4 Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet, Segar dan Empuk

  • Whatsapp
cara-menyimpan-daging-di-kulkas

Cara menyimpan daging di kulkas, biasanya banyak dicari ibu-ibu. Para pelaku bisnis juga demikian. Misalnya saja penjual makanan yang menggunakan olahan daging.

Lantas bagaimana dengan anda? Pernahkah anda hendak menyimpan daging di dalam kulkas, karena memiliki stok daging yang banyak ?

Karena stok yang banyak tersebut, membuat anda tidak bisa memasak semua daging dalam sehari. Nah, jika stok daging banyak, menyimpan daging yang belum diolah ke dalam freezer adalah alternatif terbaik.

Daging yang disimpan di dalam kulkas memiiki keawetan yang lebih lama. Namun, menyimpan daging rupanya tidak semudah memasukkan daging tersebut, langsung ke dalam freezer.

Perlu anda ketahui, ada perbedaan memasukkan daging kambing atau sapi, dengan cara menyimpan daging ayam di kulkas.

Lantas, amankah jika menyimpan daging di dalam freezeer ? Ya, karena keamanan makanan untuk keluarga memang sangat sangat perlu diperhatikan.

Jadi, bagaimana cara menyimpan daging di kulkas yang tepat, khususnya untuk daging sapi dan kambing ?

Pasalnya, ada beberapa tips atau cara menyimpan daging di kulkas agar memiliki keawetan yang lebih lama, dengan tekstur daging yang tetap empuk.

Cara Menyimpan Daging di Kulkas

Artikel kali ini akan berbagi tips menyimpan daging di kulkas, agar tetap awet dan kesegarannya tetap terjaga. Yuk simak uraian berikut ini !

1. Jangan Langsung Memasukkan Daging ke Freezer

Seperti cara menyimpan cumi di kulkas kemarin. Tips pertama yang perlu anda ketahui, adalah jangan langsung menyimpan daging ke dalam freezer.

Mengapa demikian ? Karena daging yang berasal dari suhu ruangan, tidak baik jika langsung dimasukkan ke dalam freezer.

Dimana suhu di dalamnya sangat rendah. Nah, agar daging tidak keras. Ada baiknya sebelum menyimpannya di frezer, anda letakkan daging dahulu di dalam rak lantai 3 atau 4 pada lemari es anda. Diamkan selama kurang lebih 5 jam, sebelum dipindahkan ke dalam freezer.

2. Tidak Mencuci Daging

Seperti cara menyimpan cabe di kulkas kemarin Anda mungkin bingung, apakah daging yang dimasukkan ke dalam kulkas, sebelumnya harus dicuci terlebih dahulu atau tidak ?

Pertanyaan semacam ini seringkali menjadi perdebatan. Pasalnya, ada sebagian orang yang mengatakan, bahwa daging harus dicuci untuk menghilangkan kuman dan bakteri,yang menempel pada daging.

Sebagian lagi ada yang bilang, bahwa tidak perlu mencuci daging. Alasannya karena tempat yang basah akan menjadi tempat perkembangbiakan bakteri.

Jadi, daging yang dicuci terlebih dahulu bakteri dalam air akan mengendap pada daging. Sebab perkembang biakan bakteri akan menetap pada tempat yang bassah. Oleh karena itu, sebaiknya daging yang akan disimpan di kulkas, tidak perlu dicuci terlebih dahulu.

3. Potong Daging dengan Ukuran Kecil

Cara-menyimpan-daging-di-kulkas

Jika anda berencana menyimpan daging ke kulkas, dalam beberapa wkatu yang cukup lama. Maka anda perlu ikuti tips ini.

Sebelum memasukkan daging ke dalam freezer, potonglah daging tersebut menjadi beberapa bagian, dengan ukuran yang lebih kecil.

Membumbui Daging Sebelum Disimpan

Apakah boleh membumbui daging sebelum disimpan ke dalam freezer ? Kebanyakan orang juga seringkali menanyakan hal yang satu ini.

Pada umumnya, membumbui daging sebelum dimasukkan ke dalam freezer, dengan tujuan agar bumbu tersebut meresap ke dalam daging. Ya, hal ini tentu saja diperbolehkan, karena bumbu seperti kunyit dan semacamnya tersebut, mengandung zat-anti bakteri alami yang dapat membunuh bakteri pada daging.

4. Masukkan Daging dalam Wadah Tertutu

Menempatkan daging dalam wadah yang tertutup sebelum disimpan, di dalam kulkas adalah langkah yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran bakteri dari makanan lainnya.

Sebab, daging yang tidak tertutup wadah dengan rapat, nantinya akan sangat mudah terkontaminasi oleh bakteri dari bahan makanan lain, yang ada di dalam kulkas.

Nah, itulah dia beberapa tips singkat mengenai cara menyimpan daging di kulkas yang tepat. Ikutilah panduan di atas agar daging yang anda simpan di dalam kulkas, memiliki keawetan dan kesegaran yang tahan lama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *