6 Manfaat Alarm Mobil yang Jarang Disadari, Apa Saja?

  • Whatsapp
manfaat alarm mobil

Membahas manfaat alarm mobil yang cukup beragam rasanya sangatlah penting di zaman sekarang, selain mengingatkan para pemilik kendaraan untuk senantiasa dapat menjaga kendaraannya selama 24 jam dalam sehari, juga sebagai informasi bermanfaat yang harus benar-benar di pahami semua orang.

Meski saat ini banyak pabrikan mobil yang telah menyematkan alaram mobil sebagai fitur standar, namun tak sedikit yang menganggap alat ini sebagai suatu sistem yang mengganggu. Selain itu, ternyata masih ada banyak pula para pemilik kendaraan yang tidak menyematkan alarm pada kendaraan roda empat yang dimilikinya.

6 Manfaat Alarm Mobil

Pada kesempatan kali ini duniaelektronik.net akan membahas berbagai fungsi alaram mobil yang dilansir dari berbagai sumber. Untuk memperkaya informasi ini, sebaiknya Anda juga membaca berbagai jenis alarm mobil yang bisa memperkuat fungsinya.

Berikut penjelasan mengenai 6 fungsi alarm mobil tersebut.

1. Mencegah Aksi Pencurian

Sebenarnya alasan alarm mobil mengganggu itu tidaklah benar, apalagi hanya melalui remote control yang terdapat pada kunci mobil saja pengguna sudah bisa menonaktifkan maupun mengaktifkan alarm mobil tersebut.

Salah satu manfaat alarm mobil yang paling penting adalah alarm dapat mencegah aksi pencurian. Seperti kita tahu aksi pencurian kendaraan memang selalu hangat untuk diperbincangkan. Selain mengincar barang berharga dalam mobil, para pencuri juga yang mengincar untuk membawa kabur kendaraan itu sendiri.

Di sinilah akan sangat terasa betapa pentingnya fungsi alarm mobil, sebab ia bisa memberi tanda ketika kendaraan ada dalam bahaya.

Dengan sensor sentuhan dan sensor peringatan yang dimilikinya, alat ini memberikan peringatan jika mobil sedang dirusak maupun ada upaya di curi.

Selain bermanfaat untuk memberi tahu pemilik kendaraan, lampu alarm yang kencang disertai lampu sein yang berkedip juga akan menarik perhatian orang-orang di sekitar sebagai sebuah tanda bahaya. Selain membuat panik, hal ini tentu akan membuat para penjahat akan segera kabur sebelum karena khawatir di amuk masa.

2. Sebagai Pemberi Peringatan

Selain memberi peringatan ketika ada upaya pencurian, manfaat alarm mobil yang tidak kalah penting adalah sebagai peringatan ketika kendaaraan hampir menabrak sesuatu.

Dengan memasang alarm kendaraan yang sedang dikendarai akan mengeluarkan bunyi yang keras sebelum dan setelah mengalami benturan. Bunyi tersebut dapat memberikan tanda bahwa telah terjadi sesuatu pada kendaraan.

3. Menemukan Posisi Mobil

Sering kali ketika pengendara memarkir kendaraan di tempat umum yang sangat ramai seperti masjid, mall, hotel dan lainnya merasa kebingungan untuk menemukan kendaraannya sendiri. Dengan terpasangnya alarm mobil maka alat ini bisa bermanfaat untuk menemukan lokasi kendaraan ketika lupa posisi saat memarkirnya.

Menariknya lagi, dengan kemajuan era digital seperti saat ini alarm yang terpasang pada kunci mobil dapat dikoneksikan langsung dengan smartphone melalui bantuan remote control yang dimilikinya.

4. Menambah Nilai Jual

Mobil merupakan salah satu investasi yang sangat berharga, selain untuk keamanan manfaat alarm mobil ternyata juga bisa untuk menambah nilai jual kendaraannya. Hal ini salah satunya adalah dengan menjelaskan alaram sebagai perangkat tambahan kendaraan lengkap dengan berbagai fungsinya kepada calon pembeli.

Jadi bagi Anda yang sampai saat ini belum memasang alarm pada kendaraannya dengan berbagai alasan seperti merasa tinggal di tempat aman, ada satpam yang jaga dan lainnya, sebaiknya pertimbangkan untuk segera memasang alarm ya.

5. Dapat Digunakan untuk Membantu Klaim Asuransi

Perusahaan asuransi saat ini melakukan risk assesment atau penaksiran resiko bukan hanya dari riwayat berkendara saja, namun juga lingkungan garasi mobil Anda diparkirkan, dan juga tahun keluaran mobil.

Dengan hal ini dapat disimpulkan bahwa keselamatan dan keamanan adalah prioritas asuransi mobil dalam menentukan perhitungan resiko. Atas dasar itu, komponen perlengkapan seperti kamera dashboard terbaik, dan alarm mobil merupakan sesuatu yang cukup penting.

Jangan lupa lakukan dokumentasi ketika pemasangan alarm sedang dilakukan, kemudian informasikan kepada insurer atau pihak penanggung perihal pemasangan alarm tersebut, dan meyakinkannya bahwa mobil Anda sudah terproteksi dengan sangat baik. Bagi Anda yang berada di lingkungan yang rawan pencurian sebaiknya pa CCTV terbaik di garasi maupun tempat lain yang dapat merekam posisi mobil dengan baik.

Proteksi kendaaraan yang baik dapat mengurangi jumlah biaya yang harus dikeluarkan ketika Anda mengajukan klaim asuransi.

6. Menghindari Biaya yang Timbul Akibat Kecurian

Manfaat alarm mobil yang terakhir adalah dapat menghindari biaya yang timbul dikarenakan kecurian.

Sudah hal yang wajar jika seseorang menjadi korban pencuriannakan mengalami kerugian, apalagi jika mobil yang dimiliki adalah salah satu mobil mewah yang mahal. Mobil yang telah dicuri tentu tidak akan bisa dikendarai maupun dijual lagi. Sekali pun ada kemungkinan mobil tersebut dapat ditemukan pihak berwajib, tapi bukan berarti Anda tidak mengalami kerugian. Hal ini karena mobil tersebut akan disita terlebih dahulu oleh polisi.

Untuk mengambil kendaraan tersebut maka pemilik kendaraan harus membayar biaya penyitaan terlebih dahulu. Dengan memasang alarm mobil terbaik, maka Anda akan akan semakin meminimalisir kendaraan Anda menjadi korban tindak kejahatan.

Penutup

Demikian pembahasan manfaat alarm mobil yang ternyata cukup beragam. Menurut Anda adakah fungsi alarm mobil lain yang belum dijelaskan pada tulisan ini? Jika ada terimakasih telah mau membagikannya di kolom komentar ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *