Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

Ampuh, Ini Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

Diposting pada 83.822 views

Cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, tentu akan sangat penting untuk diketahui. Terutama bagi sobat yang mengalami permasalahan tersebut.

Apakah fungsi bantalan pada printer? Setelah melihat wujudnya, penulis berpendapat. Bantalan printer adalah alat yang digunakan sebagai tempat pembuangan tinta, pada sebuah printer.

Hal ini penulis simpulkan setelah penulis membongkar sendiri, bantalan printer yang ada di dalam unit ptinter Epson L360, milik penulis.

Baca Juga : Trik Sederhana Menjadikan Printer Dapat Mencetak Kertas Foto Tebal

Lantas bagaimana jika sebuah printer tidak memiliki sebuah bantalan? Jika sebuah printer tidak memiliki bantalan, kemungkinan besar pembuangan tintanya akan tidak tertata.

Ibaratnya bantalan adalah tempat sampah dari tinta. Bentuknya yang sedemikian rupa, yang dilengkapi dengan bahan mirip busa, akan membuat sampah tinta tersebut tersimpan dengan rapi.  Sehingga meski tersimpan dalam waktu lama, pembuangan tinta tersebut tidak akan mengotori unit printer?

Apakah saat ada pemberitahuan masa pakai printer telah berakhir, kita diharuskan mengganti bantalan printer tersebut?

 

Ketika masalah tersebut terjadi penulis pun, hanya bisa bertanya kesana kemari. Baik melalui browsing di Google, bertanya pada teman, hingga menanyakan pada Epson melalui akun Facebooknya. Meminta cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, hubungi dukungan Epson tersebut.

Hal yang membuat sok, adalah ketika menemukan sebuah tulisan di sebuah alamat website. Bahwa saat masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir, maka printer tersebut harus dibawa ke ketempat service resmi.

Selain itu dijelasakan pula bahwa harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Baca Juga : Daftar Harga Printer Canon Terbaru!

Berbekal keyakinan yang sangat kuat, akhirnya penulis browisng kembali dan mencari dimana posisi bantalan printer tersebut. Akhirnya setelah mengetahui posisinya, penulis pun berhasil membongkarnya.

Kemudian melakukan beberapa tindakan, sehingga printer bisa digunakan kembali seperti sedia kala, tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Tanpa Modal

Rasanya tepat sekali jika penulis mengambil sub judul, cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer tanpa modal. Sebab memang cara ini tidak membutuhkan modal sama sekali.

Selain itu, alat dan bahan yang sangat sederhana, yang pasti ada di rumah sobat semua.

Adapun alat dan bahan yang penulis maksud adalah :

  1. Obeng plus untuk membuka baud printer.
  2. Tempat untuk menampung bantalan tinta printer.
  3. Air hangat
  4. Air dingin, lebih praktis menggunakan selang air yang mengalir.

Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer telah berakhir

  • Ambil printer dan berdirikan dilantai
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Kemudian buka baut bantalan, yang letaknya berada di belakang unit printer.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Lepaskan penutup bantalan tersebut. Kemudian ambil bantalan printer, yang sudah penuh dengan tinta tersebut satu persatu. Lalu tempatakan pada tempat yang telah disediakan.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Silahkan cuci bantalan printer tersebut satu kali saja, dengan menggunakan air hangat.
  • Selanjutnya silahkan cuci bantalan dengan air dingin, sampai tinta yang ada di dalamnya benar-benar bersih. Hal ini biasanya, ditandai dengan air bekas cuciannya sudah menjadi jernih, alias tidak keruh dengan tinta.
Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir
  • Jemur bantalan yang sudah bersih tersebut di bawah terik matahari, dan tunggu sampai kering.
  • Setelah bantalan tersebut kering, silahkan pasang kembali bantalan printer tersebut pada tempatnya semula.
  • Cara di atas bisa dilakukan jika bantalan masih dalam keadaan baik, jika ada kerusakan silahkan baca artikel cara memperbaiki bantalan tinta printer epson.
  • Hidupkan kembali printer, kemudian hubungkan kabel USB ke komputer atau laptop. Untuk memberi tahu sistem, bahwa bantalan sudah bersih dari tinta, maka silahkan sobat lakukan reset printer.

  • Jika sobat belum tahu bagaimana cara mereset printer, silahkan bisa membaca panduan cara reset printer Epson.

Setelah printer sudah selesai di reset, maka sistem akan membaca bahwa bantalan sudah diganti yang baru. Sehingga printer pun akan bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Cara Reset Printer Epson Mengunakan Resetter Epson

cara merreset printer epsonUntuk mengatasi bantalan tinta printer telah berakhir hubungi dukungan Epson, hal ini sangatlah dibutuhkan. Sebab sistem tetap membaca bantalan masih penuh dengan tinta. Cara memberi tahu sistem, adalah dengan melakukan reset printer.

Pada pembahasan ini, saya akan memberikan contoh cara mereset printer Epson L565. Semua prosedur printer Epson seri apa pun saya yakin sama. Terpenting, kita harus memiliki resetternya. Kebetulan kemarin, duniaelektronik.net telah memberikan link download resetter Epson L565. Jika kamu juga membutuhkannya, bisa memesannya melalui WhatsApp kami, 0823 2727 7319.

Sementara jika printer yang digunakan bukam tife L565, silahkan bisa download resetter Epson lengkap all varian sehingga bisa digunakan untuk banyak tife printer.

Download Resetter Epson All Varian Unlimited!

Setelah memiliki resetter Epson tersebut, pastikan sebelum dibuka non aktifkan lebih dulu antivirus yang ada di komputer.

Setelah itu, nyalakan printernya dan jangan lupa hubungkan pada komputer menggunakan kabel data printer. Jika sudah, maka kita bisa menjalankan program resetter printer tersebut.

Cara Menggunakan Resetter Epson

Klik tombol Selecet pada kotak dialog yang muncul, dan pilih model printer yang direset.

cara merreset printer epson

Silahkan pilih mode nama, sesuai nama atau seri printer yang digunakan. Jangan lupa pilih portnya mengguanakan USB printer yang sesuai. Selanjutnya klik OK.

cara merreset printer epson

Berikutnya klik Particular Adjustment Mode, pada tampilan menu yang muncul. Pada dialog berikutnya, silahkan pilih, Waste Ink Pad Counter lalu klik OK.

resetter epson l565

Pada tampilan di bawah ini, pastikan dialog main pad counter diberi tanda ceklis.

cara merreset printer epson
Terdapat dua pilihan menu utama, yang bisa kita pilih yakni check dan Initialization.

masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir hubungi dukungan epson

Saat mengklik menu check, maka kita akan ditunjukan jumlah totoal cetak printer. Bisa dilihat pada gambar di atas, total cetaknya sudah mencapai 14.707 lembar, sesuai dengan jumlah maxsimal yang diatur pada sistem printer. Itulah kenapa, printer membaca bahwa bantalan tinta telah penuh.

Jika kita tidak melakukan reset printer, maka sistem akan membaca masih dalam batas maksimal cetak. Setelah kita klik Initilazation, maka printer akan mereset Pad Counter (utama) sehingga data tersebut kembali menjadi nol. Setelah mengkliknya, maka printer pun bisa digunakan seperti sedia kala.

Demikian cara mengatasi masa pakai bantalan tinta printer telah berakhir. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar.

8 thoughts on “Ampuh, Ini Cara Mengatasi Masa Pakai Bantalan Tinta Printer Telah Berakhir

    1. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, dimana setiap kondisi yang terjadi bisa saja berbeda. Silahkan bisa dicoba, jika ada pertanyaan jangan sungkan untuk kembali menggunakan halaman komentar ini. 😊

  1. kalau untuk printer epson l4160 ..gimana cara mereset’y kak??

    1. Secara umum cara mereset printer Epson ìtu hampir sama, hanya saja kita harus menyiapkan reseternya. Jadi dalam hal ini mba nya harus menyiapkan resetter Epson L4160 terlebih dulu, coba bisa dicari di intrtnet insya Allah ada yang menyediakan resetter tersebut. Jika tidak ada sangat dianjurkan untuk menghubungi service center Epson terdekat, terutama jika printernya masih dalam masa garansi. Semoga bermanfaat.

  2. Terima kasih atas postingan dan sharingnya. Sangat bermanfaat. Hari ini saya telah mempraktikkan dan Alhamdulillah berhasil setelah beberapa hari bingung mau diapain itu printer padahal lagi banyak kerjaan. Hanya klo saya tidak dijemur karena telah sore akhirnya saya pake hair dryer. Sekarang kembali lancar lagi printer saya…

    1. Alhamdulillah kami dari duniaelektronik.net ikut senang, semoga selalu diberi kelancaran 😊

  3. Terimakasih telah berbagi ilmunya.
    Saya sudah coba dan hasilnya printer kembali bisa dioperasikan. Tapi ada masalah baru, tinta hitamnya tidak sempurna. Saya sudah coba melakukan pembersihan tapi tetap belum bisa. Mohon arahannya.
    Trimakasih

    1. Lakukan head cleaning beberapa kali kak agar tinta hitamnya normal kembali ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *