jenis tinta printer

8 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya, Ada yang Tidak Luntur Meski Direndam Air!

Diposting pada 357 views

Jenis tinta printer dan fungsinya penting diketahui. Apalagi jika digunakan untuk kepentingan usaha percetakan seperti cetak foto, undangan, kalender, brosur, kartu nama, dan lain sebagainya.

Pemilihan tinta yang tepat, selain membuat hasil cetakan berkualitas juga membuat pelanggan puas. Dengan hal ini, usaha yang kita rintis pun akan cepat berkembang. Jangan sampai, bisnis kamu kalah oleh pesaing hanya karena salah dalam menggunakan tinta.

Meski terlihat spele, nyatanya jenis tinta printer memang sangat menentukan kualitas hasil cetaknya. Pastikan menggunakan jenis yang tepat, sesuai tujuan pencetakan tersebut.

Selain memperhatikan tinta, pastikan kamu juga paham cara merawat printer agar tidak rewel. Selain itu juga, agar umur pakainya bisa lebih lama.

8 Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

jenis tinta printer

Setidaknya terdapat 8 jenis tinta, yang penting untuk diketahui oleh para pengguna printer. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Tinta Dye Base

Jenis tinta pertama yang kita bahas adalah Dye Base. Tinta jenis ini bahan dasarnya adalah air (H2O) yang dicampur dengan bahan pewarna (Colournat). Keduanya dapat menyatu dengan sangat baik, sehingga kecil kemungkinannya mengendap dan menyebabkan printerhead catridge mampet.

Mayoritas para pengguna printer menggunakan tinta jenis ini. Harganya yang ekonomis, adalah alasan utama dibalik penggunannya. Selain itu, hasil cetaknya juga berkualitas, dan mampu menghasilkan warna yang cerah.

Hanya saja, warna yang dihasilkannya kurang tajam dan pekat. Tinta ini juga mudah luntur jika terkena air. Jika hanya digunakan untuk mencetak dokumen di kertas HVS, tentu tinta ini bisa digunakan.

2. Tinta Photo Ultimate Plus UV

tinta anti luntur

Photo Ultimatus adalah salah satu jenis tinta waterproof, atau tinta printer yang tidak luntur kena air. Dibuat menggunakan formula khusus, sehingga memiliki keunggulan tersendiri.

Diantara keunggulan tersebut, adalah warnanya tidak akan pudar saat terkena paparan sinar matahari. Kerennya lagi, warnanya akan tetap tajam sekali pun direndam dalam air selama 72 jam nonstop.

Jenis tinta anti luntur ini, cocok digunakan untuk banyak jenik kertas. Misalnya seperti kertas HVS, kertas foto, kertas buffalo, kertas 3D, dan lain sebagainya.

3. Tinta Pigment / Durabrite

Apa itu tinta pigment? Tak sedikit orang yang penasaran akan jenis tinta ini.

Pada dasarnya, tinta pigment juga merupakan salah satu jenis tinta anti luntur. Kualitas cetak yang dihasilkannya bisa lebih tajam, pekat, dan juga tahan lama. Formula tinta ini sendiri, terdiri dari air, colorant pigment, diluent, dan lainnya.

Hanya saja, jika menggunakan jenis tinta printer ini kamu harus rutin menggunakannya. Sebab jika printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, pewarna tinta dapat mengendap hingga mengering di nozzle head. Akibatnya printerhead catridge printer akan tersumbat.

Tinta pigment cocok digunakan untuk mencetak pas foto, brosur, kalender, dan lain sebagainya.

4. Tinta Sublimation Ink

Jenis tinta anti luntur ini, sering digunakan oleh pengguna infus printer untuk keperluan mentransfer hasil cetakan pada media lain. Dengan memakai tinta ini, printer standar yang kami miliki pun bisa digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti kaos, pin, mug, dan lainnya.

Formula tinta sublim mengandung pewarna, minyak, diluent, dan lainnya. Selain lebih tahan terhadap air, degradasi warna yang dihasilkannya juga lebih kuat.

Hanya saja, saat menggunakannya kendala tersumbat bisa lebih tinggi. Termasuk jika dibandingkan dengan tinta pigment.

5. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Bagi yang masih penasaran dengan apa itu tinta pigment, ini juga adalah salah satu contohnya. Jenis tinta anti luntur ini, selain digunakan oleh percetakan skala kecil, juga biasa digunakan oleh percetakan sekala besar.

Biasanya sering digunakan untuk mencetak pada kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

Kamu juga bisa menggunakan tinta jenis ini, untuk mencetak kertas art paper menggunakan printer Epson desktop biasa.

6. Tinta Printer Solvent

tinta waterdrof

Jika kamu mencari jenis tinta anti luntur terbaik, maka tinta solvent lah jawabanya. Bahan yang digunakannya mengdekati seperti halnya cat duco, ditambah penggunaan bahan yang menyesuaikan tipe printer outdoor.

Jadi jangan heran, jika ketahanannya terhadap sinar mata hari dan juga air sangatlah bagus. Sayangnya, baunya sangat menyengat sehingga hanya digunakan untuk outdoor printing, seperti mencetak spanduk, baner, billboard, neonbox, dan lain sebagainya.

7. Tinta Printer Eco Solvent

Sama seperti tinta solvent, hanya saja ketahananan Eco solvent terhadap sinar matahari sedikit kurang bagus. Meski demikian, baunya yang tidak menyengat dibanding tinta solvent, membuatnya banyak digunakan untuk keperluan indoor printing.

8. Tinta DTG

Seperti namanya, tinta DTG (direct to garment printing) atau tinya textile ini hanya khusus untuk digunakan oleh printer DTG. Menggunakan formula khusus anti buntu, membuatnya menjadi sangat ramah terhadap head printer.

Tinta jenis ini, dapat menyerap dengan sempurna pada kain. Terlebih pada bahan garment seperti kaos, baju, jaket, handuk, kain katun, dan lain sebagainya.

Tinta jenis ini sangat tahan terhadap air. Bahkan telah dilakukan uji coba pada pencetakan media kaos. Dimana setelah dilakukan pencucian sebanyak 100 kali lebih, warna hasil cetakannya tetap cerah, taja, halus, dan tentunya tidak luntur.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis tinta printer. Semoga ulasan ini bermanfaat, dan bisa membuat usaha yang sobat jalankan semakin cepat sukses. Jangan lupa share ya.

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319