3 Cara Menyimpan Cumi di Kulkas Agar Awet Berkualitas

  • Whatsapp
cara menyimpan cumi di kulkas

Cara menyimpan cumi di kulkas – Apakah anda salah satu penggemar seafood ? Dan tahukah anda salah satu seafood yang paling banyak digemari adalah cumi-cumi ?

Bagaimana rasa cumi sehingga banyak peminatnya ? Rasa dan teksturnya yang khas. Membuat cumi sangat pas diolah menjadi berbagai macam makanan, yang menggugah selera.

Untuk mendapatkan olahan cumi yang rasanya enak, bahan yang digunakan pun haruslah segar. Dan pertanyaannya adalah, bagaimana agar mendapat cumi yang segar, yang telah disimpan dalam kulkas ? Yakni dengan menyimpan dalam kulkas dengan cara yang tepat.

Pada umumnya, cumi yang telah disimpan dalam kulkas, hanya akan bertahan hingga dua hari saja. Pada saat membeli cumi, ada baiknya terlebih dahulu dibersihkan sebelum diolah. Dan selebihnya, cumi sebaiknya tidak diolah, karena nantinya bisa mempengaruhi rasa makanan.

Dengan begitu, cumi yang tidak langsung diolah. Dapat disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas.

Namun jika anda hendak menyimpan cumi bertahan lebih lama di dalam kulkas, juga bisa dibekukan untuk menjaga keawetan dan kesegarannya.

Caranya adalah dengan memasukkan cumi yang sudah dibersihkan, dalam wadah yang tertutup rapat dan simpan dalam freezer.

Pilih wadah plastik yang digunakan haruslah yang tebal, dan benar-benar kedap udara.

Mengapa demikian?

Hal ini untuk menjaga supaya cumi tetap awet dan tidak terkena bau, atau berubah warna serta mempengaruhi rasa ketika dimasak.

Nah, cara yang satu ini dapat membua cumi bertahan hingga kurang lebih 2 bulan.

Cumi dikenal sebagai seafood, yang dapat diolah menjadi aneka hidangan dan kuliner yang sangat lezat. Terlebih lagi jika cumi yang anda gunakan masih dalam keadaan segar, pasti olahan atau hidangan masakannya pun lebih nikmat lagi.

Cara Menyimpan Cumi di Kulkas

Nah, dari ulasan diatas, sudah tahu kan bahwa cumi segar yang baru dibeli perlu dibersihkan terlebih dahulu ? Ya, idealnya cumi perlu langsung diolah. Akan tetapi, jika anda masih ingin mneyimpannya untuk dua hari ke depan, rupanya ada beberapa tips yang perlu dilakukan.

Ya, anda juga harus mengetahui cara menyimpan cumi di kulkas dengan benar, agar kualitasnya terjaga. Yuk langsung saja ikuti tips menyimpan cumi di kulkas yang tepat berikut ini.

1. Lumuri Cumi degan Air Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Tips pertama yang perlu anda lakuka, ialah menghilangkan bau amis pada cumi yang baru dibeli.

Caranya adalah dengan mencuci cumi dengan bersih. Kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Hal ini terbilang sangat ampuh untuk menghilankan bau amis, yang ada pada cumi. Untuk itu, pastikan tidak ada kotoran yang masih menempel. Sehingga dapat mencegah munculnya bau tidak sedap.

2. Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat

Sudah tahu kan cara menyimpan cumi di kulkas, dengan menyimpannya terlebih dahulu dalam wadah yang tertutup rapat?

Jangan lupa untuk memilih wadah yang kedap udara, dan tertutup rapat untuk menyimpan cumi ya! Jika menggunakan wadah berbahan plastik, gunakanlah wadah dengan bahan plastik yang tebal.

3. Menyimpan di dalam Freezer

Selanjutnya, cumi yang telah disimpan dalam wadah tertutup rapat dapat disimpan langsung dalam freezer.

Cara penyimpanan yang satu ini, dapat membuat cumi bisa bertahan hingga satu minggu. Namun ada baiknya, cumi perlu langsung diolah setelah dua hari. Hal ini supaya kualitasnya masih tetap terjaga.

Perlu anda ketahui, cumi segar memiliki daging yang masih kenyal dan mata yang jernih. Kepala serta tubuhnya pun masih menyatu, dan mengeluarkan tinta.

Cumi yang segar dengan kualitas terbaik dapat langsung diolah. Kalaupun ingin menyimpannya, sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua hari di dalam freezer.

Itulah sedikit tips atau cara menyimpan cumi di kulkas dengan tepat. Semoga bunda dirumah semakin rajin memasak cumi ya! Jangan lupa rajin membersihkan kulkas, sehingga selalu berkualitas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *