Komponen Master Silinder Rem dan Fungsinya yang Penting untuk Diketahui

  • Whatsapp
komponen master silinder rem

Komponen Master Silinder Rem –  Kalian yang membaca artikel ini pasti mempunyai kendaraan minimal satu, bukan? Kami yakin sebagian besar dari kalian pasti mempunyai hal tersebut.

Hal ini disebabkan transportasi baik yang beroda dua hingga beroda empat telah sangat membantu kalian menjalani hari kalian.Transportasi tersebut mempersingkat jarak yang ada untuk kalian.

Namun, pernahkah kalian mengetahui bahwa ada banyak sekali komponen yang membantu terjadinya hal tersebut? Pernahkah kalian mengetahui bahwa satu alat saja yang ada pada kendaraan kalian memerlukan begitu banyak komponen agar alat tersebut dapat dijalankan sesuai dengan fungsinya? Kami yakin hal tersebut hanya diketahui oleh beberapa orang yang memang ahli dalam bidang ini.

Mengetahui sesuatu baru tidak pernah menjadi sesuatu yang tidak dibenarkan dan salah untuk dilakukan, bukan? Oleh karena itu, artikel yang satu ini akan membantu kalian untuk mengetahui komponen master silinder rem yang terletak pada rem kalian ya, guys! Komponen yang satu ini memiliki peran yang besar untuk sepeda motor serta mobil kalian.

Hal ini dikarenakan sesuai dengan nama komponen ini, komponen yang satu ini bertugas untuk untuk mengubah tekanan atau gaya kalian saat menekan pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Tekanan ini akan menaikkan tekanan hidrolik yang digunakan untuk menekan piston pada kaliper rem pada setiap roda yang ada pada kendaraan kalian.

Komponen master silinder rem melakukan hal ini dengan mengatur minyak rem saat kalian menginjak pedal rem. Minyak rem akan dialirkan sesuai dengan tekanan yang kalian berikan. Semakin besar tekanan yang kalian berikan semakin cepat mobil atau sepeda motor kalian berhenti.

Namun, kalian perlu mengetahui bahwa dalam komponen tersebut ada beberapa bagian yang harus kalian ketahui. Untuk mengetahui bagian tersebut mari bersama kami lakukan pengguliran layar ponsel kalian bersama, guys!

Bagian-Bagian Dalam Komponen Master Silinder Rem

Berikut dijelaskan beberapa komponen dari silnder rem atau master cylinder.

Diaphragm

Diaphragm menjadi bagian pertama komponen master silinder rem yang akan kalian ketahui melalui rangkaian kalimat di bawah ini. Hal pertama yang harus kalian ketahui dari komponen ini adalah fungsi dari komponen yang satu ini.

Untuk kalian yang menduga bahwa komponen ini berfungsi untuk melindungi minyak rem dari udara yang ada di luar secara langsung maka kami berikan nilai seratus untuk kalian. Hal ini dikarenakan memang itulah fungsi dari komponen yang dikenal dengan diaphragm ini.

Level Sensor

Selanjutnya, kalian akan membaca tentang komponen level sensor yang merupakan bagian dari komponen rem ini. Level sensor merupakan komponen yang berfungsi sebagai peringatan untuk kalian yang memiliki peran sebagai pengemudi saat itu.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan komponen yang satu ini akan menjadi penanda kepada kalian yang berperan sebagai pengemudi bahwa minyak rem akan segera habis. Oleh karena itu, jangan abaikan peringatan dari komponen level sensor ini.

Reservoir tank

Komponen master silinder rem yang akan kami ulas untuk kalian adalah reservoir tank. Komponen yang satu ini dapat kalian beri nama dengan kotak cadangan. Kami menyarankan nama tersebut karena komponen ini berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan pada kendaraan kalian. Yup, komponen ini digunakan bila terjadi hal yang tidak terduga saja ya, guys!

Jangan lupa baca juga pembahasan mengenai komponen rem cakram dan juga komponen rem tromol yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Dengan mengetahui hal-hal di atas bukan berarti kalian telah menjadi ahli dalam pengetahuan tentang komponen master silinder rem. Hal ini dikarenakan kalian hanya mengetahui sedikit dari sekian banyak komponen yang ada. Tetapi tetap saja kalian telah maju selangkah ke arah yang lebih baik ya, guys!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *