Cara mengatasi hp mati total karena air

Cara Mengatasi HP Mati Total Karena Air dengan Mudah dan Ampuh

Diposting pada

Cara mengatasi hp mati total karena air merupakan informasi yang sangat penting, khususnya bagi sobat yang sedang mengalaminya. Dengan hadirnya informasi ini, diharapkan sobat bisa segera mengatasinya.

Bagi yang tidak mengalaminya, tentu cara mengatasi hp mati total karena air bisa menjadi langkah preventif. Hal ini dikarenakan saat beraktifitas, terkadang ada saja yang membuat hp kita terjatuh ke dalam air. Bahkan ada juga yang tidak dengan sengaja membuat hp nya ikut terendam bersama pakaian kotor.

Cara Mencegah HP Mati Total Saat Terkena Air

Cara mengatasi hp mati total karena air
Image via jalantikus.com

Sebelum membahas cara mengatasi hp mati total karena air, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu cara mencegah hp mati total saat terkena air. Hal ini dikarenakan tidak semua hp yang masuk ke dalam air itu mati total, bahkan jika mengetahuinya kita justru bisa mencegah agar hal itu tidak sampai terjadi.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Handphone yang Sulit Diisi Daya dan Lupa Pola

Lantas apa yang harus kita lakukan setelah hp terkena air, sehingga bisa mencegah berbagai kemungkinan buruk yang bisa terjadi, salah satunya hp menjadi mati total. Untuk mencegah hp mati total saat terkena air, setidaknya berikut ini yang bisa sobat lakukan.

Seger Matikan HP

Tidak bisa dipungkiri, saat hp terkena air, kitapasti ingin langsung mengeceknya, apakah hp tersebut masih hidup atau tidak. Jika hal ini terjadi, sebaiknya sobat langsung non aktifkan hp tersebut, bahkan jika baterainya bukan baterai tanam bisa langsung melepas baterainya.

Dengan tidak berfungsinya hp, maka sistem kelistrikan di dalamnya pun akan non aktif. Hal inilah yang kemudian dapat mencegah terjadinya konsleting karena air yang masuk. Sehingga jika dibiarkan hp menyala, maka secara tidak langsung kita membiarkan terjadinya hubungan pendek yang dapat memicu keruakan komponen hp.

Semakin lama hp menyala saat terkena air, semakin besar pula kemungkinan kerusakan yang dapat ditimbulkan, oleh karenanya non aktifkanlah sesegera mungkin.

Sesegera Mungkin Bongkar Unit HP

Melepaskan baterai adalah salah satu hal yang termasuk dari membongkar hp. Membongkar di sini tentu sesuai keahlian yang sobat miliki. Jika memang kita memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup, membongkar bagian hp satu persatu adalah salah sau langkah yang tepat.

Namun jika sobat tidak memiliki kemampuan itu, setidaknya lepaskanlah microSD, SIM Card, dan juga baterai jika bukan berjenis non-removable. Silahkahkan taruh bagian yang telah dibongkar tersebut pada kain yang kering. Ingat, bongkarlah sesuai kemampuan saja, jangan sampai justru aktivitas ini malah membuat hp menjadi rusak.

Bersihkan dengan Vacuum Clenaer

Setelah sobat membongkar hp yang terkena air tersebut, silahkan keringkan menggunakan vaccum cleaner. Alat ini akan menyedot sisa-sia air yang ada pada unit hp, sehingga bisa benar-benar bersih.

Jangan Lupa Baca : 10 Merk Vacuum Cleaner Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Ingat ! Jangan sekali-kali meniup hp atau smartphone yang terkena air tersebut. Jika ini dilakukan, air yang ada justru akan masuk semakin jauh ke dalam bagian smartphone, sehingga justru bisa dengan mudah merusaknya.

Jangan Lupa Keringkan Bagian Luar

Selain bagian dalamnya, jangan lupa keringkan juga bagian luar smartphone atau hp tersebut. Tentu tidak elok jika bagian dalam sudah kering, kemudian saat dihidupkan hp mati karena masih ada air yang masuk dari bagian luarnya.

Silahkan keringkan hp bagian luar dengan lap kering. Namun perlu diingat, dalam langkah ini sobat juga harus melakukannya secara perlahan, serta jangan terlalu banyak membuat gerakan. Gerakan membersihakn yang terlalu banyak, justru dapat memicu air kemudian menyebar ke berbagai komponen lain, sehingga dapat memperparah kerusakan.

Buat HP Benar-Benar Kering

Setelah sobat melakukan berbagai langkah di atas, pastikan bahwa dan semua komponennya sudah benar-benar kering. Ada berbagai cara yang bisa sobat lakukan, diantaranya adalah memasukan hp tersebut ke dalam kantong yang berisi beras.

Beras yang dianggap dapat menyerap kelembaban dengan cepat tentu menjadi pilihan terbaik. Sebaiknya diamkan hp sobat disitu seidaknya selama 2 atau 3 hari. Setelah itu, silahkan rakit kembali dan cek hasilnya dengan cara menghidupkannya.

Pantangan Saat HP Terkena Air

Ada beberapa hal yang tidak boleh sobat lakukan ketika hp terkena air, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jangan menghidupkan terus hp saat terkena air.
  • Jangan menyambungkan hp ke tegangan listrik.
  • Jangan menekan tombol apapun selain power, sebab menekan tombol hanya akan memudahkan air masuk ke dalam jeroan hp.
  • Minimalisir menggerakan-gerakan hp sehingga air tidak masuk semakin banyak.
  • Jangan memanaskan hp dengan apapun, seperti dengan oven atau pun hairdyer, sebab hawa panas justru dapat memicu berbagai kerusakan lain.

Baca Juga : Cara Menangani Permasalahan Hairdyer yang Kerap Menimpa Anda

Solusi Smartphone Mati Total Karena Air

Cara mengatasi hp mati total karena air

Saat smartphone atau hp sobat akhirnya mati total setelah terkena air, sebaiknya jangan langsung panik, atau memfonisnya rusak. Sebelum membawanya ke tempat service, berikut cara mengatasi hp mati total karena air yang bisa sobat praktekan sendiri di rumah.

Saat hal tersebut terjadi, sobat tentu tidak boleh langsung menggunakan power supply untuk memeriksa ataupun menguji smartphon. Hal ini dikarenakan justru dapat memicu timbulnya resiko hubungan pendek antara komponen, sehingga dapat menyebabkan konsleting dan kerusakan yang lebih parah.

Adapun cara mengatasi hp mati total karena air, adalah sahabat terlebih dahulu harus mengeringkan segala air yang kemungkinan masuk kedalam ponsel adapun cara-caranya yaitu sebagai berikut.

  • Silahkan bongkar ponsel atau smartphone sobat, lalu di jemur. Silahkan berikan cairan pembersih cairan IPA kemudian di blower.
  • Berikan pembersih IPA pada ponsel, kemudian di vacum menggunakan alat vacum. Selain itu, sobat juga bisa menggunakan butiran silika sehingga air dalam ponsel bisa diserap dengan maksimal.
  • Pastikan handphone benar-benar kering, dan jangan sampai ada cairan yang tersisa.
  • Silahkan gunakan power supply untuk mengetahui jenis kerusakan apa yang ada pada smartphone tersebut.

Kerusakan smartphone atau hp yang terkena air umumnya terjadi pada bagian aksesoris smartphone tersebut.

Namun demikian, ketika tombol on dinyalakan jarum ampere pada power supply justru naik ± 50 mili ampere, hal tersebut berarti menunjukan bahwa kerusakan yang terjadi adalah pada bagian software. Solusinya berarti sobat harus melakukan upgrade versi software ke yang lebih tinggi. Solusi lainnya sobat juga bisa melakukan langkah flashing, atau pemrograman ulang.

Baca : 4 Cara Ampuh Flash HP Android Semua Tife dan Merk

Dengan mengetahui cara mengatasi hp mati total karena air, diharapkan akan membuat sobat bisa segera membuat hp kembali normal. Semoga dengannya sobat tak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk membayar jasa service.