11 Keunggulan Tablet Dibandingkan Smartphone dan Laptop yang Harus Kamu Ketahui

  • Whatsapp
keunggulan tablet dibanding laptop

Setidaknya ada 11 keunggulan tablet dibandingkan smartphone maupun laptop. Dengan mengetahuinya keputuasn kamu membeli tablet dalam waktu dekat tentu akan semakin mantap.

Seperti kita tahu, gadget adalah suatu perangkat yang memudahkan kita dalam aktivitas sehari-hari. Salah satu perangkat yang paling sering digunakan adalah smartphone atau ponsel pintar. Namun, selain smartphone, ada juga gadget lainnya yang tak luput dari perhatian yakni bernama Tablet.

Tablet sendiri fungsinya hampir serupa dengan smartphone. Tapi pastinya ada kelebihan atau keunggulan lain yang dimiliki oleh perangkat satu ini dibandingkan dengan smartphone. Keduanya memiliki kegunaan masing-masing. Apabila kamu penasaran dengan apa saja kelebihan dari Tablet, maka simak ulasannya berikut ini!

Cara Memilih Tablet Berkualitas

cara memilih tablet berkualitas

Sebelum membahas kelebihan tablet, ada baiknya pahami terlebih dahulu cara memilih tablet berkualitas. Tentu ini sangat penting, sebab dengannya akan sangat menentukan kenyamanan dalam kamu menggunakan nantinya.

Memilih Merk Terbaik

Merk sangat menentukan kualitas suatu produk, meski sedikit lebih mahal merk yang sudah diakui kualitasnya tentu akan membuatmu puas. Selain awet dan tangguh, kamu pun akan sangat nyaman dalam menggunakannya. Tidak sedikit tablet dengan merk yang kurang jelas kualitasnya, ketika digunakan beberapa bulan saja rentan untuk rusak.

Rekomendasi Kami : 10 Merk Kulkas Terbaik dengan Kualitas Kelas Dunia, Ada di Indonesia!

Memiliki Desain yang Bagus

Selain merk, cara memilih tablet berkualitas juga harus kamu lihat dari desainnya. Bukan hanya indah dipandang, desain tablet juga harus nyaman saat digunakan dan mudah dibawa kemana pun. Hal ini tentu akan semakin mudah mana kala tablet yang kamu miliki juga memiliki body yang tipis, sehingga dapat dimasukan ke dalam tas dengan mudah dan tidak memakan banyak ruang.

Perhatikan Kualitas Layar

Salah satu kelebihan tablet yang paling menonjol adalah pada layarnya. Selain memiliki ukuran layar yang luas, kamu juga harus memastikan layar tersebut memiliki resolusi yang tinggi, responsif saat disentuh, dan telah dilengkapi dengan teknologi canggih.

Pastikan Memiliki Spesifikasi yang Unggul

cara memilih tablet yang berkualitas

Agar kenyaman dan kebutuhan kamu semakin terpenuhi, pastikan tablet yang kamu beli memiliki spesifikasi yang tangguh. Selain sistem operasi terbaru dan CPU yang digunakan, kamu juga harus memilih tablet dengan RAM dan memori internal berkapasitas tinggi, ini tentu sangat penting agar gadget tersebut senantiasa bekerja optimal dalam aktifitas apapun.

Pastikan Membeli Produk Bergaransi

Cara memilih tablet terakhir yang harus kamu perhatikan adalah dari segi garansi yang dimilikinya. Garansi produk adalah sebuah jaminan bahwa kamu membeli produk berkualitas. Dengan membeli produk bergaransi artinya pihak produsen menjamin jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada produknya. Kamu tentu tidak mau dirugikan akibat adanya sedikit saja kesalahan dalam proses produksinya bukan?

Melalui garansi resmi, sebagai konsumen kamu berarti benar-benar terlindungi. Sebab dengannya jika tablet yang baru dibeli rusak, selain dapat diperbaiki secara gratis ada juga jaminan bisa diganti yang baru.

11 Keunggulan Tablet yang Harus Kamu Tahu

Setelah membahas cara memilih tablet berkualitas, tibalah saatnya kita membahas kelebihannya. Setidaknya ada kelebihan tablet dibanding laptop maupun smartphone, yaitu sebagai berikut :

1. Baterainya Lebih Awet

Keunggulan Tablet yang pertama adalah dari segi baterainya yang ternyata lebih awet dibanding smartphone. Karena ukurannya yang besar itulah, maka tak heran jika Tablet memiliki kapasitas baterai yang bisa dibilang lebih besar juga. Maka dari itu, tak heran jika daya tahannya pun lebih lama.

2. Layarnya Lebih Besar

keunggulan tablet dibanding laptop

Memang jika dibandingkan dengan smartphone, layar yang dimiliki oleh Tablet tentunya lebih besar. Ini memungkinkan kamu melakukan banyak hal seperti untuk bekerja, menggambar hingga bermain game dengan leluasa. Karena layar yang besar itu, kamu akan lebih nyaman dalam melihat dan menyentuhnya. Terutama jika objek di dalam layar tersebut sangatlah kecil.

Baca Juga : Cara Streaming Video dengan Sangat Lancar Menggunakan Tablet

3. Performanya Lebih Baik

Tujuan dari diciptakannya Tablet memang supaya mempermudah dalam pekerjaan sehari-hari dan sebagai pengganti dari laptop ataupun PC. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Tablet. Sebab, laptop kadang kala lebih susah dibawa karena bobotnya yang tak bisa dibilang ringan. Sedangkan menggunakan smartphone justru terlalu kecil dan beberapa tugas tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Para produsen Tablet melengkapi perangkat mereka dengan aneka hardware yang mumpuni supaya pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Juga supaya penggunanya bisa menyelesaikan tugas mereka dengan maksimal tanpa kerepotan sama sekali.

4. Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Keunggulan Tablet yang selanjutnya adalah tidak bisa cepat panas ketika digunakan. Hal ini cukup wajar, mengingat Tablet tidak seperti smartphone yang tidak hanya digunakan untuk satu fitur saja. Ketika bermain game, smartphone juga bertugas mencari sinyal dan juga menghidupkan aplikasi-aplikasi lain.

Sehingga akan menyebabkannya cepat terasa panas. Namun, pada tablet justru tidak demikian. Kamu tetap bisa bermain dengan nyaman tanpa harus khawatir Tablet tersebut cepat panas. Sebab, kamu bisa memfokuskannya hanya untuk bermain game saja tanpa perlu mencari sinyal dan semacamnya.

5. Tidak Terganggu Banyak Notifikasi

kelebihan tablet dibanding smartphone

Terakhir, keunggulan Tablet adalah kamu tak akan terganggu dengan adanya notifikasi yang kerap berbunyi. Di perangkat ini, kamu bisa me-nonaktifkan fitur chat, telepon ataupun sms sehingga notifikasi-notifikasi tersebut tidak akan mengganggumu. Tidak seperti pada smartphone, berbagai fitur chat tersebut sebenarnya tak terlalu wajib untuk diaktifkan. Sehingga fokus Tablet milikmu hanya terletak pada kesibukan untuk bermain game, atau menggambar dan semacamnya.

Tablet digunakan karena lebih praktis daripada laptop dan juga smartphone. Kamu bebas dalam memilih perangkat manapun yang kamu inginkan. Antara Tablet dan smartphone juga memiliki harga yang tak jauh berbeda. Saat ini Tablet pun telah dipasangi dengan berbagai teknologi dan fitur-fitur yang lebih canggih dari sebelumnya.

6. Jarang Mengalami Crash

Tentu kamu pernah mengalami membuka aplikasi atau program yang tiba-tiba mati sendiri bukan? itu artinya perangkat kamu mengalami crash. Nah kelebihan tablet salah satunya jarang mengalami crash. Sekali pun ada aplikasi yang mengalaminya, kamu hanya tinggal meresetnya sebagai solusi.

7. Dapat Menggantikan Fungsi Laptop

keunggulan tablet dibanding laptop

Saat ini tentu tidak sedikit orang yang menggunakan laptop versi lama, apakah kamu termasuk salah satunya? Dengan hadirnya tablet yang telah dilengkapi berbagai aplikasi modern,  tidak sedikit para pengguna yang mempertimbangkan untuk menggantikan fungsi laptopnya dengan tablet.

Baca Juga : 11 Aplikasi Termahal di Playstore Ini Akan Membuatmu Geleng-Geleng Kepala

8. Nyaman Digunakan Presentasi

Selain nyaman untuk nonton, bermain game dan lainnya, layarnya yang luas sangat memungkinkan kamu untuk melakukan presentasi dimana pun dan kapanpun. Misalnya saja kamu yang bekerja sebagai sales kendaraan, rumah dan lainnya, dengan membawa tablet maka kamu bisa mempresentasikannya kepada calon customer dengan sangat baik.

Selain tampil keren dan profesional, tablet juga akan semakin membuat presentasimu meyakinkan sehingga lebih mudah menarik minat banyak customer baru.

9. Tempat Menyimpan Banyak eBook

kelebihan tablet dibanding smartphone

Kelebihan tablet dibanding laptop lainnya, kamu bisa menyimpan banyak ebook dan membukanya dimanapun dan kapanpun, tentu ini sangat cocok bagi kamu para pelajar dan mahasiswa, atau siapapun yang sangat hobi membaca dan belajar.

Selain simpel dan dapat diakses dengan mudah, tablet yang tampilannya seperti buku memang biasanya telah dilengkapi e-reader, sehingga memang sangat cocok untuk membaca. Kualitas layarnya yang lebih tinggi, membuat pengalaman membaca semakin menarik dan nyaman.

10. Cocok Sebagai Sarana Pendidikan di Sekolah

Saat ini pengenalan pembelajaran digital mulai digalangkan pemerintah. Memperkenalkan anakpada dunia digital seperti internet dan lainnya, memang perlu diajarkan sejak dini sehingga anak didik siap untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang.

Dengan menggunakan tablet, pihak sekolah tidak harus memikirkan rangkaian kabel jaringan, CPU dan lainnya. Guru juga bisa bergantian membawanya untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Inilah salah satu kelebihan tablet yang memang keberadaannya semakin diperhitungkan di dunia pendidikan.

11. Dapat Dijadikan Media Mengasuh Anak

kelebihan tablet dibanding smartphone

Keberadaan tablet memang sangat membantu dalam mengasuh anak, dan menjadikannya sebagai media pembelajaran bagi anak. Dalam mengasuh anak, ketika sedang repot kamu bisa memberikan tontonan yang menarik untuk anak, maupun bermain game yang mendidik.

Namun selain menjaga anak agar tidak kecanduan gadget sehingga mengganggu kesehatannya, kamu juga harus memastikan game dan video yang diakses anak memang cocok untuk seusianya. Selain menonton film kartun yang mendidik, kamu juga bisa memutarkan untuk mereka berbagai video pembelajaran, misalnya saja belajar huruf hijaiyah, surat-surat pendek, dan juga doa sehari-hari.

Penutup

Jadi, itulah keunggulan Tablet dibanding smartphone dan laptop. Namun, kamu tak wajib memiliki perangkat yang satu ini. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Apabila memang benar-benar dibutuhkan, maka kamu bisa membelinya. Namun, jika sudah membeli perangkat yang satu ini, jangan lupa untuk merawatnya agar tidak rusak layaknya benda elektronik yang lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *