layar gelap suara mati

Tutorial Memperbaiki TV LCD Layar Gelap Suara Mati

Diposting pada

Layar gelap suara mati merupakan salah satu kerusakan TV yang cukup membuat pengguna kebingungan. Hal ini karena tidak ada gambar yang muncul sama sekali dan suara atau volume nya juga tidak terdengar alias mati. Sepertinya kerusakan semacam ini merupakan kerusakan komplet yang tidak bisa di apa-apakan lagi.

Jika dilihat dari kasusnya, kerusakan TV layar gelap suara mati ini biasanya disebabkan oleh kerusakan board digital. Tetapi, ada beberapa kasus juga yang tetap mengalami kerusakan secara berkala walaupun sudah di service. Nah, selanjutnya akan dibawah lebih rinci di bawah ini.

Baca Juga : Langkah-Langkah Service Layar TV Bergaris Pelangi

Kondisi Normal dan Kerusakan TV Layar Gelap Suara Mati

Sebagai gambaran, TV normal jika pertama kali dinyalakan akan menunjukkan indikator seperti berikut ini:

  • Setelah dinyalakan akan muncul lampu indikator berwarna merah, artinya dalam keadaan standby
  • Setelah itu, lampu akan berubah menjadi warna hijau kedip-kedip
  • Kemudian lampu warna hijau berhenti atau tidak berkedip lagi, dilanjutkan dengan lampu backlight yang menyala
  • Setelah itu, barulah gambar dan suara atau volume pada LCD TV akan muncul

Jika terjadi kerusakan layar dan suara, maka saat dihidupkan tidak akan muncul gambar atau suara pada TV. Hal ini tentu membuat pengguna bingung dan tidak tahu harus melakukan apa. Apalagi ditambah dengan keadaan suara atau volume yang menghilang. Jika suara masih muncul dan hanya layar TV yang blank hitam/gelap, maka bisa diperkirakan panel LCD nya yang rusak. Sedangkan jika keduanya tidak muncul, biasanya pengguna akan langsung mendatangkan tukang service.

Memperbaiki TV LCD Layar Gelap Suara Mati

Anehnya, pada beberapa kasus kerusakan masih tetap terjadi meski sudah di service. Biasanya setelah di service TV bisa digunakan kembali, namun kerusakan yang sama masih terjadi kadang-kadang. Apakah kondisi seperti ini bisa disebut normal? Tentu saja tidak karena seharusnya jika service berhasil, maka TV bisa digunakan seperti semula.

kerusakan semacam ini perlu dicari sebabnya, salah satu caranya yaitu dengan melakukan sedikit pengamatan pada tegangan-tegangan penting. Tegangan yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan board digital kontrol dengan board power supply. Berikut ini contoh kasusdan hasil pengamatan data tegangan pada pin-pin konektor (pin – standby –normal –blank):

  • Pin 14/15 – 5.6   – 5.6   – 5.6
  • Pin 11/12 –   0     –  12   –  12
  • Pin 9         –   0     –  17   –  17
  • Pin 7         –   0     –   3     –   3
  • Pin 4         –   0     –   0     –   2
  • Pin 3         –   0     – 2.5   –   0
  • Pin 2         –   0     –   2     –   0

Berdasarkan data di atas, dapat kesimpulannya kasus layar gelap suara mati disebabkan oleh sirkuit alarm (inverter SOS)sering mengalami problem. Rincian hasil Analisa adalah sebagai berikut:

  • Pada saat normalmaupun blank, pin 7 atau on-off dari mikro kontrol sudah ada tegangan ditandai denganlampu indikator hijau.
  • Pada saat pin 4 atau inverter SOS seharusnya semua dalam keadaan tidak ada tegangan saat normal maupun blank. Namun, di sini tercatat ada tegangan saat blank, hal ini menunjukkan adanya masalah pada bagian backlight inverter.
  • Akibatnya, pada saat blank kontrol inverter on-off pada pin 3 dan inverter dimmer pada pin 2 tidak muncul tegangan.

Anehnya, berdasarkan ilmu service, jika ada masalah/problem pada bagian inverter seharusnyalampu indikator akan berwarna merah dan kedip satu kali. Sedangkan pada kasus di atas nyala lampu indikatornya tetap berwarna hijau. Berikut ini cara memperbaiki kerusakan atau problem layar gelap suara mati, yaitu:

  1. Lepas Kabel Penghubung

Pertama, lepaskan kabel alarm atau inverter SOS yang menghubungkan antara board digital dengan board power supply. Selanjutnya, akan diberi resistor untuk mengakali kondisi tegangan yang tidak seharusnya atau tidak nol.

  • Gunakan Resistor Untuk Mengunci Tegangan

Kedua, lakukan sambungan pin alarm atau inverter SOS dengan ground menggunakan resistor. Saran resistor yang bisa digunakan yaitu yang memiliki tegangan 100 ohm 1/8 watt. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengunci tegangan agar tetap dalam kondisi nol atau tidak ada tegangan.

Jika kedua langkah di atas dilakukan dengan benar, dapat dipastikan TV LCD akan nyala seperti semula baik layar maupun suaranya. dan tidak akan

Nah, itulah tutorial menganalisa dan memperbaiki kondisi TV yang mengalami kerusakan layar gelap suara mati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.