Jenis-Jenis Sensor yang Dipakai Pada Perangkat Elektronika

  • Whatsapp
Jenis-Jenis Sensor

Jenis-jenis Sensor yang Dipakai Pada Perangkat Elektronika. Saat ini penggunaan sensor sudah banyak ditemui pada berbagai perangkat terutama yang berhubungan pada elektronika. Hampir semua kehidupan sekarang menggunakan sensor meskipun berupa perangkat elektronik yang hanya sederhana.

Melalui sensor ini maka penggunaan perangkat elektronik dapat menjadi lebih mudah. Yang awalnya menggunakan tombol maka melalui sensor sudah tidak perlu susah lagi untuk mengoperasikan dan memperoleh hasilnya. Misalnya pada televisi, peralatan medis untuk mengukur suhu hingga pengontrolan kebakaran menggunakan teknologi sensor.

Sensor merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang dapat mendeteksi segala bentuk perubahan. Bentuk perubahan tersebut seperti tekanan, beban, suhu, gerakan, cahaya dan gaya. Perubahan yang terjadi akan direkam dan menghasilkan output berupa hasil. Perangkat ini menggunakan komponen elektronika yang telah dimodifikasi agar dapat mudah dan sensitif menerima perubahan.

Jenis-Jenis Sensor pada Perangkat Elektronika

Jenis sensor yang ada pada perangkat elektronika terbagi menjadi dua macam jenis yaitu sensor aktif dan sensor pasif serta sensor digital dan sensor analog. Jenis sensor tersebut akan diterangkan di bawah ini.

Sensor Pasif

Sensor pasif merupakan salah satu jenis sensor yang tanpa membutuhkan sumber listrik namun dapat menghasilkan sinyal sebagai output. Sebagai contoh adalah penggunaannya dalam thermocouple yang mendeteksi perubahan suhu atau panas sehingga menghasilkan suatu tegangan.

Sensor Aktif

Jenis sensor ini untuk dapat beroperasi membutuhkan sumber daya dari luar atau eksternal untuk memperoleh output. Efek eksternal yang diberikan berkaitan pada sifat fisik di jenis sensor ini. Sehingga dalam kata lain sensor ini disebut juga sebagai sensor pembangkit otomatis.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap Mengenai Komponen Elektronik Pasif dan Aktif

Sensor Analog

Jenis sensor ini dapat menghasilkan sinyal output secara berkelanjutan atau terus-menerus. Sinyal yang dihasilkan sesuai dengan pengukuran yang dilakukan. Apabila perubahan yang terjadi hanya sedikit maka nilai output yang dihasilkan kecil dan sebaliknya. Parameter yang dipakai pada sensor analog contohnya adalah suhu, tekanan, tegangan dan gerakan.

Perangkat elektronika yang menggunakan sensor analog yaitu sensor suhu, sensor tekanan, sensor gerakan, sensor kecepatan, sensor cahaya dan akselerometer. Prinsipnya adalah digunakan pada peralatan elektronika yang berhubungan dengan adanya perubahan yang cukup jelas.

Sensor Digital

Sensor digital ini menghasilkan output yang tidak berkelanjutan. Umumnya bagian dari sensor ini berupa pemancar, kabel dan sensor. Sinyal yang dihasilkan berupa nilai digital dan terukur secara tepat. Kabel dipakai sebagai transmisi yang jaraknya jauh. Sinyal yang diterima nantinya akan dikonversikan sebagai bentuk digital pada sensor tanpa menggunakan komponen eksternal.

Jenis-Jenis Sensor Berdasarkan Penggunaan

Jenis sensor ini digolongkan berdasarkan penggunaannya. Sensor akselerometer akan mendeteksi perubahan dari kecepatan, getaran, goncangan, gerakan dan kemiringan. Ada dua jenis akselerometer yaitu berupa analog dan digital. Jenis sensor lainnya adalah sensor cahaya, sensor suara, sensor tekanan, sensor suhu, sensor ultrasonik, sensor giroskop, sensor efek hall, sensor kelembaban dan sensor beban.

Berbagai macam jenis sensor tersebut berkaitan dan tergantung dengan jenis perubahan yang akan diukur. Misalnya sensor cahaya menggunakan perubahan cahaya yang terjadi. Pemakaian sensor ini sangat membantu di dalam segala bidang kehidupan. Misalnya dalam bidang teknologi medis pada pemeriksaan suhu tubuh. Begitu pula teknologi elektronika yang menjadi semakin mudah dengan adanya teknologi sensor ini.

Jenis sensor yang bermacam-macam tersebut akan membantu dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi pada penemuan sensor ini memudahkan dalam pengoperasian peralatan elektronika. Bahkan teknologi sensor semakin berkembang untuk mendeteksi hal yang lebih sensitif lainnya terutama yang berhubungan dengan keselamatan.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis sensor yang dipakai pada perangkat elektronika. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan pesan dan kesannya di kolom komentar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *