Mengenal Berbagai Alat yang Biasa Digunakan Dalam Dunia Elektronika

  • Whatsapp
Dunia Elektronika

Bagi Anda yang mulai menyelami dunia elektronika maka akan mulai mengenal dan mengetahui berbagai macam alat yang biasa digunakan dalam dunia ini. Banyak sekali peralatan yang mempunyai fungsi dan manfaat untuk kehidupan Anda sehari-hari. Hidup Anda tidak akan bisa terlepas dengan adanya berbagai alat elektronika apapun itu jenisnya.

Baca Juga : Berbagai Ilmu Dasar tentang Elektronika yang Sangat Penting Diketahui

Peralatan dalam Dunia Elektronika

Berikut ini beberapa peralatan elektronik yang bisa Anda ketahui

Saklar

Dunia elektronika

Saklar disebut juga sebagai switch merupakan salah satu komponen yang tidak pernah lepas dari perangkat elektronik. Saklar berfungsi sebagai penghubung dan pemutus aliran arus listrik. Saklar juga berfungsi sebagai pengatur tegangan di catu daya. Ini dapat ditemui pada telepon seluler sebagai pengaturan volume.

Saat ini model saklar bervariasi dan mudah ditemukan dengan bentuk yang klasik maupun modifikasi. Jenis saklar dapat dibedakan menurut gerakan tuas pada saat membuka maupun menutup kontak dan jumlah kontak.

Perangkat mekanik dalam dunia elektronika ini terdapat terminal berjumlah dua atau lebih yang terhubung internal ke kontak logam sebagai bilahnya. Terminal ini dapat terbuka maupun tertutup yang akan menentukan terhubung atau tertutupnya aliran arus listrik. Sehingga fungsi saklar dapat meluas menjadi pengendali pada fitur tertentu di rangkaian alat listrik. Jenis saklar yang dipakai pada rangkaian elektronika berbeda-beda tergantung pemakaian dan kebutuhannya.

Pemakaian saklar selalu dipakai di rangkaian elektronika untuk menghubungkan maupun memutuskan aliran arus listrik dengan mudah. Pemilihan jenis saklar yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhannya.

Jenis saklar tersebut berbeda cara pemakaiannya dan jumlah kontak yang dihubungkan sebagai aliran arus listrik. Untuk saklar yang sederhana dapat memilih jenis saklar push botton switch atau toggle switch. Sedangkan jika terdapat banyak kontak dapat memilih selector switch.

Fiber Optik

Dunia Elektronik

Jenis kabel fiber optik dalam dunia elektronika yang biasa dipakai untuk transmisi data ada dua jenis. Masing-masing jenis fiber optik tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Kabel fiber optik ini memungkinkan untuk mengirimkan data dengan kecepatan yang sangat tinggi. Penggunaan fiber optik ini lebih aman untuk data yang sensitif dibandingkan menggunakan kabel tembaga. Pemakaian fiber optik memiliki banyak kelebihan daripada kabel dari tembaga.

Fiber optik sekarang ini sudah banyak digunakan dalam pengembangan teknologi informatika dan telekomunikasi. Penggunaan kabel fiber optik sangat penting di dalam penyediaan layanan informasi maupun internet. Fungsinya untuk mengirimkan data, suara, pesan dan gambar. Serat optik memiliki peranan yang penting dalam transmisi data terutama data yang sensitif.

Fiber optik adalah teknik transmisi data yang efektif dan cepat menggunakan cahaya ke lokasi berbeda. Fungsi fiber optik ini menggantikan kabel tembaga yang telah menjadi media transmisi sejak dulu. Fiber optik atau serat optik menggunakan plastik halus atau serat kaca untuk memindahkan transmisi menggunakan sinyal cahaya.

Fiber optik dalam dunia elektronika ini ukurannya sangat kecil yaitu sekitar 120 mikrometer. Sumber cahaya yang digunakan berupa sinar LED maupun sinar laser. Penggunaan fiber optik ini lebih menguntungkan daripada kabel tembaga. Selain ukurannya lebih tipis dan ringan juga memiliki bandwith yang lebih tinggi. Kelebihan lainnya adalah dapat sebagai media transmisi data yang berbentuk digital.

Prinsip kerja dari fiber atau serat optik ini adalah mengirimkan data melalui sinyal cahaya. Nantinya sinar cahaya yang ditransmisikan diubah menjadi aliran listrik. Pengiriman data memakai fiber optik lebih cepat dan aman dari pada menggunakan kabel tembaga. Saat ini jenis kabel fiber optik ada dua macam.

Inilah beberapa peralatan yang bisa Anda ketahui dalam dunia elektronika. Beberapa peralatan ini biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *