Fast charging untuk hp

Amankah fast charging untuk hp? Ini Penjelasannya

Diposting pada

Fast charging untuk hp semalaman

Kebiasaan mencharger hp dimalam hari, hingga lupa mencabutnya semalaman memang menjadi masalah. Banyak memang ponsel yang telah menggunakan fasilitas fast charging, namun tidak semua dibekali dengan penangan tertentu. Beberapa diantaranya memang sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi arus. Sehingga untuk ponsel jenis ini, aman untuk menggunakan fast charging.

Mencharger sambil bermain game

Bermain game tentunya hal yang berat untuk prosesor pada ponsel sehingga akan menimbulkan suhu yang meningkat. Beberapa ponsel dengan chipset snapdragon memang dapat mengantisipasi hal ini dengan menurunkan daya saat pengisian baterai. Hal ini dapat menetralkan suhu pada ponsel.

Baca Juga : Tips Menghindari Baterai Palsu yang Harus Kamu Tahu Sebelum Membeli

Ponsel cepat panas

Penggunaan fast charging untuk hp apalagi untuk beberapa ponsel yang belum menargetkan fast charger tentunya menjadi masalah. Problem ini dirasakan oleh pengguna android yang belum memahami sistem dari teknologi ini. Kemungkinan suhu ponsel yang meningkatkan bahkan dapat menimbulkan kerusakan serius seperti ponsel yang meledak.

Baterai cepat habis

Pada umumnya baterai ponsel memiliki masa 5 tahun. Pada tahun pertama kapasitas baterai mencapai 100%. Kemudian pada tahun kedua akan turun menjadi 80%. Mungkin saja pada baterai yang belum didesain untuk fast charging akan menjadikan masa baterai kurang 80%. Tetapi untuk baterai dengan katoda yang sesuai ini tidak akan terjadi tentunya. Semua akan normal seperti baterai pada biasanya.

Kemungkinan yang terjadi pada kesalahan penggunaan fast charging juga berdampak pada kekuatan daya baterai. Penggunaan charger yang tidak sesuai mengakibatkan daya yang dikeluarkan pada penggunaan juga tidak stabil. Ponsel yang panas tentunya mengeluarkan daya baterai yang lebih jadi tidak heran jika baterai cepat habis daripada biasanya. Selain itu masa guna baterai ponsel juga akan berkurang.

Teknologi fast charging memang menjadi unggulan dari beberapa ponsel ternama saat ini. Namun perlu disadari bagi pengguna ponsel bahwa hanya beberapa ponsel saja yang sudah mendukungnya. Ponsel dengan desain yang belum menggunakan qualcomm fast charging justru akan menyebabkan kerusakan pada ponsel bia dipaksa menggunakan teknologi tersebut.

Penggunaan isi daya yang tidak sesuai dapat membuat berbagai kerusakan. Mulai dari kerusakan paling ringan yaitu hp yang sering panas, baterai yang cepat habis bahkan ponsel yang meledak. Hal ini dapat diantisipasi dengan penggunaan charger yang sesuai dengan bawaan hp. Gunakanlah charger yang sesuai agar tidak terjadi kerusakan yang serius.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan bisa menjawab pertanyaan sobat terkait keamanan fast charging untuk hp.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.