7 Komponen Drone dan Prinsip Kerjanya yang Menarik untuk Diketahui

  • Whatsapp
Komponen drone

Komponen Drone dan Prinsip Kerja Drone – Di zaman yang serba canggih saat ini, siapa yang tidak tahu dengan yang namanya drone? Ya, sebagian besar orang tentu sudah pernah melihat bagaimana bentuk dari drone. Baik itu melihat secara langsung maupun dari layar kaca.

Drone merupakan sebutan singkat dari benda yang dalam Bahasa Indonesia disebut juga dengan “kendaraan terbang tanpa awak”.
Meskipun begitu, benda canggih yang satu ini lebih akrab dengan sebutan drone saja.

Namun, meskipun sudah sering mendengar istilah drone atau melihat drone, apakah kamu tahu bagaimana drone bisa berfungsi sedemikian rupa? Apa saja hal-hal yang menjadi komponen utamanya? Langsung saja, tanpa basa basi lagi, kami akan menjelaskan materi ini untuk kamu.

Jenis-Jenis Drone

Secara umum, terdapat dua jenis dalam komponen drone, yakni multi-motor dan fixed wing. Fixed wing drone bergerak dengan prinsip-prinsip yang tidak berbeda dengan pesawat terbang. Motornya ditempatkan secara horinzontal. Hal ini menyebabkan baling-balingnya mampu memengaruhi badan drone untuk bergerak secara horizontal pula.

Multi-motor bergerak dengan prinsip-prinsip yang tidak jauh berbeda dengan helikopter. Motornya ditempatkan secara vertikal sehingga daya angkat dapat tercipta dari baling-balingnya dengan vertikal pula.

Nah, multi-motor drone inilah yang akan menjadi pembahasan utama dari artikel ini.

Komponen Drone 4-Motor

Dalam tulisan ini akan lebih fokus dengan pembahasan komponen penting drone, 4-motor. Komponen utama yang dibutuhkan oleh sebuah drone 4-motor yakni sebagai berikut:

Kerangka

Sebuah drone membutuhkan kerangka atau frame untuk melindungi bagian dalam dari drone. Umumnya, menyerupai tanda “+” atau huruf X.

Keempat motor tersetel pada setiap ujung kerangka tersebut. sementara, ukuran drone multi-rotor ditetapkan dari panjangnya diagonal kerangka dalam satuan millimeter.

Komponen drone 4-motor ini mempunyai diagonal yang panjangnya mencapai 450mm, 330mm 250 mm ataupun lebih kecil daripada itu.

Maka tidak heran jika drone 4-motor sering menggunakan atribut 450 maupun 330 drone. Hal ini karena drone 4-motor mempunyai kerangka 450mm atau 330mm.

Motor dan Baling-Baling

Baling-baling dan motor merupakan alat penggerak yang memegang peranan vital bagi terbangnya sebuah drone di udara.

Pada 2 motor utama berfungsi sebagai penggerak baling-baling yang searah dengan jarum jam. Sedangkan 2 motor lainnya bergerak secara berlawanan arah dengan jarum jam. Hal ini karena poros tempat baling-baling dan motor terpasang akan bergerak sesuai dengan prinsip momen torsi dalam hukum fisika.

Pengendali Utama

Pengendali utama, atau yang dalam bahasa Inggris disebut juga dengan flight controller merupakan sebuah komputer mini yang digunakan sebagai pengendali utama komponen drone.

Alat ini bertugas untuk mengumpulkan serta mengatur informasi tentang kecepatan, ketinggian, kemiringan, arah dan lain sebagainya.

Sebuah pengendali utama yang ideal akan dapat mengumpulkan informasi sebanyak mungkin melalui berbagai macam alat sensor yang terpasang maupun yang terhubung dengannya. Selain itu, pengendali utama juga memperoleh informasi dari penerima radio controller.

Radio Controller, Transmitter dan Receiver

Radio controller merupakan alat pengendali jarak jauh yang menggunakan frekuensi radio guna mengendalikan drone 4-motor. Komponen drone yang satu ini membutuhkan alat pemancar (transmitter) dan penerima (receiver).

Pemancar akan dikendalikan oleh orang yang mengendalikan drone. Sementara penerima dipasang di dalam drone dan akan terhubunng secara langsung dengan flight controller.

Baterai Lipo

Bukan drone namanya jika tidak menggunakan baterai. Umumnya, drone memakai baterai Lithium-ion Polymer atau yang sering disebut juga dengan Lipo.

Di dunia radio controller, baterai lipo amat sangat populer, bahkan untuk drone 5 tahun terakhir. Baterai yang satu ini rata-rata memiliki daya sebesar 3,7 volt. Selain itu, baterai tersebut juga mempunyai kemampuan mengalirkan arus dalam satu waktu yang berbeda-beda.

Itulah pembahasan singkat mengenai prinsip kerja dan komponen drone.  Bagi yang ingin memilikinya selain di toko mainan terbaik, drone biasanya juga ada di toko gadget. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *