LG Magic Remote Control

Cara Ganti Kegunaan LG Magic Remote Control dengan Aplikasi Android

Diposting pada

LG Magic Remote Control adalah remote khusus yang digunakan untuk Smart TV LG. Sesuai namanya, remote ini berbeda dari remote control kebanyakan. Bentuknya simpel (seperti mouse) dan tidak membuat bingung karena jumlah tombol minimalis.

Seperti yang sering terjadi pada mayoritas peralatan elektronik, pasti ada masalah yang mungkin terjadi. Misalnya saja baterai cepat habis, kurang terbiasa dan tidak ada fitur Right Click (klik kanan). Nah salah satu solusinya adalah menggantinya dengan Aplikasi Android. Langsung saja disimak berikut caranya.

Ganti Fungsi LG Magic Remote Control dengan Aplikasi Android

Baca Juga : 13 Aplikasi Remote TV Terbaik yang Ampuh untuk Smartphone Android

Aplikasi LG Remote Control

Jika remote control LG mengalami kerusakan, maka tidak perlu membeli yang baru. Cukup dengan mengunduh aplikasi remote control LG yang tersedia untuk Android maupun iOS. Memang lumayan banyak aplikasi remote control yang bisa digunakan untuk mengganti remote control yang asli. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa disesuaikan dengan merk TV yang digunakan.

LG sendiri memiliki aplikasi remote control pengganti magic remote control yang mengalami kerusakan. Ini merupakan bentuk dukungan kepada konsumen yang setia menggunakan produk elektronik keluaran LG.

Untuk bisa menggunakan aplikasi remote control ini maka, TV dan smartphone Android harus terhubung ke Wi-Fi dengan modem yang sama. Silakan menginstal aplikasi remote control LG tersebut langsung di Playstore untuk pengguna Android. Nah bagi pengguna iOS atau Widows Phone bisa mengunduhnya di appcrawlr.com.

Aplikasi Android LG remote control memiliki fitur yang lumayan, jadi bisa dibilang bukan sekedar alternatif jika LG Magic Remote Control rusak. Fitur-fitur tersebut ada yang tidak dimiliki oleh LG Magic Remote Control. Misalnya saja Game Pad dan  Capture.Screenshot.

Touchpad

Menggunakan aplikasi Android LG remote control di ponsel pintar maupun tablet hampir sama dengan menggunakan touchpad pada laptop. Jadi sangat mudah dimana pengguna hanya harus menggeser jarinya untuk bermanuver. Tingkat sensivitas touchpad/trackpad juga bisa dipersonalisasi, karena jika terlalu sensitif maka sulit mengontrol pointer pada LG Smart TV.

Tombol Pilihan

Tombol-tombol yang berada pada aplikasi android LG remote control hampir sama dengan LG Magic Remote Control.  Bedanya di aplikasi LG remote control ada tombol untuk daftar channel, channel favorit dan Capture untuk menangkap layar. Hasil tangkapan layar nantinya akan tersimpan pada Galeri smartphone yang digunakan.

Perlu diketahui, fitur screenshot atau tangkapan layar ini hanya bisa digunakan pada saat menonton tayangan TV dan video saja. Tangkapan layar tidak bisa digunakan saat browsing di jaringan internet. Jika pun bisa hasilnya akan blank atau gelap.

Shortcut (dari Mini Home ke Menu Premium)

Menggunakan aplikasi LG remote control lebih memudahkan pengguna dalam beberapa hal. Misalnya saja adanya jalan pintas (shortcut) di mana dari layar Mini Home langsung bisa menuju Menu Premium.Selain itu pengguna juga bisa langsung menuju My Apps dan Smartshare. Dari menu Smartshare ini pengguna langsung bisa memutar video dari folder laptop atau flashdisk.

Tombol Keyboard

Menggunakan aplikasi LG remote control juga lebih mudah dari LG Magic Remote Control khususnya dalam browsing di internet. Mengetikkan alamat website yang akan dituju bisa dilakukan melalui tombol keyboard yang ada di smartphone. Dan ini akan lebih mudah dan menyenangkan daripada mengetikkan alamat di layar TV satu per satu dengan remote TV bawaan LG.

Game Pad

Satu lagi fitur yang tidak ada di Magic Remote Control besutan LG yaitu Game Pad. Smart TV produk LG biasanya menyediakan banyak aplikasi game gratis maupun berbayar yang bisa dimainkan.

Nah dengan aplikasi LG remote control, bermain game dipastikan lebih seru dan menyenangkan daripada menggunakan Magic Remote Control milik LG.Ada dua opsi game pada yang bisa digunakan pengguna untuk bermain game, yaitu Game Pad Basic dan Game Pad Full. Caranya dengan menggesar tombol yang berada pada pojok kiri atas.

Rekomendasi Kami : 10 Remote AC Terbaik untuk Smartphone Android

Demikianlah cara menggunakan aplikasi android untuk menggantikan LG Magic Remote Control yang bermasalah. Menggunakan aplikasi LG remote control lebih menguntungkan karena terdapat fitur Screenshot dan Game Pad tentunya.

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.