Membuat Layar HP Lebih Sensitif

Membuat Layar HP Lebih Sensitif dan Tidak Sering Macet, Begini Caranya!

Diposting pada

Hampir semua smartphone atau ponsel pintar zaman sekarang, menggunakan layar sentuh (touchscreen). Semua smatphone baik Android maupun iOS dari Apple, semuanya memakai layar sentuh untuk mengoperasikannya. Itulah mengapa masalah sensitivitas layar, menjadi hal yang penting agar tidak ada hambatan saat menggukan HP. Bagaimana cara untuk bisa membuat layar HP lebih sensitif, dan tidak sering macet?

Masalah yang sering terjadi adalah keypad pada HP menjadi kurang sensitif, atau malah tidak memberikan respon sama sekali saat disentuh. Hal seperti ini, pastinya sangat menyebalkan apalagi kalau sedang urgen membutuhkan HP, untuk sebuah urusan. Tetapi jangan khawatir, karena selalu ada cara untuk mengatasi masalah selama kita tahu tipsnya, termasuk bagaimana cara membuat layar HP sensitif kembali.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Mau Beroperasi

Penasaran bagaimana tips membuat layar HP lebih sensitif? Temukan jawabannya di bawah ini.

Tips Agar Layar HP Lebih Sensitif

Buang Aplikasi yang Tidak Perlu

Penyebab layar pada HP Anda menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan, salah satunya karena beratnya beban yang harus dipikul oleh RAM. Sehingga cara untuk mengembalikan sensivitas pada layar, adalah dengan meringkankan kerja RAM tersebut. Hapus aplikasi pada HP yang tidak begitu dibutuhkan, agar RAM menjadi lebih lega kapasitasnya. RAM yang longgar, akan membuat layar HP lebih sensitif kembali.

Mengurangi Skala Animasi pada Layar

Membuat layar pada HP, menjadi lebih responsif pada sentuhan juga bisa dilakukan, dengan cara mengurangi skala animasi yang ada pada layar. Memang skala animasi layar, tidak secara langsung mempengaruhi sensitivitasnya. Hanya saja akan membuat software menjadi lebih lambat, dalam merespon sentuhan. Caranya, masuk ke menu setting kemudian pilih developer option.

Selalu Gunakan Charger Original

Hal sepele yang sering dilakukan yakni menggunakan sembarang charger, untuk mengisi ulang baterai HP. Tanpa disadari kebiasaan tersebut akan membuat sensitivitas layar menjadi berkurang. Charger yang bukan bawaan HP tersebut, bisa saja menghasilkan arus listrik yang berbeda. Arus yang terlalu tinggi, akan membuat layar menjadi kurang responsif jika dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga : Cara Mengatasi HP Mati Total Karena Air dengan Mudah dan Ampuh

Kalibrasi Layar HP

Melakukan kalibrasi terhadap layar ponsel, juga akan membantu membuat layar HP lebih sensitif. Kalibrasi dilakukan agar sentuhan yang disediakan secara default pada HP oleh developer, bisa sesuai dengan sentuhan yang diberikan pada layar. Cara kalibrasi sangat mudah, yaitu dengan masuk pengaturan, kemudian pilih menu kalibrasi, serta ikuti prosesnya hingga selesai.

Jangan Gunakan Anti Gores (Tempered Glass)

Mayoritas pemilik HP, memasang anti gores pada layar ponselnya, dengan tujuan agar tidak rusak oleh benda tajam atau pecah. Tapi ternyata adanya tempered glass, justru bisa mengurangi sensitivitas layar ponsel. Penyebabnya adalah bahan anti gores yang  terlalu tebal, atau kurang bagus kualitasnya. Buang anti gores Anda, atau gantilah dengan produk original yang sesuai dengan merk dan tipe HP.

Lakukan Upgrade Sistem Opersional pada HP

Membuat layar HP lebih senstif, bisa juga dilakukan dengan cara memperbaharui Operational System (OS) pada HP. Bisa jadi sistem operasional pada ponsel pintar Anda, belum diperbarui dengan versi terbaru yang akan membuat kerja HP menjadi menurun. Segera lakukan upgrade pada ponsel agar sensitivitasnya kembali bagus. Hal ini berlaku untuk Android maupun iOS atau iPhone.

Baca Juga : Ini Daftar dan Jadwal Smartphone Samsung Galaxy Update Os Android Pie 9.0 pada Tahun 2019, Ada Smartphonemu?

Memasang Pixer Fixer

Berkurangnya kecepatan dan sensitivitas layar pada ponsel pintar, bisa disebabkan oleh faktor matinya pixel (dead pixel). Cara mengantisipasinya yakni dengan memasang aplikasi Pixer Fixer di HP Anda. Dengan adanya aplikasi Pixel Fixel tersebut, maka dead pixel akan diperbaiki oleh sistem dan akan membuat layar kembali responsif.

Copot Baterai Ponsel

Jika beberapa cara untuk membuat layar HP lebih sensitf yang telah dijelaskan di atas belum berhasil, mungkin Anda perlu mencopot baterai ponsel. Caranya cabut baterai HP dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu pasang kembali baterai, dan hidupkan HP maka layar akan kembali sensitif. Sayangnya, cara ini tidak bisa dilakukan oleh mereka yang menggunakan ponsel dengan baterai tanam.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan sensitivitas layar HP. Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.