7 Komponen Rem Cakram Yang Wajib Untuk Diketahui Pemula

  • Whatsapp
komponen rem cakram

Beberapa komponen rem cakram yang wajib untuk diketahui pemula! Pada kendaraan baik sepeda motor maupun mobil, rem akan selalu ada dan digunakan untuk menahan laju kendaraan. Sistem rem memanfaatkan gaya gerak pada roda yang akan berubah menjadi energi panas nantinya sehingga ditimbulkan dari gesekan antar material komponen tersebut.

Untuk bisa merawat maupun memperbaiki rem cakram dengan baik, maka Anda harus memahami terlebih dulu berbagai komponen yang dimilikinya.

7 Komponen Rem Cakram yang Mudah Dipahami

Berikut ini merupakan beberapa komponen rem cakram yang bisa Anda ketahui dimana semua komponen tersebut sangat penting dan wajib diketahui oleh para pemula.

1. Disc Atau Piringan

Disc memiliki bentuk bulat layaknya sebuah piringan yang befungsi untuk melakukan gesekan dan selalu berhubungan dengan roda kendaraan. Dengan kata lain, ketika roda kendaraan berputar maka secara otomatis disc juga mengalami gesekan dan berputar mengikuti gerak roda tersebut.

Komponen rem cakram disc ini terbagi menjadi dua, yaitu solid disc yang digunakan pada kendaraan roda empat, dan ventilated disc yang digunakan pada kendaraan roda dua serta memiliki ruang ventilasi lebih banyak daripada disc lainnya.

2. Brake Caliper

Brake caliper memiliki fungsi tekanan seperti master silinder yang ada pada sebuah rem tromol. Brake caliper juga terbagi menjadi dua, yaitu fixed caliper dan floating caliper yang akan berguna dalam sistem komponen rem ini.

3. Piston

Komponen rem cakram ini berfungsi sebagai penekan pada kampas rem dengan merata. PistonPiston memiliki bentuk seperti tabung dan berbeda dengan piston-piston yang digunakan pada sebuah mesin.

4. Piston Seal

Seperti namanya, piston ini memiliki bahan seperti karet namun tidak seperti karet pada umumnya. Karet yang digunakan merupakan sebuah karet khusus yang berfungsi sebagai pencegahan agar tidak terjadi kebocoran dan mencegah adanya debu masuk yang akan merusak sistem kerja pada rem.

5. Niple Bleed

Komponen rem cakram ini sering juga disebut bleed point yang memiliki fungsi sebagai komponen yang membuang kandungan udara pada sistem hidraulik dalam rem. Jika terdapat udara dalam rem, maka sistem pengereman tidak akan berjalan dengan maksimal dan membuat hal ini tidak bagus karena akan membuat rem menjadi blong sehingga sangat beresiko bagi para pengendara kendaraan tersebut.

6. Brake Pad

Komponen ini merupakan salah satu media gesek yang sudah disinggung sebelumnya. Brake pade sering disebut sebagai kampas rem yang mana dibuat dengan menggunakan bahan-bahan organik, keramik serta metal agar bisa menahan setiap gesekan dengan baik tanpa ada yang rusak ketika proses kerja sedang berlangsung.

7. Caliper Bracket

Dan komponen rem cakram yang terakhir adalah caliper bracket yang berfungsi sebagai pemegang dimana rem tidak akan bergerak sama sekali. Fungsi caliper bracket pada kendaraan beroda empat dan beroda dua akan berbeda karena setiap komponen juga memiliki beberapa perbedaan, namun intinya tetap sama yaitu sebagai penahan agar rem bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan prinsip kerja rem.

Melihat beberapa penjelasan dari sistem rem cakram, maka Anda bisa mengetahui bahwa rem cakram memiliki beberapa kelebihan seperti digunakan lebih mudah, responsif serta ketika akan merawatnya pun lebih simpel untuk seorang pemula sekalipun.

Demikian informasi lengkap mengenai komponen rem cakram yang bisa Anda ketahui dan dipelajari dengan baik agar tidak perlu melakukan perawatan melalui bengkel saja. Anda bisa melakukan perawatan sendiri dari rumah dengan baik dan membuat biaya perawatan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *