5 Cara Merawat Power Window Supaya Nggak Gampang Macet dan Rusak

  • Whatsapp

Cara merawat power window harus benar-benar kamu ketahui sehingga dapat mencegah power window mudah rusak, seperti macet atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Mengingat pentingnya power window dan banyaknya kendaraan yang menggunakannya, maka pembahasan mengenai cara pemeliharaannya benar-benar harus diketahui. Selain dapat mengganggu kenyamanan, power window yang rusak tentu akan mempengaruhi keamanan dalam berkendara.

Pengertian Power Window

Sebelum membahas cara merawat power window ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertiannya terlebih dahulu. Secara umum pengertian power window adalah suatu sistem elektronik yang bertugas untuk menutup dan membuka jendela secara elektrik melalui media saklar.

Fungsi Power Window

Seperti pada pengertian power window di atas, maka dapat kita ketahui bahwa fungsi power window adalah untuk menggantikan cara manual dalam membuka dan menutup jendela mobil, menjadi cara elektrik. Ketika saklar yang ada pada pintu mobil ditekan, maka jendela akan membuka dan menutup sesuai tombol perintah yang dipilih. Bergeraknya pintu secara elektrik tersebutlah yang dinamakan sebagai sistem power window.

Dalam melakukan fungsinya tersebut penggerak utamanya adalah motor penggerak. Saat saklar ditekan daya listrik akan mengalir ke motor tersebut, sehingga kemudian motor akan berputar.  Selanjutnya perputaran motor tersebut dirubah oleh regulator menjadi gerak naik atau turun sesuai fungsi yang diinginkan, yaitu untuk membuka atau menutup jendela mobil.

Jenis-Jenis Power Window dan Cara Kerjanya

Selain menggunakan regulator, mekanisme power window ada juga yang menggunakan kabel. Adapun penjelasan masing-masing jenis power window tersebut adalah sebagai berikut:

Power Window Mekanisme Regulator

Cara kerja power window mekanisme regulator adalah saat saklar ditekan, listrik akan mengalir ke motor listrik, motor tersebut kemudian memutar regulator yang telah dihubungkan pada mekanisme kaca. Saat motor listrik berputar, maka pinion akan menggerakan gigi regulator, dimana hal itu menyebabkan jendela mobil terangkat naik maupun turun sesuai yang diperintahkan penggunanya.

Power Window Mekanisme Kabel

Cara kerja power window dimulai ketila motor listrik mengirim energinya melalui kabel yang telah disambungkan dengan mekanisme pemegang kaca jendela mobil.

Dengan hal ini, maka saat motor berputar kabel tersebut akan tertarik atau pun mengendur, sehingga menyebabkan kaca jendela naik atau pun turun.

5 Cara Merawat Power Window Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi berupa mobil, pasti sudah tak asing dengan teknologi power window. Teknologi tersebut dibutuhkan untuk membantu menaik-turunkan kaca mobil. Dulunya dibutuhkan tenaga agar tuas bisa terputar, akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, hanya dibutuhkan memencet satu tombol saja untuk menurunkan kaca pada jendela mobil.

Baca Juga : 5 Cara Menjaga Persneling Mobil Agar Selalu Nyaman Saat Digunakan

Bahkan tombol tersebut juga ada pada panel pintu yang letaknya di sisi driver. Sehingga kamu bisa membuka seluruhnya kaca mobil lewat tombol tersebut. Namun, jika tidak dirawat dengan baik, teknologi power window juga dapat mengalami kerusakan. Kerusakan yang timbul biasanya berupa kaca yang lambat digerakkan atau bisa jadi macet sama sekali.

Oleh karena itulah, dibutuhkan perawatan agar power window ini tak rusak dan membuatmu rugi. Adapun cara merawat power window yang tepat akan dibahas dalam artikel di bawah ini. Kamu bisa mempraktekkannya dengan baik jika ingin komponen yang ada pada mobil kamu tetap awet. Ini dia penjelasannya:

1. Rutin Bersihkan Kaca Jendela

Cara Merawat Power Window

Kotoran dapat masuk ke dinamo power window apabila tak pernah dibersihkan. Justru hal inilah yang menimbulkan macet. Sehingga memang dibutuhkan pembersihan secara rutin. Selain untuk mengatasi hal tersebut, membersihkan kaca mobil juga mampu membuat komponen yang ada pada power window menjadi tidak cepat berkarat.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Kamera Dashboard Full HD Terbaik untuk Mobil Kesayangan

2. Menggunakan Dengan Sewajarnya

cara merawat power window

Selain karena jarang digunakan, penggunaan power window yang terlalu sering juga dapat menimbulkan kerusakan. Jadi, usahakan untuk menurunkan kaca jendela dengan seperlunya atau sewajarnya. Tidak perlu terlalu sering juga. Apabila dengan sedikit menurunkan kaca mobil membuat udara bisa masuk dengan baik, maka tak perlu menurunkan secara keseluruhan. Cara merawat power window yang satu ini juga harus kamu lakukan, yakni menjaganya dari tangan usil anak-anak agar tidak sembarangan memainkan teknologi itu.

3. Memperhatikan Kondisi Karet Pada Kaca

cara merawat power window

Karet yang ada pada kaca mobil apabila sudah menunjukkan tanda-tanda perlu diganti, maka harus segera diganti. Sebab, karet yang mengeras tersebut dapat juga membuat kaca mobil kamu menjadi baret. Selain itu, juga dapat menimbulkan karat pada power window sebab kotoran-kotoran yang ada di dalamnya.

4. Jangan Membiarkannya Tak Digunakan Untuk Waktu yang Lama

Sama seperti teknologi yang lainnya, power window juga harus tetap digunakan supaya masih bisa bekerja dengan normal dan baik-baik saja. Apabila mobil kamu jarang mempunyai penumpang lain atau hanya kamu saja yang sering menaikinya, maka kiat merawat power window yang baik adalah kamu harus secara rutin membuka serta menutup jendela mobil. Hal ini dilakukan agar power window mobilmu terhindar dari rusak atau macet.

5. Rutin Lakukan Service ke Bengkel Spesialis Pintu Mobil

Tak ada salahnya membawa kendaraanmu untuk di servis paling tidak 6 bulan sekali secara rutin. Kamu bisa melakukan pengecekan terhadap pintu mobil terutama bagian power window ini. Kamu bisa meminta agar power window ditambahi minyak pelumas agar tak ada sendatan ketika menaik-turunkannya. Bahkan kamu juga bisa meminta untuk melakukan pembersihan dari dalam supaya kendaraanmu tetap terjaga.

Penutup

Membeli kendaraan apalagi mobil memang mudah, tapi yang sulit adalah menjaga dan merawatnya dengan baik. Mobil memiliki komponen mesin yang bisa rusak apabila tidak digunakan dengan baik dan sesuai aturan. Terlebih lagi, apabila terlanjur rusak maka biaya untuk memperbaikinya bisa dibilang tidak sedikit. Jadi kamu harus sungguh berhati-hati dan tidak sembrono. Semoga cara merawat power window di atas dapat bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *