Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

Cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, tentu akan sangat penting untuk diketahui. Terutama bagi sobat yang mengalami permasalahan tersebut.

Apakah fungsi bantalan pada printer? Setelah melihat wujudnya, penulis berpendapat bahwa bantalan printer adalah alat yang digunakan sebagai tempat pembuangan tinta pada sebuah printer. Hal ini penulis simpulkan setelah penulis membongkar sendiri, bantalan printer yang ada di dalam unit ptinter Epson L360 milik penulis.

Baca Juga : Trik Sederhana Menjadikan Printer Dapat Mencetak Kertas Foto Tebal

Lantas bagaimana jika sebuah printer tidak memiliki sebuah bantalan? Jika sebuah printer tidak memiliki bantalan, kemungkinan besar pembuangan tintanya akan tidak tertata. Ibaratnya bantalan adalah tempat sampah dari tinta. Bentuknya yang sedemikian rupa, yang dilengkapi dengan bahan mirip busa akan membuat sampah tinta tersebut tersimpan dengan rapi. Sehingga meski tersimpan dalam waktu lama, pembuangan tinta tersebut tidak akan mengotori unit printer?

Apakah saat ada pemberitahuan masa pakai printer telah berakhir, kita diharuskan mengganti bantalan printer tersebut?

Penulis pun pernah menganggap demikian, apalagi sebelumnya penulis tidak pernah mengalami permasalahan ini. Apalagi kemudian tiba-tiba muncul pemberitahuan di monitor, masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir hubungi dukungan Epson, dan membuat printer seakan lumpuh, alias tidak dapat digunakan sama sekali.

Ketika masalah tersebut terjadi penulis pun hanya bisa bertanya kesana kemari, baik melalui browsing di Google, bertanya pada teman, hingga menanyakan pada Epson melalui akun Facebooknya, meminta cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, hubungi dukungan Epson tersebut.

Hal yang membuat sok adalah ketika menemukan sebuah tulisan di sebuah alamat website, bahwa saat masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, maka printer tersebut harus dibawa ke ketempat service resmi. Selain itu dijelasakan pula bahwa harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga : Daftar Harga Printer Canon Ternaru Tahun 2019

Berbekal keyakinan yanh sangat kuat, akhirnya penulis browisng kembali dan mencari dimana posisi bantalan printer tersebut. Akhirnya setelah mengetahui posisinya penulis pun berhasil membongkarnya, dan melakukan beberapa tindakan sehingga printer bisa digunakan kembali seperti sedia kala, tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Tanpa Modal

Rasanya tepat sekali jika penulis mengambil sub judul, cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer tanpa modal. Sebab memang cara ini tidak membutuhkan modal sama sekali, selain alat dan bahan yang sangat sederhana yang pasti ada di rumah sobat semua.

Adapun alat dan bahan yang penulis maksud adalah :

  1. Obeng plus untuk membuka baud printer.
  2. Ember atau tempat lain untuk menampung bantalan tinta printer.
  3. Ember berisi air hangat
  4. Ember berisi air dingin

Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer telah berakhir

style="display:block" data-ad-client="ca-pub-5638913507941520" data-ad-slot="9964390282" data-ad-format="auto" data-full-width-responsive="true">
  • Ambil printer dan berdirikan dilantai
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Kemudian buka baut bantalan yang letaknya berada di belakang unit printer.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Lepaskan penutup bantalan tersebut, kemudian ambil bantalan printer yang sudah penuh dengan tinta tersebut satu persatu, dan tempatakan pada tempat yang telah disediakan.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Silahkan cuci bantalan printer tersebut satu kali saja dengan menggunakan air hangat.
  • Selanjutnya silahkan cuci bantalan dengan air dingin, sampai tinta yang ada di dalamnya benar-benar bersih. Hal ini biasanya ditandai dengan air bekas cuciannya sudah menjadi jernih, alias tidak keruh dengan tinta.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Jemur bantalan yang sudah bersih tersebut di bawah terik matahari, dan tunggu sampai kering.
  • Setelah bantalan tersebut kering, silahkan pasang kembali bantalan printer tersebut pada tempatnya semula.
  • Hidupkan kembali printer, kemudian hubungkan kabel USB ke komputer atau laptop. Untuk memberi tahu sistem bahwa bantalan sudah bersih dari tinta, maka silahkan sobat lakukan reset printer.
  • Jika sobat belum tahu bagaimana cara mereset printer, silahkan bisa membaca panduannya dengan cara klik di sini.

Setelah printer sudah selesai di reset, maka sistem akan membaca bahwa bantalan sudah diganti yang baru. Sehingga printer pun akan bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Demikian cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, jika ada pertanyaan silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Air Cooler Tidak Dingin ? Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Penyebab air cooler tidak dingin merupakan informasi penting. Khususnya bagi anda yang sed…