Fungsi Air Purifier

10 Fungsi Air Purifier Sangat Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Keluarga

Diposting pada 189 views

Fungsi air purifier untuk menjaga kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini, karena udara bersih adalah salah satu kebutuhan utama mahluk hidup untuk bernafas.

Namun seperti kita tahu, saat ini udara bersih semakin sulit didapatkan, terutama di kota-kota besar yang memiliki tingkat polusi tinggi. Baik dari asap kendaraan bermotor maupun industri. Salah satu solusi untuk membuat udara menjadi segar adalah dengan menggunakan purifier.

Bukan hanya itu, udara dengan tingkat kelembapan yang baik juga semakin berkurang. Padahal jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan. Beruntung jika kamu memiliki salah satu merk humidifier terbaik, masalah ini bisa teratasi dengan mengaktifkannya.

Tak sedikit yang menganggap air purifier sama dengan humidifier. Meski bentuknya sama, namun fungsi yang dimilikinya berbeda. Humidifier berfungsi untuk menjaga kelembaban udara, sementara fungsi air purifier untuk membersihkan udara dari berbagai poutan berbahaya yang bisa terhirup melalui ssitem pernafasan. Singkatnya, air purifier merupakan alat penyaring udara.

10 Fungsi Air Purifier yang Menyehatkan

Setelah sebelumnya duniaelektronik.net membahas fungsi humidifer untuk kesehatan, maka pada kesempatan kali ini akan membahas manfaat air purifier. Air purifier sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menjernihkan udara di sutau ruangan.

Dengan menggunakannya, maka udara di sekitar ruangan akan menjadi lebih bersih, sehingga terbebas dari polusi berbahaya.  Seiring dengan zaman yang terus mengalami kemajuan, kamu juga bisa menemukan humidifikasi penyaring serbuk sari dan polutan.

Bagi kamu yang ingin membeli produk ini, dan merasa penasaran dengan fungsinya yang beragam, berikut duniaelektronik.net rangkum 10 fungsi air purifier.

1. Mencegah Virus dan Bakteri

Saat ini, masyarakat dunia telah dihebohkan oleh adanya serangan virus Corona yang telah memakan banyak korban jiwa. Pemerintah disetiap negara pun menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak, dan menggunakan masker. Menyadarkan kita bahwa virus memang menyebar melalui udara.

Selain virus, udara juga merupakan media yang cukup efektif bagi penyebaran bakteri penyebab penyakit. Kedua jenis makhluk mikroorganisme ini, memang sulit untuk dideteksi dan sering membawa sejumlah masalah bagi kesehatan manusia.

Guna meminimalisit jumlah bakteri maupun virus, banyak masyarakat mulai sadar untuk menggunakan air purifier. Hal ini memang tepat. Sebab menurut penelitian yang dilakukan di Retroscreen Virologi, Inggris. diketahui jika alat ini memiliki kemampuan untuk menurunkan aktivitas bakteri dan virus di udara.

2 Membasmi Nyamuk Berbahaya

manfaat Air Purifier

Selain risih dengan suara dan rasa gatal yang ditimbulkannya, nyamuk juga dikenal hewan yang membahayakan kesehatan. Cikungungnya, malaria dan demam berdarah, adalah contoh penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Ketiga penyakit tersebut cukup berbahaya, terlebih jika menyerang anak-anak. Tak heran jika banyak orang tua berupaya keras menggunakan pengusir nyamuk. Namun jika menggunakan insektisida, hal tersebut juga kurang baik untuk kesehatan.

Manfaat air purifier sendiri, salah satunya ternyata juga dapat digunakan untuk membasmi nyamuk. Terutama produk yang telah dilengkapi perangkap nyamuk, sehingga sangat efektif untuk memberntas nyamuk.

3. Manfaat Air Purifier Mengurangi Pemicu Penyakit Asma

Asma merupakan salah satu penyakit saluran pernafasan yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Umumnya penyakit ini ditandai dengan gejala batuk, sulit bernafas, suara mendengik, dan nyeri dada.

Dari berbagai kasus asma yang ada, rumah merupakan salah satu tempat pemicu asma yang paling banyak terjadi. Penyebabnya pun cukup beragam, mulai dari binatang peliharaan, asap, debu, kotoran, dan lain sebagainya. Jika berbagai pemicunya tidak segera diatasi, kemungkinan anggota keluarga akan terserang semakin besar.

Fungsi air furifier yang dapat menyaring udara, cukup efektif digunakan untuk mencegah penyakit asma. Hal ini terutama karena alat ini dilengkapi dengan komponen filter HEPA. Komponen ini berfungsi menghilangkan berbagai jenis pemicu asma, seperti yang telah disebutkan di atas.

4. Mengurangi Kadar Karbondioksida

Kita semu tahu, bahwa saat bernafas manusia menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida. Hal ini karena okisgen adalah senyawa yang sangat dibutuhkan oleh kita. Sementara karbondioksida adalah senyawa buangan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika seseorang sampai menghirup karbondioksida dalam jumlah banyak, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti pusing, sakit kepala, sesak nafas, mual, tidak sadarkan diri, bahkan hingga menyebabkan kematian.

Disinilah manfaat air purifier berperan. Dengan adanya filter HEPA yang bertugas sebagai pemurni udara, maka kadar karbondioksida di dalam rumah akan berkurang, dan kadar oksigen meningkat.

5. Fungsi Air Purifier Membasmi Jamur

Selain untuk hal-hal yang telah disebutkan, manfaat air purifier juga bisa untuk membasmi jamur yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit kulit. Dalam hal ini, para ahli sering mengaitkan keberadaan jamur dengan berbagai faktor, seperti cuaca panas maupun lembab.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan Japan Food Research Laboratories, alat ini diketahui mampu mengurangi pertumbuhan jamur yang terdapat di dalam rumah.  Fakta ini didapatkan berdasarkan hasil pengujuan dengan menyemburkan ion PCI ke dalam ruangan berukuran 2,6 meter kubik.  Dimana didapatkan hasil yang menunjukan terjadinya penghambatan pertumbuhan jamur yang cukup siginifikan.

6. Fungsi Air Purifier Mencegah Timbulnya Alergi

Manfaat air purifier ternyata juga bisa untuk mencegah timbulnya alergi. Seperti kita tahu, pemicu alergi ada berbagai macam diantaranya adalah udara, debu, hingga hewan peliharaan. Reaksi alergi sendiri sebenarnya merupakan respon tubuh terhadap zat polutan atau iritan yang masuk ke dalam tubuh.

Air purifier sangat cocok diggunakan untuk mengatasi timbulnya reaksi alergi ini. Hal tersebut dikarenakan alat ini memiliki sistem filterisasi cukup baik. Bahkan beberapa produk juga sudah memiliki pemurnian hingga tiga tahap. Mulai dari pra-filter, filter High-Efficiency Particulate Air (HEPA), hingga Ionizer yang  dapat melepaskan ion negatif menuju atmosfer.

7. Mencegah Asap Rokok

Asap rokok

Rokok adalah salah satu produk yang membahayakan kesehatan, dengan tingkat konsumsen sangat tinggi. Sayangnya bukan hanya perokok aktif saja yang bisa merasakan dampaknya, kamu yang tidak menghirup langsung juga bisa turut merasakannya. Terutama jika kamu berperan sebagai perokok pasif, yang ikut menghirup asap yang dihasilkan dari pembakaran tembakau tersebut.

Padahal dalam kemasan rokok sendiri dijelaskan jika rokok membahayakan kesehatan, terutama jika asapnya sampai ke paru-paru. Diantara penyakit yang bisa dipicunya antara lain adalah kangker, serangan jantung, tubercolosis, impotensi, hingga gangguan kehamilan dan janin.

Asap rokok tentunya lebih berbahaya jika sampai terhirup oleh anak-anak, maupun orang tua yang sudah lanjut usia. Jika kamu ingin menghindari masalah tersebut, salah satunya bisa dengan menggunakan air purifier.

Alat ini dilengkapi filter HEPA dan karbon aktif, sehingga dapat menyaring partikel hingga 0,3 mikron. Hal yang terpenting, juga dapat menahan dan menyerap asap rokok yang menyebar melalui udara di dalam rumah  agar tidak sampai terhirup oleh anggota keluarga.

8. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Fungsi air purifier selanjutnya adalah dapat menghilangkan bau tak sedap, yang tentunya cukup mengganggu jika dibiarkan begitu saja. Meski terlihat sepele, namun bau tak sedap juga bisa membuat konsentrasi kita terganggu, tidak nyaman, hingga bisa membahayakan kesehatan.

Air purifier ternyata juga sering digunakan masyarakat untuk mengatasi kondisi semacam ini. Dan telah banyak yang membuktikan, jika memang terbukti ampuh menghilangkan berbagai aroma tak sedap. Hal ini juga diketahui berdasarkan serangkaian tes pengukuran yang dilakukan oleh pihak Japan Spinners Inspecting Foundation.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Fungsi Air Purifier

Jika kamu sering mengalami insomnia atau sulit tidur, sebaiknya segera beli air purifier. Alat ini ternyata juga dapat menghasilkan noise calm, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Seperti kita tahu, udara yang terkontaminasi zat polutan bisa mengganggu kualitas tidur. Selain menimbukan kecemasan akan terserang penyakit, bau yang tidak sedap tentunya juga akan mempengaruhi kualitas tidur dan rasa nyaman.

10. Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Kebersihan udara yang terjaga, tentu akan membuat pikiran lebih jernih dan tenang. Beruntungnya kamu yang menggunakan air purifier, terutama yang sudah dilengkapii lonizer, yang dapat memperbaiki mood serta membuat suasana ruangan lebih terasa nyaman.

Dengan udara di rumah bebas dari polutan berbahaya, maka kadar kartisol akan berkurang, sehingga tubuh akan terasa jauh lebih nyaman dan rileks. Hal ini pula yang membuat alat ini cukup efektif untuk mengurangi stress.

Demikian pembahasan mengenai fungsi air purifier untuk kesehatan keluarga. Dengan menggunakannya, maka udara di rumah akan semakin bersih dan sehat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya!

Gambar Gravatar
Menerima kerja sama review produk, bisnis, dan lainnya melalui duniaelektronik.net Jasa pembuatan website, press release dan backlink ke berbagai Media Nasional Indonesia. More info bisa via WhatsApp 0823 2727 7319.