibaca manusia. Atas dasar itu, tetaplah memperhatikan agar artikel yang ditulis bisa senantiasa bermanfaat dan masuk pada logika pembaca.

Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi acuan dalam menerapkan kata kunci:

  • Kata kunci memuat 2 – 5 kata
  • Judul mengandung kata kunci
  • Kata kunci ada di 10% pertama isi konten
  • Salah satu atau lebih dari sub judul mengandung kata kunci
  • Alt gambar berisi kata kunci.
  • Kata kunci ada di paragraf terakhir artikel.
  • Artikel mengandung minimal 0,56% kata kunci dari jumlah kata
  • Url di atur agar sesuai kata kunci
  • Blog tidak pernah membahas kata kunci yang sama sebelumnya

6. Pastikan Artikel Layak Dibaca

Setelah memerhatikan poin di atas, kamu juga harus memastikan bahwa artikel yang ditulis memang layak untuk dibaca orang lain. Pastikan artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah penulisan, sehingga semakin menunjukan tingkat profesionalitas terhadap situs yang dikelola.

Memang seharusnya kita memiliki seorang editor profesional, sehingga bisa mengedit setiap tulisan yang dibuat, agar benar-benar layak dibaca semua kalangan. Namun jika belum memungkinkan, maka kita bisa melakukannya sendiri.

Setelah selesai menulis, cobalah baca kembali setiap tulisan tersebut dengan memposisikan sebagai pembaca. Anggap seolah-olah tulisan tersebut adalah tulisan orang lain, dan kita adalah pembacanya.

Perhatikan setiap kata yang tertulis, segera betulkan jika terdapat kesalahan penulisan. Pastikan juga kalimat dan paragrafnya pas, yakni tidak cape dan pembaca nyaman saat membacanya.

Jika terdapat kekeliruan segera perbaiki, dan publish jika sudah sesuai. Jika diperlukan, lakukan hal ini di lain waktu saat hati dan pikiran sudah lebih segar.

Kamu juga bisa  meminta bantuan keluarga, teman, maupun kolega untuk mengoreksi tulisan yang dibuat. Berikan juga peluang pembaca untuk mengoreksi postingan yang dibuat.

Mintalah kritik dan saran dari semua orang. Semakin banyak mendapat masukan, maka kualitas tulisan kita pun akan semakin meningkat.

7. Maksimalkan Jumlah Kata dalam Artikel

Mesin pencari maupun pembaca tentu sangat menyukai artikel yang lengkap, sebab dapat menjawab pertanyaan maupun permasalahan dengan menyeluruh. Jadi tak heran, artikel terlengkap lah yang lebih mudah tampil di rangking pertama pencarian.

Lengkap tidaknya sebuah artikel, salah satu cirinya dapat dilihat dari jumlah kata. Namun bukan berarti kamu harus berbelit-belit demi mencapai jumlah kata yang banyak.

Setiap orang menyukai tulisan yang to the point, singkat dan berbobot. Begitu pun untuk kalimat dan paragrafnya, akan sangat nyaman jika dibuat pendek.

Tulisan artikel SEO minimal berjumlah 500 atau 600 kata. Disarankan setiap artikel yang ditulis bisa di atas 1000 kata. Semakin banyak semakin bagus.

8. Jangan Lupa Gunakan Subheading

Subheading sangat penting dalam sebuah artikel, sebab dapat membantu pembaca menemukan pokok bahasan dari artikel yang dibacanya.

Hal ini juga dapat membantu mesin pencari menemukan garis besar pembahasan artikel, sehingga dapat membantu menaikan peringkatnya di hasil pencarian.

Subheading juga sangat bermanfaat, untuk menguraikan pokok bahasan dari heading (judul) secara teratur. Bahkan tak sedikit yang menuliskan heading dan subheading terlebih dahulu sebelum menulis.

Selain memudahakan, juga agar tulisan yang dibuat tidak keluar dari pokok pembahasan. Untuk membuat subheading kamu tinggal blok tulisannya kemudaian pilih H2.

cara menulis artikel seo friendlyJika H2 memiliki pokok bahasan yang harus diuraikan kembali, maka kamu bisa menggunakan H3. Begitu pun jika H3 memerlukan penguraian kembali, maka kamu bisa menggunakan H4.

Keterbacaan yang baik, akan tercipta mana kala menggunakan subheading dengan benar. Jangan sampai menulis artikel sampai 300 kata tanpa ada subheading. Hal ini sangat tidak baik untuk keterbacaan artikel tersebut, di mata mesin pencari maupun pembaca.

9. Menggunakan Gambar dengan Tepat

Hal penting yang harus saya ingatkan adalah untuk mengupayakan mengupload gambar sendiri. Hindari menggunakan gambar yang memiliki hak cipta, sehingga dapat berdampak buruk pada situs yang dibangun. Terutama jika pemiliknya tidak ikhlas kita menggunakan gambarnya.

Jika terpaksa menggunakan gambar orang lain, sebab tidak memiliki gambar sendiri kamu bisa menggunakannya yang tanpa ada hak cipta. Sebenarnya, ada banyak website penyedia gambar gratis yang bisa digunakan. Diantaranya adalah:

  • http://www.freeimages.com/
  • https://openclipart.org/
  • https://pixabay.com/id/

Setelah gambar dimiliki, jangan lupa kamu perkecil ukuran gambarnya sehingga tidak membuat loding blog menjadi berat. Kamu bisa menggunakan menu crop di Photoshop. Biasanya saya menggunakan ukuran 6 x 3.5 cm.

Untuk memperkecil ukuran gambar, kamu juga bisa menggunakan situs berikut:

  • https://compressjpeg.com/
  • https://kraken.io/
  • https://tinypng.com/

Cara Mengatur Gambar Postingan SEO

Selain artikel SEO, kamu juga harus mengatur gambar agar SEO Friendly juga. Hal ini karena selain mencari tulisan, banyak juga yang mencari gambar di internet. Jadi pastikan gambar yang dipublish juga mengandung kata kunci.

Setelah mengupload gambar, silahkan berikan keterangan pada gambar. Jika diambil dari situs lain, sebaiknya cantumkan sumbernya juga. Hal ini penting untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan terjadi, karena melanggar hak cipta.

Hal yang terpenting, setelah terupload jangan lupa pada bagian alt harus ada beberapa gambar yang mengandung kata kunci yang sesuai dengan kata kunci artikel yang ditulis.

10. Jangan Lupa Tautkan Link Berkualitas

cara membuat artikel seo blog

Cara menulis artikel SEO friendly berikutnya yang tak kalah penting adalah dengan memasukan link. Link menuju artikel lain di blog kita sangat penting, sehingga dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terkait sebuah postingan.

Postingan yang baik adalah yang mencantumkan banyak link internal sehingga pembaca semakin mendapatkan banyak informasi. Contoh mudahnya silahkan buka Wikipedia.

Untuk meningkatkan nilai SEO, kamu juga bisa mencantumkan link eksternal yang relevan. Namun kamu harus memastikan link external yang diambil, benar-benar dari situs berkualitas. Jika memungkinkan DA PA nya harus lebih tinggi dari situs kita.

Pastikan juga link internal lebih banyak dari link external. Satu link external dalam satu postingan, setidaknya harus diimbangi dengan tiga link internal. Sebagai pengingat, link internal yaitu link yang menuju postingan di blog kita.

11. Memaksimalkan Pengaturan Postingan

mengatur postingan seo

Setelah hal-hal di atas dilakukan, sebaiknya jangan langsung mempublishnya. Ada beberapa hal yang harus di atur, sehingga postingan yang dibuat semakin SEO Friendly.

Agar semakin mudah mengorganisir postingan sehingga pembaca semakin terbntu menemukan artikel kita, jangan lupa atur label artikel yang sesuai peruntukannya. Jangan lupa juga atur url postingan tersebut, sehingga memuat kata kunci.

Cara mengatur url ini, kamu tinggal klik link, pilih custom permalink seperti gambar di atas. Selanjutnya silahkan atur ahar sesuai. Kriteria url yang baik adalah yang paling pendek. Maksimal panjang url yang bisa dicantumkan adalah 75 karakter.

menulis postingan seo

Setelah mengatur url, kamu juga harus mengatur meta deskripsi. Apa yang kamu atur dalam meta adalah yang akan muncul di bawah judul postingan, ketika muncul di halaman pencarian search engine.

Atas dasar itu, kamu harus mengaturnya sebaik dan semenarik mungkin sehingga pengunjung mesin pencari penasaran dan mengkliknya. Kamu hanya bisa menulis hingga 160 karakter, jadi manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

12. Unggah Konten Secara Konsisten

Jika ingin menjadi blogger sukses, kamu harus berupaya maksimal agar senantiasa rutin membuat postingan setiap hari. Apalagi jika blog tersebut baru dibangun.

Dengan rutin membuat postingan setiap hari, maka blog kamu akan terlihat aktif sehingga mudah mendapatkan pembaca setia. Hal ini juga dapat memberikan sinyal yang bagus kepada mesin pencari.

Google dan mesin pencari lainnya, akan memberikan nilai lebih kepada blog yang akif dalam memperbaharui kontennya. Jadi jangan heran jika mudah sukses. Rutin membuat konten juga adalah salah satu cara agar blog langsung diterima Adsense hanya dengan sekali daftar.

13. Backlink dan Promosi

Untuk membuat postingan kamu semakin mudah muncul di halaman utama pencarian, maka sebaiknya suport dengan backlink. Selain menggunakan yang berbayar, kamu juga bisa menggunakan versi gratis. Misalnya saja dengan membuat konten placement di blog orang lain yang satu niche.

Khsusus peserta Kurusus Blog Paket lengkap, saya sudah pernah memberikan materi rahasia mudah membangun backlink di ratusan situs berkualitas secara gratis. Kursus ini selalu dibuka setiap bulan dengan peserta maksimal 10 orang. Kamu bisa segera daftar untuk mendapatkan kuota peserta di bulan ini.

Meski promosi bukan bagian dari cara menulis artikel SEO, namun ini juga salah satu cara jitu untuk meningkatkan trafik blog. Selain menggunakan Google Ads maupun Facebook Ads, kamu juga bisa share artikel di media sosial.

Contoh Penulisan Artikel SEO Friendly

Contoh penulisan artikel SEO Friendly

Contoh penulisan artikel SEO Friendly dapat dilihat pada postingan cara mengatasi masa pakai bantalan printer telah berakhir. Meski terbilang baru, dan hasil menulis ulang dari blog Membangun Inspirasi tapi jumlah pembacanay hampir 100 ribu.

Silahkan bisa klik tautan tersebut, sehingga kamu benar-benar memiliki gambaran nyata terkait cara menulis artikel SEO friendly.

Memang menulis artikel SEO itu butuh waktu yang tak sedikit, namun jika sudah terbiasa maka akan terasa lebih mudah. Hal ini sudah saya buktikan sendiri. Bahkan selain mengurus blog sendiri, saya juga bisa mengurus beberapa blog milik klien.

Semua akan menjadi mungkin jika sudah memahami rahasianya. Rahasia lengkap mengenai hal ini, sudah ada lengkap di E-BOOK berikut:

Download Ebook Cara Menulis Artikel Cepat Sekarang!

Demikian pembahasan mengenai cara menulis artikel SEO Friendly. Semoga ulasan ini bermanfaat, jika masih bingung silahkan bisa menanyakannya langsung di kolom komentar. Happy Blogging!!!

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319