Cara merawat printer

Cara Merawat Printer dengan Baik Agar Tidak Rewel

Diposting pada

Cara merawat printer merupakan salah satu tahap service printer yang paling utama,  atau bisa dibilang sebagai langkah pertama untuk mencegah munculnya masalah-masalah berat lainnya. Printer yang sering digunakan tanpa adanya penanganan atau perawatan yang baik, bisa menyebabkan banyak masalah di kemudian hari. Hal ini dikarenakan printer terus menerus mengalami penurunan kualitas tanpa adanya perawatan.

Dengan melakukan cara merawat printer secara baik dan rutin, maka kinerja printer akan maksimal dan lebih tahan lama, serta jarang mengalami error atau kasus rusak berat. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghemat biaya service akibat kerusakan yang terjadi karena pemakaian, atau perawatan printer yang tidak benar. Nah, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara perawatan printer yang baik dan benar.

Tips Merawat Printer Agar Tidak Rewel

Untuk menghindari terjadinya error atau rusak berat pada printer kesayangan Anda, maka lakukanlah beberapa tips berikut ini:

1. Membersihkan Printer Secara Rutin

Seperti semua barang atau gadget yang dimiliki, kebersihan adalah hal nomor satu yang perlu diperhatikan. Cara merawat printer dengan membersihkan printer, tahapannya dengan memastikan terlebih dahulu, bahwa printer dalam keadaan mati dan tidak tersambung stop kontak. Kemudian bisa menggunakan kain atau kuas untuk membersihkan, sedangkan pada area dalam printer gunakan kuas agar menjangkau semua area.

Baca : Jangan Asal, Ini 6 Langkah Membersihkan Printer dengan Baik dan Benar

2. Pastikan untuk Selalu Menutup Printer

Memberi penutup pada printer juga merupakan salah satu cara pencegahan kerusakan sejak dini. Hal ini dilakukan untuk merawat printer agar terhindar dari debu atau kotoran dari luar. Printer bisa ditutup dengan kain, dan usahakan jangan terlalu rapat karena akan menimbulkan kondisi lembap, yang juga tidak baik bagi printer.

3. Matikan Printer Sesuai Aturan

Cara merawat printer berikutnya dengan mematikannya menggunakan aturan. Sebab mematikan printer juga ada aturannya, dan jika tidak diperhatikan maka bisa menimbulkan BIOS pada komputer menjadi error, atau tinta bisa mengendap dan mengering pada head. Beberapa cara mematikan printer yang baik, yaitu:

  • Setelah selesai mencetak, tunggu beberapa menit sebelum mematikan printer atau tidak perlu dimatikan jika masih akan digunakan di hari yang sama
  • Matikan dengan menekan tombol OFF pada printer, setelah itu cabut kabel power pada colokan

4. Cartridge Jangan Sampai Kosong

Cartridge merupakan salah satu komponen yang paling penting dan paling utama dalam upaya merawat printer. Jangan pernah lalai dalam mengisi tinta hingga cartridge dalam keadaan kosong.

5. Hindari Gonta-ganti Merek Tinta

Gunakanlah merek tinta yang bagus dan usahakan untuk tidak gonta-ganti merek. Hal ini karena setiap merek tinta memiliki tingkat konsentrasi yang berbeda satu sama lain, dan jika dipaksakan dapat menyebabkan tinta menggumpal pada head printer. Namun, jika terpaksa atau sedang beralih ke merek tinta yang lebih bagus, usahakan untuk menunggu cartridge benar-benar habis agar tidak tercampur dengan merek yang sebelumnya.

6. Hindari Mencetak Gambar yang Pekat

Mencetak warna atau gambar yang pekat atau block seperti cetak full warna hitam pada satu kertas, atau cetak huruf berukuran besar dengan warna dapat memperpendek umur head printer. Oleh karena itu mencetak gambar atau warna pekat sangat tidak disarankan.

7. Gunakan Printer Lebih Sering

Printer merupakan salah satu barang elektronik yang harus digunakan sesering mungkin, bahkan lebih baik digunakan setiap hari. Sebagai upaya merawat printer, gunakanlah setidaknya dua kali sehari untuk mencegah tinta yang mongering, atau menggumpal dan menyebabkan kerusakan pada printer.

8. Pastikan Kertas Tidak Kotor/Rusak

Pastikan untuk selalu menyimpan sisa kertas setelah mencetak sehingga jika ingin mencetak kembali kertas bisa diambil lagi dan terhindar dari kotor/rusak/terlipat. Kertas yang kotor bisa menyebabkan masalah head printer karena kotoran menempel pada head printer sehingga tinta menjadi macet. Sedangkan kertas yang rusak/terlipat bisa tersangkut saat proses mencetak dan menyebabkan kendala paper jam.

Baca Juga : Solusi Mudah Printer Tidak Bisa Cetak Kertas Foto Tebal

9. Jangan Menyentuh PIN CIMOS

Untuk mencegah kerusakan pada printer, jangan pernah sekali pun menyentuh PIN CIMOS,  karena bisa menyebabkan kerusakan jika terkena aliran listrik statis dari tubuh Kita.

Itulah 9 tips yang bisa dilakukan dalam upaya, atau cara merawat printer agar terhindar dari kerusakan, sehingga lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *