Kesalahan Printer 0x10

Cara Mengatasi Kesalahan Printer 0x10 pada Printer Epson, Mudah dan Berhasil!

Diposting pada 1.062 views

Cara mengatasi kesalahan printer 0x10  (kesalahan pemindai 10), pasti akan diperlukan para pengguna printer Epson L565 seperti saya. Hal ini karena masalah ini bisa kapan saja terjadi.

Dengan memahami solusinya, maka ketika masalah tersebut terjadi kita bisa segera mengatasinya sendiri. Seperti kita tahu, ukuran printer ini cukup besar sehingga cukup repot saat harus membawanya ke tempat service menggunakan sepeda motor.

Hal tersebut memang tidak dialami jika kita menggunakan roda empat. Hanya saja, berbagai kendala bisa saja kita temui. Baik dalam perjalanan maupun sampai di lokasi. Misalnya saja karena kemacetan atau harus mengantri pengerjaannya, sehingga printer tidak bisa digunakan dalam waktu lama.

Berbeda jika kita bisa mengtasi sendiri. Selain lebih hemat waktu dan biaya, kita pun bisa cepat menggunakan printer tersebut untuk melanjutkan pekerjaan yang tertunda.

Sejarah Mengalami Kendala Kesalahan Printer 0x10

kesalahan printer 0x10

Saat itu, seperti biasa saya sedang menggunakan printer Epson L565 untuk mencetak undangan, dan mencopy dokumen customer. Tiba-tiba printer tersebut, tidak bisa digunakan dan di LCD keluar pemberi tahuan kode Eror 0xf1. Dan ternyata, ada dokumen yang macet, dan nyangkut miring.

Karena pernah mengalami, solusi mengatasi Epson L565 eror 0xf1 tentu saya tidak bingung. Namun yang terjadi, printer malah terus ngebleng. Padahal saya sudah menarik kertas tersebut pelan-pelan, dan setelah dicek tidak ada benda asing yang mengganggu.

Semua debu telah saya bersihkan dengan membongkar printer seperti biasa. Masalah ini terus berlanjut, dalam waktu cukup lama hingga membuat saya pusing. Saya tetap berusaha berfikir positif, yakin Tuhan sedang memberikan ilmu sehingga bisa lebih mudah berbagi dengan teman2 pembaca duniaelektronik.net.

Akhirnya setelah merasa hampir putus asa, keajaiban itu pun datang. Setelah saya iseng menggerak-gerakan semua roda penarik kertas secara pelan. Masalah eror tersebut pun akhirnya teratasi.

Namun, setelah masalah tersebut teratasi ternyata mucul masalah baru.  Di LCD muncul pemberitahuan “Kesalahan pemindai 10 matikan daya, lalu hidupkan kembali. Jika kesalahan tidak berhasil diperbaiki, Hubungi dukungan Epson.”

Hal ini mengingatkan saya, pada cara mengatasi masalah bantalan printer telah berakhir. Sebab kalimat terakhirnya sama-sama, Hubungi Dukungan Epson. Pengalaman tersebut menguatkan mental saya, yakin bisa mengatasi hal ini.

Setelah dilakukan penanganan, kalimat notifikasi tersebut kemudian berubah. “Kesalahan printer 0x10 . Matikan daya, lalu hidupkan kembali. Untuk informasi rinci lihat dokumentasi.

Penyebab Kesalahan Pemindai 10

kesalahan pemindai 10

Saat notifikasi kesalahan printer 0x10 muncul, awal dihidupkan printer tidak menunjukan kendala sama sekali. Semua terlihat berjalan normal. Namun saat printer hendak menggerakan fungsi scanner, meski lampu menyala ia tidak bisa bergerak seperti biasa. Hingga akhirnya nonifikasi tersebut pun muncul.

Berdasarkan pengalaman sendiri, dan sharing dengan beberapa rekan teknisi. Ada beberapa kemungkinan penyebab kesalahan pemindai 10, atau kesalahan printer 0x10 ini. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kabel penghubung elastis scanner kotor
  • Unit scanner kotor, baik kaca maupun terdapat debu di dalamnya.
  • Pelumas scanner sudah sedikit, sehingga scanner macet
  • Ada kabel yang putus
  • Ada bagian scanner yang konslet

Cara Mengatasi Kesalahan Printer 0x10

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesalahan pemindai 10. Solusi ini, tentu saja menyesuaikan dengan penyebab dari munculnya masalah. Agar lebih jelas, mari kita bahas satu persatu.

Bersihkan Kabel Scanner pada Printer

Informasi ini juga akan sangat bermanfaat, untuk kamu yang ingin tahu cara membongkar scanner Epson L565. Hal ini karena, beberapa solusi memang harus membongkar unit scanner. Namun untuk membersihkan kabel fleksibel putih scanner, yang ada pada unit printer kamu tidak perlu melakukan itu.

Cara Mengatasi Kesalahan Printer 0x10 pada Printer Epson, Mudah dan Berhasil!

Pertama kamu angkat ke atas scanner printer tersebut. Perhatikan gambar di atas. Lepaskan cashing printer yang saya pegang tersebut. Caranya tinggal tarik saja menyesuaikan posisinya.

kesalahan pemindai 10

Setelah terbuka, perhatikan kabel putih yang ujungnya berwarna biru tersebut. Silahkan lepaskan kabel tersebut dari dudukannya, dengan cara menariknya secara perlahan.

kesalahan pemindai 10

Ubah posisi kabel tersebut, di sisi satunya terdapat terminal seperti gambar di atas. Silahkan bersihkan terminal tersebut menggunakan penghapus. Kotoran yang membandel dapat membuat fungsi scanner terganggu.

Setelah dibersihkan, pasang kembali kabel fleksibel tersebut seperti sedia kala. Silahkan nyalakan printer. Biasanya printer akan kembali normal setelahnya.

Bersihkan Kabel di Unit Scanner

Jika solusi di atas belum juga membuahkan hasil, kemungkinan yang kotor bukan hanya kabel fleksibel yang ada di unit printer. Namun yang ada di unit scanner. Inilah saatnya kamu mempraktekan cara membongkar scanner Epson L565.

kesalahan pemindai 10

Cara membongkar scanner epson L565 pertama yang harus kamu ingat adalah melepaskan kabel fleksibel yang tadi kamu bersihkan. Lepaskan pula satu kabel putih kecil yang ada di sampingnya dari dudukannya. Setelah itu, lepaskan semua baud yang ada pada scanner. Baik yang menghubungkan dengan unit printer maupun unit scanner itu sendiri.

Agar lebih mudah setelah scanner terlepas dari dudukan printer, untuk melepaskan baudnya sebaiknya letakan di lantai seperti gambar di atas. Selanjutnya silahkan semua baudnya.

kesalahan pemindai 10

Setelah semua baud terlepas, cara membongkar scanner epson L565 tentu saja dengan melepas cashing penutupnya. Kamu bisa menariknya secara perlahan dengan posisi duduk, saya perlihatkan gambar miring hanya sebagai gambaran posisi untuk menariknya.

cara membongkar scanner epson l565

Setelah unit printer terbuka, seperti biasa lepaskan kabel fleksibel yang ujungnya berwarna biru kemudian bersihkan menggunakan penghapus. Jangan lupa bersihkan dengan tisu area skitar scannernya, baik kaca maupun dudukannya.

Setelah itu pasang kembali scanner seperti sebelumnya, lalu nyalakan printer. Masalah kesalahan printer 0x10 akan teratasi.

Berikan Pelumas

Ada kalanya, kesalahan pemindai 10 juga dikarenakan area kerja untuk berjalan scanner sudah tidak licin lagi sehingga tersendat. Jika kamu melihat jalan tersebut terlihat kering, sebaiknya sebelum dipasang, lumasi terlebih dahulu dengan pelumas gear.

Dengan hal ini, maka printer dapat bekerja tanpa hambatan. Kamu pun tidak perlu repot lagi menggunakan cara membongkar scanner Epson L565 secara berulang-ulang.

Ganti Kabel yang Putus

Cek dengan teliti ketika scanner telah terbongkar. Perhatikan dengan seksama barangkali ada kabel yang terputus. Jika ada maka kabel tersebut harus dipasang kembali. Hal ini tentu sangat menarik, terutama bagi kamu yang sedang berlatih menjadi teknisi elektronik handal.

Cara Mengatasi  Kesalahan Printer 0x10 dengan Membawa ke Tempat Servis

Jika berbagai cara di atas telah kamu lakukan, namun LCD printer belum juga menunjukan kenormalannya. Kemungkinanan ada komponen scanner yang konslet maupun rusak. Sebaiknya bawa saja printer kamu ke service center Epson terdekat, sehingga bisa segera ditangani dengan tepat.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang sedang mengalami kesalahan printer 0x10, atau kesalahan pemindai 10. Jika ada kendala atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar!

Gambar Gravatar
Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319