Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih ?  Ini Penyebab dan Solusinya!

  • Whatsapp
kenalpot motor mengeluarkan asap

Pernahkah anda mengalami knalpot motor mengeluarkan asap putih ?Jika ia, hal itu menandakan ada masalah di sektor mesin motor anda. Asap putih tersebut ditimbulkan oleh adanya oli yang ikut terbakar di ruang pembakaran.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas knalpot motor mengeluarkan asap putih, khususnya pada tife motor 4 tak. Sepeda motor 4 tak yang kenalpotnya mengeluarkan asap putih, tentu menadakan  adanya sesuatu yang tidak normal.

Hal tersebut terjadi karena motor 4 tak yang hanya membutuhkan udara, bensin,dan percikan api. Sehingga jika ada oli yang masuk kedalam ruangan bakar, maka gas buang yang di hasilkan akan mengandung banyak emisi.

Adapun dampak buruk  yang terjadi cukup signifikan, diantaranya adalah oli motor yang cepat berkurang, sehingga harus selalu dilakukan pengecekan dan mengisi kembali oli mesin. Asap putih yang keluar pada kenalpot sepeda motor 4 tak, juga menandakan keausan terjadi pada liner/ring piston, sehingga dapat menimbulkan kerak berlebih pada sektor pembakaran,  yang dapat berakibat pada berkurangnya tenaga pada sepeda motor anda.

Secara konstruksi, ruang bakar motor 4 tak tertutup,hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, intinya oli mesin ialah molekul nano yang bisa masuk (menyusup) melalui celah meskipun kecil

Beberapa Penyebab Kenalpot Motor 4 Tak Mengeluarkan Asap Putih

Berikut beberapa penyebab kenalpot motor 4 tak mengeluarkan asap putih beserta  cara memperbaikinya :

Ring Piston Aus

Kemungkinan terbesar penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih, adalah karena ring piston yang aus. Ring piston sendiri ada dua macam yaitu ring oli dan ring kompresi.  Keduanya memiliki perannya masing-masing. Ring oli mempunyai tugas untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar, sedangkan ring kompresi mempunyai tugas untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder, agar tekanan kompresi tidak mengalami kebocoran.

knalpot sepeda motor berasap

Bentuk ring kemungkinan sudah tidak bulat lagi, dan memiliki celah sehingga oli dapat dengan mudah masuk dan terbakar.

Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penggantian ring piston,dan cara penggantian nya adalah dengan membongkar mesin/over haul

Liner atau Silinder Aus

Seperti kita tahu, ketika mesin bekerja piston/ring piston dan liner akan bergesekan. Jadi dalam rentang waktu,  keduanya akan mengalami keausan. ketika ini terjadi oli masuk melalui celah tersebut dan terbakar,  sehingga kenalpot mengeluarkan asap putih,

Adapun cara mengatasinya adalah dengan melakukan pembesaran lubang silinder, dengan di ikuti penggantian piston dan ring piston.

Seal Katup/ Seal Klep Mengalami Kebocoran

Pada setiap katup/klep memiliki seal yang mencegah kebocoran oli ke manifold, tapi di karenakan faktor penggunaan,seal tersebut dapat mengalami pengerasan sehingga daya rapat menurun.

Cara mengatasinya adalah melakukan penggantian seal tersebut dengan yang baru. Adapun caranya yaitu denganmembongkar blok head motor anda, Jika anda tidak bisa sebaiknya bawa saja sepeda motor anda ke bengke terdekat untuk ditangani.

Batang Katup/ Klep Bengkok

Batang katup/klep adalah batang besi yang terhubung ke cam, inilah letak tumpuan cam ketika menekan katup/klep. Dalam posisi normal batang ini perlu 100% lurus tanpa kebengkokan sedikitpun. Jika batang tersebut sampai bengkok, maka letaknya tidak center lagi, sedangkan lubang katup/klep telah di set lurus.

Jika batang ini benkok salah satu sisi seal akan tertekan dan sisi lainnya akan longgar, kelonggaran tersebut dapat menjadi celah oli masuk ke manifold dan masuk ke ruang bakar.

Solusi kenalpot motor mengeluarkan asap putih karena masalah ini, adalah mengganti katup/klep beserta seal nya. Sebab jika hanya mengganti katup/klep tanpa mengganti seal, maka masalah yang sama akan timbul kembali hanya dalam hitungan hari,

Klep Terganjal/ Pemasangannya Tiadak Tepat

Seperti kita ketahui, , klep in dan ex memiliki ukuran yang berbeda. Jika pemasangan tersebut tertukar bisa mengakibatkan kebocoran dikarenakan ukuran lubang klep yang berbeda.

Solusinya adalah dengan membongkar blok head dan mengecek apakah pemasangan sudah sesuai.

Oli yang Digunakan Terlalu Encer

Oli yang terlalu encer dapat dengan mudah masuk ke celah-celah kecil pada mesin. Normalnya mesin memberikan data spesifikasi teknis seperti halnya SAE oli yang digunakan.

Masalah tersebut dapat terlihat secara tiba-tiba setelah motor melakukan penggantian oli mesin,cara mengatasinya adalah melakukan penggantian oli dengan data spek yang sesuai rekomendasi.

Itulah beberapa sebab dan cara mengatasi kenalpot motor mengeluarkan asap putih, khusunya pada motor 4 tak. Disarankan untuk senantiasa melakukan service dan pemeliharaan secara berkala, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada sepeda motor anda. Jangan lupa selalu gunakan helm dan patuhi rambu-rambu dalam berkendara, jadikan keselamatan sebagai tujuan utama.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *