cara sukses membangun percetakan undangan

cara sukses membangun percetakan undanganCara sukses membangun bisnis percetakan undangan dengan modal minim, akan sangat diperlukan bagi sobat yang hendak merintis usaha percetakan undangan. Hal ini selain dikarenakan peluang usaha yang masih sangat terbuka lebar, modal merupakan salah satu alasan utama para calon pengusaha mengurungkan niatnya.

Bagi sobat yang memiliki keinginan untuk dapat membuka percetakan namun terkendala modal, melalui tulisan ini penulis ingin menegaskan bahwa modal bukanlah suatu kendala besar. Penulis sendiri membuka usaha percetakan undangan dengan modal kurang dari dua juta. Seperti apakah cara sukses membangun bisnis percetakan undangan dengan modal minim ini ? Mari kita simak ulasannya berikut ini :

Cara Sukses Membangun Bisnis Undangan dengan Membeli Peralatan Terjangkau

Dalam memulai bisnis percetakan undangan, penulis membeli berbagai peralatan dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan hampir semua peralatan yang penulis beli adalah barang second. Meski second namun kuaitasnya masih tetap prima. Adapun beberapa peralatan yang sobat butuhkan untuk memulai bisnis percetakan undangan, minimal adalah sebagai berikut :

  • Laptop atau komputer
  • Printer
  • Katalog undangan

Cara Sukses Membangun Bisnis Percetakan dengan Modal Minim

Setelah sobat memiliki berbagai peralatan pendukung tersebut, maka berarti sobat sudah memiliki modal yang cukup untuk memulai bisnis percetakan undangan. Saran penulis belilah peralatan yang sesuai dengan keadaan sobat. Meski memiliki keinginan kuat untuk membeli barang bagus, jika uang yang sobat miliki belum cukup, lebih baik belilah produk dengan harga terjangkau. Yakinlah itu adalah modal awal, yang akan mengantarakan sobat untuk dapat membeli berbagai produk berkualitas nantinya.

Untuk lebih membantu sobat dalam meraih kesuksesan, inilah 11 cara membangun bisnis percetakan dengan modal minim tersebut :

Mau Belajar

Setinggi apapun keterampilan sobat dalam dunia desain, dan lainnya semangat belajar adalah suatu keharusan bagi sobat yang ingin sukses dibidang apapun. Selain sebagai ibadah, semangat belajar sepanjang hayat akan membuat sobat senantiasa menjadi manusia yang selalu tanggap terhadap perubahan zaman. Dampaknya tentu usaha percetaka undangan sobat pun akan senantiasa mampu memberikan berbagai kebutuhan sesuai zamannya.

Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi dalam sebuah usaha merupakan suatu hal yang paling penting. Tidak sedikit orang yang akhirnya mampir dan menjadi customer kita, dikarenakan lokasi usaha kita sangat strategis, mudah dijangkau dan tentu saja sangat terlihat.

Namun demikian, jika dalam memulai usaha ternyata sobat tidak memiliki lokasi yang begitu strategis sobat tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan masih banyak cara untuk mengatasi hal ini, salah satunya dengan memasang spanduk di jalan utama yang memberikan informasi tentang usaha sobat, lengkap dengan petunjuk arah, hingga nomor telpon.

Temukan Vendor Blangko Terlengkap

cara sukses membangun percetakan undangan

Sebainya sebelum sobat memutuskan membuka percetakan undangan, terlebih dahulu sobat harus mengetahui vendor penyedia blangko undangan yang sangat komplit. Dengan mengetahui vendor blangko tersebut, maka sobat akan dapat dengan mudah memberikan layanan kepada customer nantinya.

Hal yang tidak boleh sobat lupakan, di luar sana banyak sekali pengusaha lain yang memiliki bidang yang sama dengan usaha yang sobat geluti. Jika usaha sobat tidak memiliki nilai lebih, maka akan dapat dengan mudah ditinggalkan pelanggan nantinya. Salah satu nilai lebih yang tidak boleh dianggap remeh adalah jumlah desain undangan yang sobat sediakan. Seberapa banyak pun sobat menyediakan desain undangan, tanpa dukungan blangko yang sesuai maka itu akan menjadi sia-sia.

Oleh karenanya, carilah vendor blangko undangan yang paling lengkap agar itu tidak terjadi.

Harus Memiliki Katalog Undangan Lengkap

Katalog di sebuah usaha percetakan undangan, ibarat menu makan di suatu cafe. Dengan memiliki katalog yang lengkap, secara tidak langsung kita telah menunjukan pada calon customer bahwa kita memiliki banyak sekali pilihan desain undangan.

Penulis yakin, sobat pun akan sangat senang berkunjung ke suatu toko yang memiliki barang yang lengkap untuk dijual, dan hal ini pun berlaku bagi calon customer sobat. Semakin banyak pilihan katalog yang sobat tawarkan, maka akan semakin kuat pula daya tarik mereka untuk berkunjung dan memilih jasa percetakan undangan sobat.

Lakukan Pemasaran Door to Door

cara sukses membangun percetakan undangan

cara sukses membangun bisnis percetakan undangan dengan modal minim
Lakukan pemasaran dimanapun sobat berada.

Saat sobat baru pertama kali membuka usaha, pemasaran door to door ini sangat diperlukan. Seringlah bersilaturahmi ke soudara dan para sahabat, beritahu mereka bahwa sobat sekarang memiliki usaha percetakan undangan. Dengan hal ini maka promosi pun akan langsung berjalan. Biasanya melalui perantara sahabat atau soudara, berbagai pelanggan baru pun akan mulai berdatangan. Hal ini dikarenakan mereka tahu dari sahabat dan soudara kita tersebut.

Lakukan Pemasaran Online

Dewasa ini hampir dipastikan jika semua orang dewasa mayoritas memiliki media sosial. Melalui fakta ini, tentu adalah suatu cara efektif untuk melakukan promosi hanya dengan membuat status medsos sekalipun.

Namun demikian, meskipun promosi tersebut dilakukan di media sosial, tetaplah berusaha membuat jenis promosi yang berkelas, menarik, dan membuat banyak orang penasaran. Sehingga selain banyak yang mengetahui usaha sobat, lebih dari itu akan banyak orang yang akan tertarik untuk melakukan pemesanan undangan di percetakan sobat.

Berlakukan DP Diawal Transaksi

Dp diawal transaksi itu sangatlah penting, karena ini bukti kesepakatan perjanjian jadinya pemesanan undangan antara sobat sebagai pemilik usaha, dengan customer sobat. Dengan adanya dp ini selain akan membuat customer merasa terikat, lebih dari itu sobat pun bisa membeli blangko undangan dengan uang tersebut. Sehingga saat usaha sobat baru dirintis sekalipun, maka sobat tidak akan kekurangan dana.

Berikan Bonus Bukan Diskon

cara sukses membangun percetakan undangan

Tidak sedikit para pengusaha baru yang memberikan diskon atau potongan harga diawal usahanya. Tujuan diberikan diskon ini adalah agar dapat menggait banyak customer, mereka tidak sadar jika hal itu bisa menyinggung penggiat usaha yang telah lebih dulu menggeluti jenis usaha ini.

Memberi bonus bukan diskon adalah salah satu pilihan bijak. Selain dapat menghindari merasa terusiknya pengusaha lain, lebih dari itu hal ini pun akan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan jasa percetakan sobat. Bonus pun akan memotivasi customer meningkatkan jumlah pesanannya, demi meraih bonus yang telah dijanjikan.

Budayakan Ramah pada Semua Orang

Bisa karena terbiasa, begitulah banyak orang berbicara. Oleh karena itu, biasakanlah ramah pada semua orang agar sobat senantiasa dimudahkan rizkinya. Selain di tempat usaha, semua orang yang sobat temui adalah calon customer, oleh karenanya berikan merka kesan yang baik dimana pun sobat berada. Tidak sedikit orang yang gulung tikar, karena tidak memperhatikan hal ini.

Banyaknya customer yang kecewa karena pelayanannya yang tidak ramah, akan dapat dengan mudah menghancurkan bisnisnya. Sebaliknya dengan keramahan, orang yang tidak berniat menggunakan jasa kita pun akhirnya sangat tertarik untuk menggunakannya.

Teruslah Berinovasi

Selain berinovasi dari segi desain dan pelayanan, yang tidak kalah penting adalah berinovasi dalam usaha. Buatlah berbagai usaha baru yang masih ada dalam satu tema, misalnya menjual asesories pernikahan, mahar pernikahan, jasa fotografer dan lainnya. Inovasi usaha selain dapat menambah penghasilan juga akan membuat usaha sobat makin berkelas, sehingga semakin banyak orang yang percaya dan tertarik untuk menggunakannya.

Fokus dan Konsisten

Setiap usaha yang tujuannya sukses maka fokus dan konsisten adalah suatu keniscayaan. Fokuslah dalam suatu usaha, jangan mudah tertarik untuk mencoba bisnis baru sebelum bisnis ini berkembang dan sudah meninggalkan banyak ilmu bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya mengenai 11 cara sukses membangun bisnis percetakan dengan modal minim, silahkan bisa sobat simak pada video di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

7 Bisnis Online Terpercaya 2019 yang Bisa Membuatmu Cepat Kaya

Bisnis online terpercaya 2019 adalah informasi yang sangat menarik, dimana dengan mengetah…