9 Kelebihan Mobil Listrik yang Harus Kamu Tahu, Kekurangannya ?

  • Whatsapp
kelebiihan mobil listrik

Kelebihan mobil listrik nampaknya mulai dicari oleh banyak orang. Seperti kita tahu, selain motor, mobil juga adalah salah satu kendaraan yang paling sering digunakan. Selama ini, yang kita ketahui mobil menggunakan bahan bakar minyak agar bisa bergerak. Namun, saat ini dunia teknologi sudah maju dan pada akhirnya terciptalah teknologi mobil listrik yang didapuk sebagai teknologi mobil ramah lingkungan.

Meski mobil listrik ini ramah lingkungan, nyatanya masih sangat jarang diproduksi dan belum beredar secara luas. Mobil canggih ini memang hanya beredar di negara-negara tertentu saja yang tentunya lebih maju. Padahal, selain ramah lingkungan, mobil listrik juga memiliki banyak kelebihan lainnya yang tidak dimiliki oleh mobil berbahan bakar minyak. Nah, kamu penasaran dengan apa saja kelebihan darimobil listrik ini? Yuk simak ulasannya!

9 Kelebihan Mobil Listrik

Baca Juga : 5 Teknologi MotoGP yang Sudah Ada pada Motor Pabrikan

1. Bentuknya Bisa Lebih Mungil

kelebihan mobil listrik

Memiliki mobil berbentuk mungil tentu akan sangat dibutuhkan di jalan raya yang tak jarang sering mengalami kemacetan. Menggunakannya baterai yang fleksibel, membuat bentuk mobil listrik juga bisa lebih mungil.

Contoh mobil listrik yang mungil diantaranya adalah Renault Twizy dan BMW i3s. Selain dapat melaju dalam kondisi macet, hal ini juga akan sangat membantu dalam memasuki berbagai gang sempit.

2. Lebih Hemat Biaya

Hemat biaya adalah salah satu kelebihan mobil listrik. Mobil listrik tentu membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibanding mobil konvensional, salah satunya dalam hal bahan bakar. Seperti kita tahu, daya baterai sebagai penggerak mobil listrik hanya perlu dicharger ketika mulai habis, sementara mobil konvensional harus diisi dengan bahan bakar minyak yang jika dikalkulasikan membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Menurut penelitian yang dilakukan terhadap mobil listrik, diperlukan biaya sekitar Rp. 75.000,- untuk mencapai jarak 120 kilometer. Sedangkan jika menggunakan mobil konvensional, biayanya mencapai dua kali lipat untuk keperluan pembelian bbm nya.

3. Performa Lebih Optimal dengan Teknologi terbaru

mesin mobil listrik

Salah satu kelebihan mobil listrik yang patut diacungi jempol adalah manuvernya yang lebih bertenaga. Kerja torsinya yang lebih singkat menuju roda mobil tak heran jika kecepatannya pun akan terasa lebih cepat. Canggihnya lagi mobil jenis ini juga telah meggunakan salah satu teknologi terbaru, yakni Intelligent Transport System (ITS).

Dengan menggunakan teknologi ITS ini, maka mobil listrik juga menyandang sebagai pemilik sistem keamanan terbaik. Dengan hadirnya teknologi ini, kendaaraan akan otomatis berhenti sebelum menabrak sesuatu. Hal inilah salah satu alasan mobil listrik masuk dalam kategori mobil paling aman.

4. Suaranya Tidak Bising

Kelebihan pertama yang ada pada mobil listrik ini adalah dari segi suaranya yang tidak bising sama sekali. Beda halnya dengan mobil minyak yang menimbulkan kebisingan, terutama mobil yang berbahan bakar solar. Justru lebih bising dari mobil yang biasanya. Tidak adanya suara bising pada mobil listrik ini membuat mobil tersebut dapat memberikan kenyamanan terhadap para penumpangnya.

5. Perawatannya Lebih Simpel

Kelebihan yang kedua terletak pada perawatan mobil listrik yang lebih mudah dan lebih simpel daripada mobil BBM. Sebab, kamu hanya perlu melakukan pengecekan terhadap komponen listriknya. Kamu juga tak perlu repot mengganti oli dan sebagainya. Sebab, mobil canggih yang satu ini memang tak memiliki sistem pembuangan. Dengan perawatan yang lebih simpel ini, maka kamu tak harus mengeluarkan biaya lebih untuk memilikinya.

6. Pengisian Bahan Bakarnya Lebih Fleksibel

kelebihan mobil listrik

Mengisi bahan bakar di pom bensin adalah suatu aktivitas yang menjenuhkan. Terutama jika banyak sekali yang mengantre. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan mobil listrik yang mana untuk mengisi bahan bakarnya justru lebih mudah. Kamu bisa mengisi bahan bakar pada mobil listrik hanya di rumah saja. Caranya cukup dengan menghubungkan mobil listrik dengan alat pengisian energi. Sehingga kamu tak perlu repot lagi mengantre di pom bensin dan semacamnya.

7. Praktis dan Mudah

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa daya penggerak mobil listrik menggunakan baterai yang bisa diisi ulang. Dengan hal ini, selain melalui pos-pos isi ulang, pengguna juga tentu bisa mencharger baterai tersebut menggunakan daya listrik yang ada di rumah. Kamu hanya tinggal menyiapkan charger yang cocok dengan mobil listrik yang dimilikinya. Jadi kepraktisan adalah salah satu kelebihan mobil listrik bukan?

8. Harganya Jauh Lebih Murah

Harga merupakan salah satu masalah utama yang sering menjadi pertimbangan saat akan membeli mobil. Namun, dengan adanya mobil listrik ini kamu tak perlu lagi berpikir panjang soal itu. Di beberapa negara, mobil listrik sudah banyak digunakan oleh masyarakatnya. Hal ini dikarenakan mobilnya jauh lebih efisien dari pada mobil dengan bahan bakar minyak. Jadi, tak perlu ada biaya lebih yang dikeluarkan baik dari segi pembelian atau perawatan.

9. Mobil yang Ramah Lingkungan

kelebihan mobil listrik

Menurut penulis ramah lingkungan adalah salah satu kelebihan mobil listrik yang paling utama. Hal ini sudah tentu pasti. Seperti yang telah dibahas sedari awal. Mobil listrik dengan kelebihan non emisi yang satu ini tidak menimbulkan polusi sehingga kamu tak perlu cemas akan adanya kerusakan lingkungan layaknya yang terjadi di masa kini. Kerusakan lingkungan adalah suatu masalah yang selalu hangat diperbincangkan. Sebab, banyak orang yang mengeluh akan hal ini sehingga banyak yang menciptakan berbagai macam teknologi untuk mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan ini.

Selain beberapa kelebihan mobil listrik yang telah disebutkan di atas, tentu masih ada banyak lagi yang lainnya.

Kekurangan mobil listrik di Indonesia

1. Ada Kendala dalam Proses Isi Ulang Daya

kekurangan mobil listrik

Meski bisa dilakukan di rumah, pŕoses isi ulang daya baterainya tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya perlu waktu minimal 4 jam untuk mengisi daya baterai agar menjadi penuh kembali. Ini berbanding terbalik yang hanya membutuhkan waktu hitungan menit untuk mengisi BBM.

Minimnya fasilitas isi ulang mobil listrik yang tidak sebanyak BBM, tentu akan cukup menyulitkan ketika dayanya menipis di tengah perjalanan. Penggunaan baterai tersebut juga membuat jarak tempuhnya tidak bisa sejauh mobil konvensional. Jarak terjauh yang bisa ditempuh mobil ini adalah 120 kilometer. Tentu ini adalah salah satu kekurangan mobil listrik, yang harus dipertimbangkan bagi kamu yang sering menempuh perjalanan dengan jarak lebih dari itu.

2. Kecepatannya Terbatas

Sekalipun penyaluran tenaganya langsung sehingga torsinya bisa melimpah, namun salah satu kekurangan mobil listrik ini ada pada kecepatannya yang masih terbatas. Kamu pun tidak bisa mengopreknya dengan leluasa seperti halnya pada mobil konvensional, sebab bisa berakibat fatal jika sampai terjadi korsleting hingga kebakaran.

Bagi kamu para pecinta mobil kecepatan tinggi, kekurangan mobil listrik ini tentu akan membuat kamu merasa kurang tepat untuk meminangnya.

3. Ukurannya Kecil

kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Ukuran mobil yang kecil memang akan sangat membantu untuk melewati kemacetan dan berbagai gang kecil. Namun mayoritas masyarakat Indonesia yang menjadikan mobil sebagai mobil keluarga, tentu hal ini akan membuatnya terasa kurang pas.

Jumlah keluarga yang banyak, biasanya akan membuat orang lebih memilih membeli mobil berukuran besar.

4. Tidak Mengeluarkan Suara

Kebisingan memang sangat mengganggu baik pengendara atau pun pengguna jalanan lainnya. Namun tanpa ada suara baik dari mesin atau knalpot, sepertinya akan membuat orang Indonesia merasa kurang nyaman saat menggunakan mobil listrik.

Seperti kita tahu, tak sedikit orang yang memodifikasi suara mobil konvensionalnya agar gahar, baik menggunakan knalpot racing dan lainnya. Selain membuat nyaman, suara mobil juga bisa memberi tahu kehadiran kita kepada para pengguna lainnya, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

5. Bisa Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

kelebihan dan kekurangan mobil listrik

Penggantian onderdil yang bisa lebih mahal, tentu merupakan kekurangan mobil listrik yang juga harus kita pikirkan. Bahkan untuk baterai sebagai sumber tenaganya, juga harus rutin dilakukan pergantian setiap 3 hingga 10 tahun sekali. Tentu saja harga baterai ini akan jauh lebih mahal dari baterai biasa.

Kekurangan mobil listrik yang lainnya juga terletak pada ketersediaannya. Sekalipun sudah mulai banyak yang menginginkannya, namun kita masih cukup kesulitan untuk membelinya. Bahkan produksi mobil listrik di tanah air pun masih sangat sedikit, tak ayal jika kemudian harganya pun bisa lebih mahal dari mobil konvensional.

Mahalnya harga mobil listrik juga salah satunya karena masih ada beberapa negara yang tidak memberikan insentif, dengan menurunkan pajaknya. Padahal mobil ini, adalah salah satu solusi terbaik mengurangi polusi udara yang semakin memprihatinkan.

Kesimpulan

Mobil listrik nan canggih memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dari sekian kekurangan mobil listrik, tetap saja kelebihannya dapat menutupi kekurangan tersebut.

Perlu kerja sama yang baik antara pihak pabrikan, pemerintah, dan masyarakat agar mobil ini bisa digunakan di semua wilayah sehingga bisa mengurangi berbagai polusi yang sangat mengancam kesehatan alam. Selain pemberlakuan pajak yang tidak terlalu besar, pengadaan tempat-tempat pengisian baterai yang cukup banyak, promosi pun tentu merupakan sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa saja kelebihan mobil listrik? Mobil canggih yang didesain ramah lingkungan dengan perawatan yang lebih simpel ini tentu membuat semua orang pasti ingin memilikinya. Kekurangan mobil listrik tentu masih bisa tertutupi dengan kelebihannya. Nah, kamu sendiri kira-kira tertarik untuk memilikinya? Apapun itu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *