Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet dan Senantiasa Prima

Diposting pada

Cara merawat LCD laptop agar awet, tentu sangat diperlukan bagi sobat para pengguna laptop. Fungsi LCD laptop yang sangat berguna untuk menampilkan output berupa gambar, tulisan dan grafik layar, tentu akan sangat terganggu jika sampai LCD mengalami kerusakan. Lebih dari itu, aktivitas sobat pun akan menjadi sangat terkendala karenanya. Sebab tanpa adanya visualisasi di LCD laptop, maka sobat tidak akan bisa mengerjakan segala sesuatunya di perangkat tersebut.

Beberapa permasalahan LCD yang terjadi umumnya adalah tampilan LCD bergaris, tampilan bergoyang, tampilan warna kurang tajam, terjadi missing color dan lainnya. Pepatah bijak mengatakan sedia payung sebelum hujan.  Menyikapi hal tersebut, maka cara merawat LCD laptop ini tentu sangat penting. Sebagai salah satu langkah pencegahan.

Baca Juga : Mau Beli Laptop ? Inilah Tips Membeli Laptop Berkualitas yang Harus Kamu Ketahui

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet

Dibawah ini diuraikan beberapa cara merawat LCD laptop agar senantiasa awet, dan terhindar dari kerusakan.

Batasi Waktu Penggunaan

Banyaknya pekerjaan, atau saking asiknya bermain game tak jarag membuat kita terus-terusan mengoprasikan laptop. Padahal jika digunakan terlalu lama, maka akan dapat memicu panas pada komponen yang ada pada LCD laptop. Panas tersebut kemudian akan berpengaruh pada komponen yang ada di LCD tersebut, satu diantaranya sel liquid dan lainnya.

Oleh karena itu, hindari lah menggunakan laptop terlalu lama. Waktu maksimal menggunakan laptop setidaknya maksimal 5 jam, jika ada pekerjaan yang membutuhkan waktu lebih dari waktu tersebut, sebaiknya istirahatkan dulu laptop selama minimal 20 menit, untuk kemudian kembali mengoprasikannya. Langkah ini merupakan salah satu upaya jitu, dalam mencegah terjadinya panas berlebih pada komponen LCD laptop, dan semua komponen penting laptop lainnya.

Atur Time Off LCD

Cara merawat LCD laptop yang tidak boleh disepelekan adalah mengatur time off LCD. Biasanya saat tidak digunakan LCD tetap menyala, hal ini tentu tidak baik untuk LCD.

Dengan mengatur time off nya, maka saat beberapa menit tidak digunakan otomatis LCD tidak akan menampilkan tampilannya, atau standby sehingga akan menghemat energi pada LCD. Untuk mengatur time of LCD pada windows, sobat bisa melakukannya pada power option.

Sesuaikan Brightness dan Contrast

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet
Selain berguna untuk menjaga kesehatan mata, mengatur  brightness dan contarst juga sangat berguna untuk merawat LCD laptop. Aturlah keduanya di level normal, sehingga tampilannya tidak akan terlalu terang atau bahkan terlalu redup.

Jangan Lupa Bersihkan Secara Berkala

Dalam hal membersihkan LCD laptop sebaiknaya sobat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan LCD.  Selain itu gunakan pula kain yang halus untuk membantu proses pembersihannya. Lakukanlah proses pembersihan ini secara teratur dan berkala.

Gunakan dengan Baik

Menggunakan dengan baik, maksudnya saat sobat membuka atau pun menutup laptop lakukanlah dengan prosedur yang benar. Membuka dan menutup laptop dengan keras atau secara paksa akan dapat memicu kerusakan.

Awas Jangan Menutup Laptop dalam Keadaan Panas

Cara Merawat LCD Laptop Agar Awet
Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, tak jarang membuat orang melakukan segala sesuatunya dengan instant. Tak sedikit dari mereka yang menutup laptopnya begitu saja meski dalam keadaan panas. Hal ini terutama mereka lakukan karena memburu waktu, dan ingin lebih praktis.

Padahal jika ini dilakukan, maka dapat memicu timbulnya kerusakan pada LCD laptop. Dua diantaranya adalah bercak-bercak putih pada tampilan LCD laptop, dan bisa juga muncul warna putih berukuran 3 cm atau lebih.

Itulah sobat berbagai cara merawat LCD laptop agar selalu awet.  Intinya adalah kita harus menggunakan dan merawat laptop yang kita miliki dengan baik dan bijak. Sehingga berbagai dampak buruk pada diri sendiri dan laptop yang kita miliki dapat diminimalisir. Semoga berguna, jangan lupa share jika bermanfaat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.