7 Komponen Sepeda Listrik yang Penting untuk Diketahui

  • Whatsapp
Komponen sepeda listrik

Komponen Sepeda Listrik merupakan informasi menarik agar kamu bisa semakin memahami jika ada sedikit kendala pada sepeda tersebut. Hal ini juga bermanfaat jika kamu ingin merangkai sepeda listrik sendiri.

Seperti kita tahu, saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan sepeda listrik sebagai kendaraan pribadinya. Sepeda jenis ini memang sangat membantu aktivitas manusia. penggunanya bukan hanya anak-anak, melainkan juga digunakan oleh orang dewasa. Intinya, sepeda berjenis ini dapat dipakai oleh siapa saja.

Selain bermanfaat untuk menunjang kegiatan sepeda listrik juga bermanfaat untuk alam, yaitu untuk mengurangi polusi udara karena kendaraan. Sehingga tepat sekali jika selain sepeda listrik ada juga mobil listrik yang penggunanya juga semakin banyak pula.

7 Komponen Sepeda Listrik

Komponen sepeda listrik

Berbicara mengenai sepeda listrik tidak lengkap rasanya jika tidak membahas setiap komponen yang ada di dalamnya. Lantas, apa saja komponen sepeda listrik? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Motor Penggerak

Komponen sepeda listrik yang pertama bernama motor penggerak. Motor penggerak juga lebih sering disebut dengan nama dinamo. Komponen ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan gerakan putaran yang dapat mendorong sepeda.

Umumnya, terdapat 2 jenis dinamo, yakni brushed DC dan BLDC.

2. Controller

Kontroler yang ada pada sepeda listrik tidak serumit yang ada pada sepeda motor. Kontroler sepeda listrik terbagi menjadi beberapa macam.

Controller standar mempunyai fitur yang sederhana dan tidak mempunyai fitur lengkap. Lalu, untuk controller LED/LCD ialah kontroler yang didukung dengan panel display yang mempunyai fitur variatif.

Sedangkan controller full fitur ialah kontroler yang mempunyai banyak fitur untuk mengontrol gerak sepeda.

Fitur tambahan dalam komponen sepeda listrik ini yaitu auto kalibrasi arah putaran, support pedal assist sensor, brake switch, regen fitur, 3 speed shifting, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

3. Handle Gas

Handle gas mempunyai 2 jenis variasi pada sepeda listrik. Terdapat 2 model, yaitu handle gas tarik serta model thumb throttle. Handle gas tarik ialah handle gas yang berbentuk grip penuh yang sangat mirip dengan handle gas milik sepeda motor.

Sedangkan thumb trotle ialah gas yang model tombolnya memakai dorongan jempol tangan. Pada beberapa fitur lain, ada LED lampu indicator baterai yang menjadi pelengkap dari handle gas. Fitur tersebut berfungsi sebagai pemantau kapasitas dari baterainya.

4. Charger Baterai dan Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen sepeda listrik yang paling ekspensif. Terkadang, harga dari baterai membuat syock para pengguna sepeda listrik pemula. Komponen yang satu ini mempunyai ragam variasi layaknya motor penggerak.

5. Pedal Assist Sensor

Pedal assist sensor letaknya di pedal yang biasa dikayuh di kaki. Komponen sepeda listrik ini berfungsi saat kaki mengayuh pedal, maka motor akan berputar secara otomatis sesuai dengan putaran pedal.

Bagian ini tidak mempunyai variasi yang beragam layaknya komponen lainnya karena hanya mempunyai 1 ragam jenis saja.

6. LED atau LCD Panel

Komponen sepeda listrik ini mempunyai fungsi untuk menampilkan display yang ada pada stang sepeda. Beberapa fitur serta merk dari komponen ini juga bersifat variatif.

Display yang paling sederhana yakni menampilkan LED indicator tentang kapasistas baterai.

Lalu, display standar berfungsi untuk menampilkan pedal assist level serta 6km/h cruises control. Sedangkan display yang lengkap dari LCD dapat menampilkan suhu motor, speedometer dan ragam fitur lainnya.

Usahakan untuk memilih display LCD secara cermat dan teliti. Sebab, komponen ini hendaknya dapat selalu tahan dengan goncangan stang.

7. Switch dengan Handle Rem

Handle rem pada sepeda listrik hampir sama dengan handle rem yang ada pada sepeda pada umumnya. Namun, pada komponen sepeda listrik yang satu ini membutuhkan switch.

Switch berguna untuk memutus aliran listrik yang menuju ke dinamo agar rem dan gas tidak bekerja secara bersamaan.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat mengenai komponen sepeda listrik yang perlu kamu tahu. Semoga penjelasan di atas bisa semakin menambah pengetahuan kamu terkait komponen sepeda listrik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *