cara membersihkan bagian dalam komputer
Image via pcword.com

Cara Membersihkan Bagian Dalam Komputer Supaya Nggak Mudah Panas. Yuk Ikuti!  

Diposting pada

Cara membersihkan bagian dalam komputer harus kamu ketahui, salah satunya agar suhunya selalu terjaga. Panas adalah hal umum yang sering terjadi pada setiap komputer. Meski sudah umum terjadi, panas biasanya menyebabkan komputer jadi tidak mampu berfungsi dengan maksimal.

Bahkan dalam kondisi tertentu bisa mengalami kerusakan. Nah, panas pada komputer kerap kali disebabkan karena adanya banyak debu yang menumpuk.

Baca Juga : 16 Virus Komputer Paling Berbahaya dan Cara Mengatasinya

Oleh karenanya, kamu harus rutin membersihkan komputer agar debu tersebut bisa hilang. Hingga komputermu bisa lebih awet, dan tidak cepat panas ketika digunakan. Untuk itulah di bawah ini, ada beberapa tips yang harus kamu lakukan agar bisa membersihkan komputer dengan baik.

Peralatan yang dibutuhkan

Image id.wikihow.com

Sebelum membersihkan bagian dalam komputer, ada beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan terlebih dulu. Adapun beberapa peralatan tersebut diantaranya adalah :

  • Obeng dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk membua kotak komputer.
  • Blower
  • Gas duster
  • Kuas
  • Cotton Bud
  • Masker untuk menjaga kesehatan pernafasan

Selain berbagai peralatan tersebut, usahakan membersihkannya pada area kerja yang cocok, terutama yang memiliki ventilasi yang baik sehingg debu dapat keluar dengan lancar.

Tahapan Membersihkan Bagian Dalam Komputer

cara membersihkan cpu

Matikanlah Komputer Lebih Dulu

Mematikan komputer sebelum mulai melakukan pembersihan, adalah cara membersihkan bagian dalam komputer yang pertama. Ingatlah untuk tidak mencoba membersihkan benda tersebut dalam keadaan yang masih menyala, dan terhubung dengan arus listrik. Hal ini akan memberimu resiko tersengat aliran listrik, bahkan bisa merusak bagian dalam komputer itu sendiri. Selalu cabut juga stop kontak dan kabel lainnya sebelum memulai.

Bersihkan Debu dengan Blower

Karena pembersihan ini tujuannya untuk membersihkan debu, maka kamu harus membersihkan debu yang ada di dalam bagian dalam komputer. Caranya adalah dengan menggunakan blower, dengan meniup debu di dalamnya. Gunakan pengaturan angin yang tak terlalu besar, serta jangan lupa untuk menjaga jarak dari memori, prosesor, motherboard dan juga kartu ekspansi.

Perhatikan Sistem Pendinginan

Langkah membersihkan bagian dalam komputer berikutnya adalah pada sistem pendingin atau fan. Biasanya, fan ini juga akan dipenuhi dengan debu, sehingga kamu juga harus membersihkannya. Namun, berhati-hatilah, karena komponen tersebut sangat rentan sekali terhadap keretakan dan bisa pecah.

Untuk membersihkan fan, kamu harus tahan fan tersebut dengan jari, dan lalu gunakan blower. Dengan menghentikan perputaran fan, maka mencegah komponen tersebut mengalami retak atau pecah karena blower yang digunakan.

Ada sebagian komputer yang menggunakan sistem pendinginan air, maka dengan sistem yang satu ini, kamu harus lebih berhati-hati. Sebab, kamu akan mendapati banyak tabung yang mudah sekali pecah. Maka langkah membersihkan bagian dalam komputer berikutnya adalah mengosongkan cairan di dalam tabung tersebut. Bahkan kamu juga bisa loh mengganti cairan tersebut dengan yang lebih baru, sehingga sistemnya dapat berfungsi dengan lebih baik lagi.

Pergunakan Cotton Bud

cara membersihkan kipas pendingin komputer
image instructables.com

Meski ada blower yang bisa meniup debu dengan baik, akan tetapi pastinya ada saja debu yang menempel, di sudut tertentu dan sulit untuk dihilangkan. Nah, untuk membersihkannya kamu hanya perlu menggunakan cotton bud. Bisa juga dengan sedikit lcohol yang dipakai.

Cobalah Pergunakan Juga Thermal Grease

Cara membersihkan bagian dalam komputer berikutnya adalah memberikan Thermal Grease. Ini bebas untuk kamu lakukan atau tidak. Namun, Thermal Grease yang bentuknya seperti minyak atau pasta ini, memiliki fungsi membuat suhu komputer yang kamu pakai tidak cepat panas.

Caranya cukup mengoleskan dengan komponen komputer. Tapi tetap saja harus berhati-hati. Karena jika salah dalam menggunakan, yang ada justru bisa merusak komputer milikmu.

Bersihkan Bagian Body Agar Kotoran Tidak Masuk Kembali

Cara membersihkan bagian dalam komputer yang tidak boleh kamu lewatkan, adalah membersihkan bagian body. Jangan lupa juga membersihkan power supply nya, yang sebagian dilengkapi penyaring debu di bagian bawahnya. Dengan hal ini, selain untuk membuat tampilannya makin kinclong, ini juga bermanfaat untuk mencegah debu yang masih menempel pada body masuk pada bagian dalam komputer.

Baca Juga : Rekomendasi Antivirus Komputer Terbaik yang Harus Kamu Tahu!

Selain membersihkan bagian body, jangan lupa bersihkan tempat dimana komputer kamu diletakan. Dengan hal ini maka komputer akan semakin steril dari debu. Memiliki komputer yang lebih bersih, akan membuatnya bertahan lebih lama. Sebab suhunya akan menjadi lebih dingin.

Tips Selama Membersihkan Bagian Dalam Komputer

  1. Gunakan masker anti debu selama melakukan proses pembersihan. Hal ini akan mencegah kamu dari bersin-bersin karena menghirup udara kotor. Selain itu, debu juga berpotensi dapat menggangu kesehatan pernafasan, hal ini dapat diminimalisir dengan menggunakan masker.
  2. Dalam membersihkan komputer sangat disarankan dilakukan di luar ruangan. Dengan catatan tidak ada banyak gangguan, seperti ranting dan lainnya, yang bisa masuk ke dalam kotak komputer. Ruang terbuka akan semakin membuat kegiatan membersihkan komputer dari debu semakin praktis.
  3. Bersihkan komputer di tempat yang terang, semakin terang maka debu yang menempel pun akan semakin terlihat.
  4. Jika bagian dalam komputer sudah banyak dipenuhi debu, sebaiknya kamu gunakan penyaring debu (floor vent filter). Gunakan barang ini pada ventilasi komputer, sehingga debu yang akan masuk pun dapat tersaring.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan bagian dalam komputer, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Dalam menggunakan gas duster, pastikan jika kamu memegangnya secara vertikel. Sebab jika tidak,  cairan yang keluar justru dapat merusak komputer kamu.
  2. Hindari meniup bagian dalam komputer, sebab dikhawatirkan perangkat keras komputer akan terpapar semburan ludah. Hal ini pun dapat memicu debu berterbangan pada daerah sekitar wajah kamu.
  3. Hindari menggunakan penghisap debu atau pun kemoceng untuk membersihkan bagian dalam komputer. Kedua alat ini dapat menghanguskan perangkat keras, sebab bias menghasilkan statistik. Sebaiknya gunakan sarung tangan lateks, sehingga dapat mencegah hangus pada perangkat komputer.
  4. Hindari membersihkan kotak komputer di tempat yang memiliki banyak statistic, misalnya saja seperti diatas tikar atau karpet berbahan gabus sintesis.
  5. Saat membersihkan bagian dalam komputer, hindari semaksimal mungkin memegang perangkat keras. Semakin jarang memegangnya tentu itu semakin baik.

Penutup

Membersihkan komputer harus rutin dilakukan. Langkah membersihkan bagian dalam komputer di atas sangat mudah apabila kamu melakukannya dengan hati-hati. Namun, jika kamu tak sempat atau terlalu takut membersihkan komputer tersebut, maka bisa mencari jasa bersih-bersih komputer yang mungkin saja ada di daerah sekitarmu.

Semoga dengan langkah cara membersihkan bagian dalam komputer di atas, komputer kamu bisa lebih bersih dan dapat berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *