Cartridge Tinta Tidak Terdeteksi

Cartridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer? Cek Solusinya Di sini

Diposting pada

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana cartridge tinta tidak terdeteksi pada printer Anda ? Jangan pernah khawatir lagi jika Anda menjumpai kejadian itu. Hal ini karena sudah ada solusi terbaik untuk mengatasinya. Lalu, mengapa hal tersebutbisa terjadi?

Perlu diketahui, cartridge tinta tidak terdeteksi pada printer disebabkan karena adanya masalah pada cartridge printer tersebut. Untuk mengatasi kerusakan yang lebih parah, sebaiknya Anda segera melakukan langkah-langkah perbaikan.

Pada kondisi tersebut, chip cartridge tidak dapat dideteksi oleh cartridge printer unit yang Anda miliki. Dalam artian lain, cartridge tidak terpasang denganbenar sehingga tinta tidak bisa terdeteksi. Mengapa cartridge tidak terpasang? Ada beberapa faktor, salah satunya adalah karena chip cartridge pada printer sedang kotor. Untuk mengatasi masalah tinta tersebut, simak ulasan sebagai berikut!

Beberapa Solusi Mengatasi Cartridge Tinta Tidak Terdeteksi

Baca Juga : Tinta Printer Macet atau Tidak Keluar ? Baca Solusinya di Sini

Membersihkan Tinta Pada Cartridge

Cartridge kotor memang sudah jadi masalah yang umum terjadi. Jika hal itu didiamkan saja, maka tinta tidak akan terdeteksi. Kotor berarti ada banyak tinta yang memenuhi cartridge karena seringnya dibongkar pasang, sehingga hal itu hanya bisa dibersihkan secara manual. Oleh karenanya, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu, lalu dapat menggunakan printer Anda untuk aktivitas printing lagi.

Biasanya, notice yang muncul jika tinta tidak terdeteksi adalah “Ink cartridge has run out”sehingga Anda perlu troubleshoot problem atau pemecahan masalahnya. Bagaimana caranya? Pertama, buka cover printing dulu, lalu buka cartridge tinta yang terpasang. Kemudianbersihkan cartridge dengan tisu yang lembut agar tidak rusak nantinya.

Jika dirasa sudah bersih, Andabisa memasangnya kembali. Cobalah untuk mencetak file, jika tinta belum juga terdeteksi, Andabisa mengikuti solusi ketiga pada pembahasanberikutnya.

Membuka Serta Memasang Cartridge Kembali

Selain karena kotor, ada faktor lain yang juga menyebabkan cartridge tinta tidak terdeteksi yaitu belum terpasang dengan tepat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuka dan memasangnya kembali. Untuk memperbaiki posisinya Anda harus berhati-hati agar tidak salah penempatan. Jika posisi cartridge di rasa sudah pas, Anda bisa menutup cover printernya dan mencoba untuk printing.

Tekan Tombol Resume Pada Printer

Jika poin satu dan dua tidak juga mengatasi masalah Anda terkait dengan tidak terdeteksi nya tinta, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya yakni menekan tombol resume. Cartridge tidak terdeteksi dapat ditunjukkan dengan adanya pesan popup yang mengatakanbahwa tinta tidak dapat keluar. Selain itu, tanda lainnya adalah adanya blinking pada lampu kuning yang terdapat pada tombol.

Nah, jika Anda mendapati lampu yang berkedip (blinking), Andabisa menekan tombol “RESUME” selama lima detik, lalu lepaskan. Untuk apakah aktivitas ini? Hal ini bertujuan untuk mengonfigurasi kembali serta menginfokan kepada printer bahwa sudah ada pemasangan cartridge baru di printer Anda.

Setelah Anda melepaskan tombol, lampu RESUME biasanya tidak akanberkedip lagi. Hal ini menunjukkanbahwa printer sudah normal kembali danbisa digunakan untuk printing dokumen.

Alternatif LainYang Dapat Dilakukan Ketika Cartridge Tinta Tidak Terdeteksi

MenghidupkanPrinter dan Mengamati Masalah Yang Terjadi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menghidupkan printer dan melihat pada monitor komputer untuk mengetahui cartridge (jenis warna) mana yang tidak terdeteksi. Dari situ Anda dapat menyimpulkan bahwa cartridge yang harus Anda cabut pertama adalah cartridge warna dan selanjutnya warna hitam.

Membuka Cover Printer dan Mencabut Cartridge

Setelah mengetahuinya, buka cover printing, lalu cabut cartridge warna yang tidak dapat terdeteksi. Lalu, tutup kembali covernya untuk membiarkannya parkir di tempat yang pas. Setelah itu, buka lagi covernya untuk mencabut cartridge hitam dan memasang yang jenis warna. Selanjutnya, tutup kembali dan lihat pada layar monitor.

Jika terdapat gambar “cartridge not recognized” hanya terdapat pada cartridge hitam saja, berarti Anda sudah berhasil mengatasi masalahnya. Kemudian, Andabisa memasang cartridge hitam kembali.

Nah, itu tadi merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi cartridge tinta tidak terdeteksi. Jika masalah tersebut belum teratasi, dengan kata lain semua usaha yang Anda lakukan tidak memberikan hasil, maka dapat dipastikan cartridge printer Anda sudah rusak. Tentu, solusi terbaiknya adalah membeli cartridge yang baru. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.