13 Cara Merawat Mesin Cuci yang Penting untuk Dilakukan!

  • Whatsapp
Cara Merawat Mesin Cuci

Cara merawat mesin cuci sangat penting diketahui, khususnya bagi kamu yang baru saja membelinya. Perawatan yang keliru, selain dapat menghambat kinerja juga bisa membuatnya rusak.

Tak sedikit yang mengaggap, merawat mesin cuci itu gampang-gampang susah. Namun tak perlu khawatir, setelah membaca postingan ini, kamu akan mendapat gambaran terkait hal ini.

13 Cara Merawat Mesin Cuci

Setidaknya ada 13 cara yang bisa kamu lakukan, untuk membuat mesin cuci senantiasa awet dan bekerja optimal. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lokasi Penyimpanan

Cara Merawat Mesin Cuci

Setelah kamu membeli merk mesin cuci terbaik, pastikan juga menyimpannya di lokasi terbaik pula. Pastikan menyimpannya di tempat kering, dan tidak lembab. Bagian mesin cuci bisa cepat rusak jika ditempatkan di lokasi lembab.

Pastikan juga, lokasi tersebut tidak terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari, dapat mempengaruhi suhu dalam tabung mesin cuci, dan itu tidak baik.

2. Menjaga Kebersihan Body

Selain agar senantiasa terlihat bersih, dan tidak kumuh. Body mesin cuci yang sering dibersihkan juga dapat terhindar dari karat.

Dalam membersihkan body mesin cuci, tidaklah disiram seperti halnya kita membersihkan motor maupun mobil. Cukup bersihkan dengan lap secara rutin setiap selesai pemakaian.

3. Menjauhkan Komponen dari Air

Mesin cuci adalah salah satu alat elektronik rumah tangga. Sudah seharusnya, alat elektronik yang memerlukan listrik kita jauhkan dari air, termasuk detergen. Jika ada kebocoran, segera tangani dengan cara memperbaiki mesin cuci bocor, yang ditulis pada postingan sebelumnya.

Beberapa komponen yang harus dijauhkan tersebut yakni panel-panel dan modul PCB atau timer. Jika terkena sedikit, segeralah untuk membersihkan dan mengeringkannya. Sebab jika dibiarkan, dapat terjadi konselet yang akhirnya membuat mesin cuci rusak.

4. Pastikan Menggunakan Air Seperlunya

Tips merawat mesin cuci berikutnya adalah menggunakan air secukupnya. Artinya tidak terlalu banyak, namun juga tidak terlalu sedikit.

Pada mesin cuci 1 tabung biasanya sudah ada takarannya.  Namun untuk mesin cuci 2 tabung  tidak ada. Pastikan memasukan air lebih banyak dari pakaian yang dicuci. Jika diukur, sekitar 10 cm lebih atas dari permukaan pakaian yang dicuci.

5. Gunakan Sesuai Kapasitas

Cara Merawat Mesin Cuci

Sekali pun cucian sedang sangat menumpuk, tetaplah perhatikan kapasitas standar mesin cuci. Jangan memasukan pakaian kotor melebihi kapasitas, dari tabung mesin cuci.

Selain mesin cuci tidak dapat bekerja optimal, kotoran pada pakaian pun akan memerlukan waktu lebih lama untuk bisa bersih.

6. Tidak Terlalu Lama Menyimpan Pakaian

Kebiasan buruk yang juga kadang dilakukan, adalah menyimpan pakaian kotor dalam mesin cuci dalam waktu lama. Hindari hal tersebut, sebab dapat menjadikan bau mesin cuci menjadi tidak sedap.

Hal tersebut, akhirnya juga bisa berakibat pada pakian yang dicuci. Kemudian menuntut kamu bekerja dua kali, sebab pakaian tersebut harus dicuci ulang.

7. Gunakan Sesuai Jenis Pakaian

Rata-rata mesin cuci modern, telah dilengkapi pengaturan terhadap pencucian sesuai jenis pakaian. Contohnya saat kamu mencuci pakaian jeans, tentu pengaturan yang digunakan berbeda dengan pakaian katun.

Pengaturan yang sesuai, membuat cara kerja dan kinerja mesin cuci berjalan dengan tepat. Dengan hal tersebut, maka mesin cuci akan awet bertahan lama.

8. Jangan Lupa Bersihkan Tabung & Filter

Tips merawat mesin cuci berikutnya, yang tidak boleh dilupakan adalah memberishkan tabung dan filter. Dengan membersihkan filter, maka noda-noda pakaian yang tersaring bisa segera bersih.

Cara  membersihkan tabung mesin cuci sendiri sangatlah mudah. Setelah selesai mencuci, kamu tinggal mengisi mesin cuci dengan air secukupnya, kemudian aktifkan mode cleaning.

9. Jangan Memaksa Menghentikan Timer

Timer merupakan fitur pada mesin cuci, yang berfungsi untuk mengatur lamanya proses mesin cuci dalam mencuci. Tunggulah sesuai waktu yang ditentukan, sehingga alat ini bisa mengerjakan tugasnya dengan baik. Jangan pernah memaksa timer tersebut berhenti.

10. Cabut Kabel Jika Tidak Digunakan

Setelah selsai mencuci, sebaiknya segera cabut kabel daya mesin cuci pada stop kontak listrik. Hal ini sangat penting, terutama untuk menghindari terjadinya konslting setelah terjadi mati lampu.

11. Cara Merawat Mesin Cuci Satu Tabung

Mesin cuci jenis ini, biasanya telah dilengkapi berbagai sistem otomatis. Pastikan kamu senantiasa membuka penutup mesin cuci jika sudah selesai digunakan.

12. Cara Merawat Mesin Cuci Dua Tabung

Cara merawat mesin cuci dua tabung, hampir sama dengan yang satu tabung. Pastikan kamu selalu mengecek bagian bodi dan tabung spin. Terutama saat merasa ada benda yang terlempar saat melakukan pencucian, misalnya seperti uang koin atau kertas, maupun kancing baju.

13. Cara Merawat Mesin Cuci Top Loading

Mesin cuci jenis top loading adalah salah satu mesin cuci satu tabung, yang bagian atasnya dilengkapi pintu. Pada bagian atas tersebut, juga terdapat berbagai pengaturan yang bisa digunakan.

Sama seperti cara merawat mesin cuci pada umumnya, pastikan bagian vital, termasuk tombol-tombolnya senantiasa terlindungi dari air, detergen, maupun cairan pewangi.

Dengan menerapkan cara merawat mesin cuci di atas, maka mesin cuci yang dimiliki akan senantiasa awet dan bekerja optimal. Jika ada sesuatu yang masih diras kurang jelas, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang telah disediakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *