cara membagi satu postingan blog

3 Cara Mudah Membagi Satu Postingan Blog Menjadi Beberapa Halaman

Diposting pada

Anda tentu penasaran bagaimana cara membagi satu postingan blog menjadi beberapa halaman, khususnya jika anda seorang blogger dan sering melihat situs berita.

Dengan mengetahui cara membagi postingan blog menjadi beberapa halaman, maka situs yang sobat miliki juga akan nampak semakin profesional. Selain itu, pembaca juga akan sangat nyaman, terutama jika postingan memuat banyak sekali tulisan. Menariknya lagi setiap halaman yang dibagi tersebut, juga dapat terindeks oleh mesin pencari, sehingga semakin baik untuk seo artikel yang sobat tulis.

Dengan membagi satu postingan menjadi beberapa halaman, juga akan mempercepat proses loading khususnya jika artikel yang ditulis memuat banyak gambar. Untuk membagi posingan menjadi beberapa halaman, sebenarnya Anda bisa menggunakan plugin, namun demikian tanpa plugin pun sebenarnya ini dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Membagi Postingan dengan Kombinasi Tombol Keyboard

Untuk membagi postingan sobat sebenarnya bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard, yaitu dengan menekan tombol Shift, Alt dan P, secara bersamaan. Adapun caranya ketika sobat menulis postingan rubah terlebih dahulu pada editor visual, kemudian tekan kombinasi tombol tersebut untuk memunculka tag page break pada paragraf konten yang diinginkan.

Ulangi langkah tersebut sesuai keinginan Anda untuk membagi jumlah halaman pada satu postingan. Jadi jika ingin membagi satu postingan menjadi 3 halaman, silahkan lakukan langkah ini sebanyak 3 kali pula pada paragraf yang diinginkan.

Untuk memunculkan page break sebenarnya sobat juga bisa melakukannya dengan mengetikannya seperti gambar di bawah. Namun jika pernah ditampilkan, menu ini juga bisa langsung muncul sebagai menu pilihan dalam proses penulisan.

cara menampilkan page break WordPress

Menggunakan Tag <!—nextpage–>

Untuk memabagi postingan menjadi beberapa halaman, sobat juga bisa menggunakan cara manual, yaitu dengan menambahkan tag <!—nextpage–>.

Untuk menggunakan cara ini, editor WordPress harus berjenis Teks (bukan yang visual). Setelah itu Anda tinggal mengetikan <!—nextpage–> pada paragfaf tulisan yang ingin dibagi postingannya. Anda harus menulis ulang tag tersebut sebanyak jumlah pembagian postingan yang diinginkan, jika hanya melakukan copy paste tag biasanya langkah tersebut tidak akan menunjukan hasil yang diinginkan.

Dengan melakukan salah satu cara di atas, maka jumlah postingan yang Anda buat akan menjadi beberapa halaman, sesuai jumlah page break yang Anda berikan pada postingan tersebut. Pada postingan tersebut akan tampil pagination 1,2,3,4 dan seterusnya dengan tampilan sesuai dengan style tema yang situs Anda gunakan.

Bentuk URL dari postingan tersebut pun akan terbagi sesuai jumlah halamannya, misalnya sebagai berikut :

  • https://duniaelektronik.net/judul-postingan
  • https://duniaelektronik.net/judul-postingan/2
  • https://duniaelektronik.net/judul-postingan/3
  • https://duniaelektronik.net/judul-postingan/4
  • dan seterusnya.

Semoga cara membagi satu postingan blog menjadi beberapa halaman ini bermanfaat. Mari tingkatkan semangat berkarya kita, tuliskan hal-hal yang baik, bermanfaat, penuh ilmu dan inspirasi. Jangan lupa niatkan ibadah, sehingga yang kita lakukan semoga bisa mengantarkan pada kebahagiaan kita dunia dan akhirat.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.