layar tv garis pelangi

Langkah-langkah Service Layar TV Garis Pelangi

Diposting pada

Layar TV garis pelangi bisa saja terjadi pada TV LCD atau smart TV Anda, seperti halnya layar TV blank putih. Kerusakan semacam ini cukup membuat pengguna smart TV kebingungan dan merasa takut TV mereka sudah tidak bisa digunakan lagi. Padahal tidak semua kerusakan pada layar TV itu parah dan membutuhkan biaya yang besar untuk reparasi.

Beberapa kerusakan bahkan hanya dipicu oleh pemasangan kabel atau komponen sambungan solder yang tidak pas. Oleh karena itu, pemeriksaan semua sambungan dan kondisi solder merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan jika terjadi kerusakan pada TV. Pastikan untuk melakukan lepas pasang pada kabel atau sambungan untuk mengetahui apakah kabel atau sambungan tersebut berfungsi baik atau tidak.

Baca Juga : Inilah Penyebab TV LED Cepat Rusak dan Cara Pencegahannya!

Pemeriksaan semacam ini mungkin memerlukan waktu yang lama dan ketelitian penuh, bila perlu dilakukan dua hingga tiga kali. Namun, pemeriksaan ini cukup berhasil untuk menghindari biaya mendatangkan tukang service atau membayar mereka untuk perbaikan yang sepele. Lagi pula, Anda juga akan lebih paham mengenai gejala kerusakan dan cara memperbaikinya. Jika bisa dilakukan sendiri, kenapa harus membayar tukang service?

Langkah-langkahMemperbaikiLayar TV Garis Pelangi

Kerusakan TV LCD yang ditandai dengan layar berwarna garis pelangi biasanya di sebut juga dengan rainbow screen. Keadaan ini biasanya tidak akan memunculkan gambar sama sekali, hanya garis pelangi saja. Garis yang muncul bisa mengarah vertikal atau pun horizontal. Nah, jika terjadi kerusakan seperti ini pada smart TV Anda, maka lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Periksa Kondisi Kabel LVDS

Kabel LVDS adalah kabel yang menghubungkan antara mainboard ke controller board. Langkah pertama perbaikan pada layar TV garis pelangiyaitu memeriksa kondisikabel LVDS sudah terpasang dengan baik atau tidak. Sering kali rainbow screen terjadi hanya karena kabel LVDS ini tidak terpasang dengan baik atau hanya sedikit longgar.

Untuk memastikan kabel LVDS terpasang dengan baik, cobalah untuk melepasnya terlebih dahulu lalu pasang kembali. Jika memang ada kerusakan pada kabel, maka bisa diganti dengan kabel LVDS yang baru. 

  • Lakukan Reset FPCB

Langkah kedua untuk memperbaiki layar TV garis pelangiadalah melakukan reset FPCB dari controller board ke driver board. Selain itu, periksa juga kondisi sambungan solder pada konektor kabel ke board dan pastikan kondisinya dalam keadaan baik.

  • Periksa Kondisi PCB Controller

Langkah ketiga untuk servicelayar bergaris atau rainbow screen yaitu memeriksa kondisi PCB controller baik komponen maupun sambungan solder nya. Jika memang kondisinya masih sangat baik, maka kemungkinan besar terjadi kerusakan pada IC controller board atau panel.  Kemungkinan yang lain adalah kerusakan pada driver board atau driver IC pada mainboard.

Mungkin Anda bisa melakukan pengecekan komponen lain terlebih dahulu sebelum mengecek kondisi panel LCD. Hal ini dikarenakan biaya membeli dan mengganti panel LCD lumayan besar, jadikan opsi ini sebagai pilihan terakhir. Namun, jika memang tidak ada kerusakan pada komponen lain, artinya panel LCD nya yang harus diganti. Hal ini akan memerlukan pengeluaran yang cukup besar.

Jika memang harus mengganti panel LCD pada layar TV garis pelangi, pastikan Anda mencari tahu informasi mengenai harga dan jasanya. Hal semacam ini tentu disarankan untuk tidak melakukannya sendiri karena cukup riskan dan biayanya juga besar. Jadi, akan sayang sekali jika dilakukan sendiri dan tidak berhasil.

  • Panel LCD Bukan Mainboard/PCB/IC Controller

Perlu diperhatikan juga bahwa panel LCD bukan Mainboard atau PCB Controller atau IC Controller. Panel LCD adalah komponen yang berbeda dari itu semua, namun penggunaannya yang memiliki hubungan dengan komponen lainnya. Jadi, panel LCD tersebut sebenarnya bisa dibongkar terpisah dan dibelikan yang baru, tetapi tetap disarankan dilakukan oleh ahlinya untuk menghindari kerugian yang besar.

Nah, itulah langkah-langkah untuk memperbaiki kerusakan layar TV garis pelangi. Pengecekan bisa dilakukan sendiri, namun jika sudah terindikasi kerusakan yang parah seperti kerusakan panel LCD, jangan ragu menghubungi tukang service. Hal ini dikarenakan komponen panel LCD yang cukup mahal sehingga disarankan dilakukan oleh ahlinya.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.