Penggunaan Gelombang Cahaya di Bidang kesehatan, Apa Saja?

  • Whatsapp
Penggunaan Gelombang Cahaya di Bidang kesehatan

Penggunaan Gelombang Cahaya di Bidang kesehatan saat ini makin dikembangkan. Gelombang ini kini telah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang timbul.

Cahaya merupakan bagiandari gelombang elektromagnetik yang memiliki spektrum optik terbatas.  Cahaya yang bisa kita lihat memiliki panjang gelombang 400 hingga 700 nm yang biasa disebut dengan cahaya tampak.

Dalam bidang kesehatan cahaya yang memiliki sifat memancar, ini juga dimanfaatkan. Seperti penggunaan dalam bidang Rongen, bedah laser serta pemanfaatan sinar gama sebagai terapi.

Contoh Penggunaan Gelombang Cahaya di Bidang Kesehatan

1. SAD (Seasinal affective disorder)

Saat ini tengah dikembangkan penggunaan Gelombang Cahaya untuk mengatasi masalah depresi musiman atau dikenal dengan sebutan Sensational affectif disorder. Sebuah kondisi depresi yang berhubungan dengan pergantian musim.

2. Sinar X

Memiliki panjang gelombang pendek, frekwinsi tinggi ciri khas cahaya ini. Sehingga dapat menembus benda yang tidak bisa ditembus oleh Gelombang dengan frekwensi lebih pendek.

Didunia kesehatan sinar X dimanfaatkan untuk rongen, melihat bagian dalam tubuh seperti tulang, paru-paru dan lainnya. Ini digunakan dokter untuk mendiagnosa penyakit yang dialami seseorang.

Sedagkan di bidang keamanan sinar X banyak diggunkan dibandara, pelabuhan dan tempat lainnya. Sinar X digunakan untuk melihat barang bawaan penumpang ataupun pengunjung sebuah lokasi tertentu.

3. Sinar Laser

Penggunaan sinar ini dalam dunia medis, kini makin dikembangkan. Laser banyak digunakan di berbagai bidang dalam dunia kesehatan. Salah satu pemanfaatan sinar laser yaitu pada bidang pembedahan.

Laser atau light Amplification By Stimulated Emision Of Radiation adalah gelombang cahaya di bidang kesehatan yang digunakan dalam berbagai pembedahan. Penggunaan sinar ini tidak akan menimbulkan luka terbuka.

Sinar akan diarahkan langsung pada tempat yang ingin dibedah. Melalui padas pada gelombang cahaya ini organ yang dituju akan di hancurkan. Tanpa menimbulkan kerusakan pada jaringan sekitarnya.

Hal ini bisa mempercepat waktu penyembuhan, meskipun biaya yang dibutuhkan untuk penggunaan laser masih cukup mahal. Kedepan semoga ada terobosan baru sehingga biaya bisa menjadi lebih murah.

4. Sinar Gama

Sinar gama adalah sinar elektro magnetic yang memiliki frekwensi paling besar dengan Panjang gelombang yang pendek. Gelombang cahaya di bidang kesehatan yang dilambangkan dengan huruf y ini berasal dari nuklir.

Dalam bidang kesehatan gelombang ini digunakan untuk pengobatan kanker dan tumor. Radiasi sinar yang ditembakkan pada sel kanker,  diharapkan mampu menghancurkan sel berbahaya tersebut.

Rasa sakit yang hebat bisa ditimbulkan karena penggunaan sinar ini dalam terapi. Tetap efek menghancurkan yang dahsyat membuat sinar ini masih digunakan hingga sekarang. Selain itu sinar ini juga digunakan untuk sterilisasi alat-alat kesehatan.

Referensi Kami : Ini Teknologi yang Dapat Digunakan untuk Mencegah Virus Korona

Ternyata begitu banyak manfaat sinar yang tak tampak dimata ini dalam kehidupan manusia. Dengan penggunaan yang tepat bisa memberikan manfaat besar. Mari tunggu inovasi selanjutnya dari gelombang cahaya yang ada di alam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *