HP Tiba-Tiba Restart Sendiri

9 Alasan Kenapa HP Tiba-Tiba Restart Sendiri

Diposting pada

Berbagai kendala-kendala elektronik tak terkecuali hp memang biasa terjadi. Hal yang sering terjadi diantaranya hp tiba-tiba restart sendiri atau bahkan mati. Hp yang restart sendiri sekiranya hampir dialami oleh semua pengguna ponsel apalagi smartphone. Walaupun smartphone yang digunakan tergolong dalam spesifikasi tinggi dan berkecukupan juga tidak menutup kemungkinan mengalaminya.

Biasanya pengguna akan panik ketika hp tiba-tiba restart sendiri. Apalagi ketika ponsel restart pada saat yang sangat penting. Padahal keadaan baterai masih penuh dan dirasa baik baik saja. Berikut beberapa penyebab hp restart sendiri dan solusi untuk mengatasinya.

Beberapa penyebab hp tiba-tiba restart sendiri

Error pada perangkat lunak

Mesin error atau kerusakan pada sistem operasi smartphone memang menjadi permasalahan kecil. Biasanya sebelum ponsel restart sendiri ada pemberitahuan dari perangkat atau semacamnya. Ponsel akan restart dan hidup kembali seperti semula. Yang perlu dilakukan adalah diamkan ponsel sebentar dan gunakan lagi setelah ponsel dingin kembali.

Kesalahan pada root

Tindakan root pada ponsel memang mempunyai banyak keuntungan. Salah satunya adalah ponsel yang menjadi ringan apalagi jika untuk menggunakan aplikasi-aplikasi berat. Seperti pepatah tidak ada gading yang tak retak, root juga mempunyai kelemahan. Salah satunya bisa mengalami ponsel yang mati sendiri tanpa pemberitahuan. Hal ini akan terjadi apabila pada saat root ada kesalahan yang terlewatkan.

Banyak cache

Terlalu banyak cache juga menjadi alasan kenapa hp tiba-tiba restart sendiri. Cache memang ada pada setiap aplikasi apapun yang berfungsi mempercepat pada saat penggunaan aplikasi. Namun, terlalu banyak cache juga akan membuat ponsel mempunyai beban berat. Ketika ponsel sudah mulai restart sendiri maka cache harus segera mungkin untuk dibersihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *