3 Komponen CVT yang Sangat Penting untuk Dipahami

  • Whatsapp
komponen cvt

Komponen CVT – Kalian mengetahui bukan bahwa dalam satu barang elektronik yang ada di rumah kalian ada begitu banyak komponen yang melengkapinya? Tentu saja, kehilangan satu komponen saja maka alat elektronik yang terdapat di rumah kalian tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dikarenakan alat elektronik merupakan susunan dari sebuah sistem yang utuh.

Komponen yang mendukung kelangsungan alat elektronik kalian ini dikenal dengan nama komponen elektronika oleh masyarakat dan para ahli. Dalam komponen ini ada begitu banyak jenis dan bagian lagi. Secara garis besar, komponen elektronika dibagi menjadi dua bagian yaitu komponen elektronik aktif dan pasif seperti yang telah kalian ketahui.

Pada artikel ini kami akan membahas salah satu komponen yang ada pada motor kalian. Yup, alat dan komponen yang biasanya terletak pada sepeda motor ini kalian kenal dengan nama komponen cvt atau komponen yang memiliki akronim continious variable transmission ini berhasil membuat kalian mengenal adanya sepeda motor matic dan manual.

Namun, kami ingin setelah kalian membaca artikel ini kalian telah mengetahui secara lebih dalam tentang apa saja komponen yang termasuk dalam bagian continuous variable transmission ini. Akan tetapi, sebelum mengetahui hal tersebut kalian harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari alat ini. Alat ini merupakan alat yang memiliki sistem perpindahan yang berbanding lurus dengan kecepatan mesin.

Komponen cvt pertama yang harus kalian ketahui merupakan fixed primary sheeve. Kami beri stnading applause untuk kalian yang menebak bahwa alat ini berfungsi untuk tempat v-belt melilit pulley yang ada pada sepeda motor matic kalian.

Lalu, apa hanya komponen ini yang ada pada seeda motor kalian? Tentu saja, jawabannya adalah tidak. Hal ini disebabkan masih ada banyak komponen yang akan kami jelaskan kepada kalian. Oleh karena itu, kalian harus tetap menggulir turun layar ponsel kalian untuk mengetahui hal tersebut secara lebih dalam. So, scroll to know it’s better!

Bagian-Bagian Komponen CVT

Sliding primary sheeve

Bila sebelumnya kalian telah mengetahui fungsi dari fixed primary sheeve maka kini saatnya kalian untuk mengetahui bagian primary sheeve yang selanjutnya.

Tepat sekali, bagian selanjutnya adalah sliding primary sheeve. Bagian ini memiliki fungsi untuk memperbesar atau memperkecil diameter yang ada pada pulley primer. Saat kedua bagian ini mendekat maka yang akan terjadi adalah v-belt kalian akan membengkok dan membesar.

Primary shaft

Kalian perlu mengetahui bahwa primary shaft ternyata merupakan bagian dari komponen cvt. Alat yang dikenal oleh para ahli dan kalian yang sedang membaca artikel ini dengan nama primary shaft ini memiliki fungsi untuk menghubungkan putaran crankshaft dari mesin ke pulley utama pada sepeda motor kalian.

Benar sekali, primary shaft ini merupakan komponen atau poros utama pada sepeda motor. Hal ini menyebabkan komponen yang satu ini merupakan bagian yang sangat penting.

V belt

Apa itu v belt dalam komponen continous variable transmission ini? Yup, sesuai dengan etimologinya v belt merupakan sabuk yang terbuat dari karet dengan serat baja yang bertugas menghubungkan pulley primer ke pulley sekunder pada sepeda motor kalian yang memiliki sistem matic ya, guys!

Nah, kini kalian telah mengetahui beberapa komponen cvt yang ada pada sepeda motor kalian. Sekarang saatnya, kalian membaca kembali dan memahami lebih baik tentang ketiga jenis komponen tersebut ya, guys! Selamat membaca, ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *