Hasil Print Bergaris

Hasil Print Bergaris ? Ini 11 Cara Mudah untuk Mengatasinya

Diposting pada

Hasil print bergaris-garis menjadi momok yang paling ditakuti oleh pengguna mesin printer, terutama mereka yang sibuk dikejar deadline. Kadangkala Anda menaruh harap pada mesin printer untuk langsung menghasilkan cetakan yang sempurna. Namun naas, mesin pun memiliki batasnya.

Menangani printer bermasalah ini sesungguhnya cukup mudah. Ini adalah bagian dari perawatan yang lumrah, jadi kasus gagal print ini adalah normal pada kala tertentu. Tak perlu cemas, Anda dapat mengikuti tips menangai hasil print bergaris yang dijelaskan pada bagian di bawah ini. Selamat mencoba.

Menangani Hasil Cetak Bergaris-garis

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani hasil print bergaris-garis. Simak uraiannya dalam daftar di bawah ini.

1. Rendam catridge dalam air panas

Tinta pada catridge yang jarang dipakai kadangkala menjadi keras dan beku sesuai kondisi ruangan. Kadangkala ruangan yang terlalu dingin meningkatkan kemungkinan hal ini terjadi. Cara untuk mencairkan tinta kembali adalah mendiamkan catridge berisi tinta pada ruangan bersuhu normal atau panas, atau merendam head-nya dalam air alkohol atau air bening hangat.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini 5 Pembagian Jenis Tinta Printer Sesuai Jenisnya

Air alkohol berfungsi sebagai pelarut organik tinta dan penghangat suhu. Begitu pula air bening. Jadi tinta berlebih dan mengental dapat cair seketika dan hasil print Anda menjadi lebih baik.

2. Amati aliran Tinta

Amati aliran tinta Anda dan kondisi saluran tinta. Saluran tinta yang terjepit, bocor, dan tersumbat tidak akan mengalirkan tinta dengan lancarmenyebabkan hasil print bergaris-garis. Mengatasi hal ini ada dua cara. Pertama, lakukan head cleaning seperti yang akan dijelaskan pada poin ke-5.

Kedua, Anda dapat melakukan penyelesaian mekanik.Cabut bagian selang yang paling dekat dengan catridge. Sedot tinta dari bagian tersebut dengan menggunakan syringe atau tabung suntik. Pada pipa kecil, gunakan sedotan atau jarum suntik tumpul untuk menyedot tinta.

3. Jaga kebersihan Encoder

Hasil Print Bergaris

Encoder adalah sensor yang terletak di bagian belakang catridge. Bagian ini cukup rentan kotor pada ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik. Lap bagian mika panjang ini dengan kertas tisu.

Agar hasil print bergaris-garis dapat ditangani, Anda juga dapat merendam bagian ini dalam air hangat secukupnya. Jangan terlalu lama merendamnya, lalu keringkan dan pasang kembali.

4. Lakukan Head Cleaning

Solusi Hasil Print Bergaris

Setiap printer memiliki Head Cleaning sebagai fasilitas maintenance yang tersedia. Aktivitas Head Cleaning memungkinkan Anda untuk membersihkan head printer dari gumpalan tinta yang mungkin menyebabkan hasil print bergaris-garis.

Untuk melakukan Head Cleaning, akses printer Anda terlebih dahulu di Control panel. Klik kanan pada ikon printer Anda, lalu klik Printing Preference dan klik tab Maintenance. Klik Head Cleaning dan Anda dapat memilih untuk melakukan pembersihan biasa atau Deep Cleaning untuk analisis lebih mendalam.

Disarankan untuk mengulang proses ini sebanyak tiga kali atau hingga seluruh pola warna tercetak dengan sempurna. Aliran tinta yang tadinya macet dapat lancar jika menggunakan fitur ini.

5. Atur Kembali Kualitas Cetak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *