Cara Reset Cartridge printer HP 2135

Cara Reset Cartridge printer HP 2135 yang Bermasalah dengan Benar

Diposting pada

Cara reset cartridge printer HP 2135, tentu sangat dibutuhkan bagi anda yang sedang mengalaminya. Masalah tentang cartridge memang selalu membuat kesal. Namun, hal itu sebenarnya tidak perlu dibesar-besarkan sehingga membuat Anda pusing dan frustrasi.

Jadi, hal yang harus Anda lakukan adalah mengatasi masalah itu dengan cepat sebelum costumer datang dan meminta cetak dokumen. Jika tidak segera diatasi, Anda pasti yang akan dirugikan sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda, untuk mengetahui cara reset Cartridge printer HP ini.

Baca Juga : Cartrige Printer Tidak Terdeteksi ? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Dalam penggunaan printer, masalah cartridge error itu sudah biasa. Mungkin sebagian besar dari Anda pernah mengalaminya, atau Anda baru saja membelinya dan ternyata tidak bisa bekerja dengan baik. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Untuk mengatasi hal itu, Andabisa melakukan reset. Jika belum mengerti bagaimana cara reset cartridge printer, simak ulasan di bawah ini!

Cara Reset Cartridge printer HP 2135 Yang Bermasalah

Mematikan Printer

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan printer. Setelah itu, cabut kabel power dan USB dari sambungan komputer. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah mematikan, tahap selanjutnya adalah mengecek keberadaan kertas pada Tray printer.

Membuka Tutup Printer

Langkah selanjutnya adalah membuka tutup printer bagian depan. Jangan lupa juga untuk membuka tutup cartridge printer HP 2135. Biasanya, cartridge pada printer ini berlokasi di bagian kiri printer. Jika sudah dibuka, lalu tarik dudukan cartridge ke arah tengah secara manual. Periksa cartridge yang terdapat kedipan pada indikatornya.

Pasang Cartridge Kembali

Setelah memeriksa kedipan indikator, Andabisa memasangnya kembali. Dalam pemasangan, usahakan untuk meletakkannya di bagian tengah. Setelah posisi pas, Andabisa menutup kembali cartridge depan. Lalu, colokan kabel power ke sambungan printer.

Tekan Tombol Cancel

Langkah selanjutnya adalah menekan tombol cancel (silang/ X). Lalu, tekan tahan tombol power (On/Off) yang ada. Jangan langsung dilepas, tunggu dulu selama 5 hingga 10 detik hingga lampu indikator berhenti berkedip atau blinking. Jika sudah normal, printer akan secara otomatis mencetak dokumen. Proses reset cartridge printer HP pun telah selesai.

Mengapa Cartridge Printer HP 2135Pada Printer Anda Bermasalah?

Printer Jarang Digunakan

Seperti perangkat elektronik lainnya, printer pun juga akan mengalami masalah jika jarang digunakan. Jadi, pastikan dulu Anda memiliki kebutuhan khusus ketika membeli printer agar nantinya ia tidak terbengkalai dan akhirnya rusak secara perlahan. Apa akibat jika printer jarang digunakan? Selain tidak beroperasi dengan performa yang bagus, cartridge printer HP pun juga akan bermasalah.

Cartridge nantinya lah yang akan menyalurkan tinta ke kertas untuk pencetakan dokumen. Jika printer Anda jarang dipakai, otomatis tinta akan mengendap dan menggumpal. Alhasil, cartridge akan tersumbat dan tidak bisa beroperasi secara normal.

Menggunakan Cartridge Yang Tidak Wajar

Pernahkah Anda berpikir bahwa masalah cartridge itu datang karena kebiasaan buruk Anda sendiri. Kebiasaan itu seperti menggunakan cartridge secara tidak wajar atau hanya dominan ke satu warna saja. Seperti halnya Anda hanya menggunakan tinta hitam saja untuk aktivitas printing sehari-hari, sedangkan Anda melupakan tinta warnanya. Tentu, tinta yang tidak digunakan akan mengendap.

Cartridge Jarang Dibersihkan Atau Kotor Karena Tinta

Masalah yang terjadi jika cartridge printer HP 2135 Anda jarang dibersihkan adalah menumpuknya tinta pada cartridge yang membuatnya kotor. Alhasil, tinta tidak bisa terdeteksi. Jika tinta tidak terdeteksi, akibatnya aktivitas printing tidak akan berjalan dengan baik. Tentu, ini akan membuat Anda merasa jengkel, bukan?

Baca : Jangan Asal, Ini Cara Memperbaiki Printer dengan Baik dan Benar!

Untuk itu, Anda harus sesekali memeriksa kondisi cartridge printer HP Anda. Jika ada tinta yang memenuhi cartridge, bersihkanlah dengan tissue yang lembut agar tidak merusak cartridge.

Posisi Kertas Tidak Tepat

Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana kertas macet di jalan ketika proses printing? Mengapa hal itu bisa terjadi? Itu karena penempatan kertas yang tidak tepat. Alhasil, kertas macet dan menyebabkan cartridge bermasalah. Jika Anda menjumpai hal yang demikian, Andabisa membersihkan terlebih dulu kertas-kertas yang sudah menyumbat cartridge. Lalu cobalah reset cartridge.

Nah, itu tadi merupakan cara reset cartridge printer HP 2135yang bermasalah. Jika cara di atas tidak juga mengatasi masalah Anda, bisa jadi, cartridge yang Anda gunakan sudah tidak layak atau Anda perlu menggantinya.

Namun, bila masalah terdapat pada cartridge yang tersumbat, Andabisa merendam ujung headnya dengan air hanya selama 10 sampai 20 menitan untuk mengeluarkan tinta dan gelembur udara.

Demikian tutorial mengenai cara reset cartridge printer HP 2135, semoga bermanfaat. Jika ada permasalahan lain seputar printer, jangan sungkan untuk menanyakannya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *