Cara Merawat Smartphone Baru

Yuk Intip 7 Cara Merawat Smartphone Baru Biar Lebih Awet

Diposting pada

Cek Kesesuaian Imei pada Box dan HP

Imei merupakan nomor identitas dari perangkat smartphonemu. Setiap smartphone baik android atau iOS, yang murah atau yang mahal pasti memiliki nomor imei.Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa smartphone Anda benar-benar belum pernah dibongkar dari kemasannya atau belum pernah diganti casingnya.

Kemudian masukkan imei pada situs resmi masing-masing smartphone untuk mengetahui bahwa smartphone Anda benar-benar terdaftar.

Pastikan Fisik Tidak Ada yang Cacat

Salah satu usaha merawat smartphone baru adalah dengan tetap memeriksa fisik smartphone, apakah ada yang penyok, melengkung, pecah, tergores atau ada deadpixel (bintik hitam atau putih) pada layar yang biasanya karena cacat pabrik. Termasuk fisik dari aksesorisnya, apakah ada yang pecah atau rusak. Segera lakukan klaim garansi jika terdapat cacat pada fisik smartphone.

Cek Fungsi Bekerja dengan Baik

Setelah mengecek fisik smartphone, selanjutnya cek fungsi smartphone. Mulai dari panggilan telepon, loudspeaker, kamera, wifi, bluetooth, GPS, kompas, dll. Anda bisa mengujinya dengan menggunakan kode-kode rahasia untuk tes hardware android atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Update Firmware ke Versi Terbaru

Cara merawat smartphone baru selanjutnya yaitu dengan selalu update firmware. Update firmware yang disediakan oleh produsen smartphone tentunya sangat bermanfaat bagi smartphone Anda. Pada umumnya update bertujuan untuk meningkatkan keamanan atau menutup bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Mengingat Android merupakan OS open source, membuat banyak cracker lebih mudah untuk menemukan celah keamanan dari Android.

Usahakan Anda untuk selalu melakukan cek update versi terbaru jika sudah ada atau tersedia.Hal ini selain untuk meningkatkan security atau keamanan dari perangkat smartphone Anda, update firmware juga bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna smartphone itu sendiri.

Jangan Install Aplikasi Sembarangan

Hal ini sangat penting untuk merawat smartphone baru. Pastikan untuk tidak pernah menginstall atau memasang aplikasi sembarangan pada perangkat smartphone Anda, terutama aplikasi yang bukan berasal dari Google Play Store, karena akan sangat rentan disusupi virus dan malware yang bisa mencuri data bahkan merusak perangkat lunak smartphone Anda.

Sebuah smartphone sekarang ini menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu merawatnya pun juga wajib untuk dilakukan. Anda tentu tidak ingin bukan memiliki smartphone yang mudah rusak?

Nah, ulasan di atas merupakan sedikit tips untuk merawat smartphone baru sehingga bisa bertahan lebih lama baik dari segi fisik maupun sistemnya. Semoga bermanfaat dan membantu.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.