Cara Membuat Web dengan WordPress, Lengkap dari Awal Sampai Jadi Profesional

Diposting pada

Cara membuat web dengan WordPress adalah informasi menarik, hal ini dikarenakan selain digunakan oleh blogger, banyak juga berbagai situs ternama yang dibangun menggunakan platform ini. Namun demikian, bagi pemula khususnya yang belum pernah membuat website, hal ini terasa akan sangat membingungkan.

Percaya atau tidak, sekalipun  tidak mengetahui hal-hal teknis, seperti kode HTML dan lainnya, setelah berani mencoba sendiri ternyata membuat web dengan WordPress itu mudah. Apalagi jika anda sudah membaca artikel yang membahas tutorialnya secara detail, salah satunya artikel yang ada di duniaelektronik.net ini. Namun demikian, sebelum hal itu kita bahas, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu berbagai hal dasar berikut ini:

Baca Juga : Pengertian WordPress dan Hal-Hal Teknis yang Menyertainya, DibahasLengkap !!!

Buatlah Website Anda Menggunakan CMS yang Tepat

CMS adalah kepanjangan dari Content Management System, atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya berarti sistem pengelolaan konten. Pengertian CMS sendiri yaitu sebuah mekanis atau platform dimana anda diperbolehkan untuk membuat konten, dan mempublikasikannya melalui website yang anda miliki. Dalam hal ini, CMS juga dapat kita artikan sebagai suatu software yang telah diinstal di dalam server hosting anda.

Mayoritas provider hosting umumnya akan memberi tahu berbagai hal, terkait apa saja yang harus anda lakukan untuk menginstal CMS anda. Jika sudah menginstal CMS maka anda sudah bisa login ke website anda, menambahkan  teks, gambar, dan berbagai macam konten lainnya. Selain itu, melalui CMS anda juga bisa menambahkan blog, portofolio atau pun halaman produk.

Lebih dari sekedar software yang dapat anda gunakan untuk mencapai tujuan, dengan CMS anda bisa dengan mudah memasang dan mengganti template situs, serta dapat memodifikasinya sesuai keinginan anda. Menariknya lagi, anda pun dapat menambahkan berbagai plugin bermanfaat untuk situs anda, sehinngga situs yang dimiliki akan semakin berkualitas.

WordPress adalah sebuah CMS yang tentu sering anda dengar. Sebenarnya selain WordPress ada juga CMS yang lainnya, contohnya saja seperti Joomla dan Drupal.

WordPress Adalah CMS Terpopuler

Bagi para pemilik atau pengguna website, tentu sangat akrab dengan WordPress. Bahkan platform ini merupakan yang paling populer di dunia. Saat ini, lebih dari 30% dari jumlah pengguna website di seluruh dunia yang menggunakan WordPress, dan ini tentu sangat berpotensi untuk selalu bertambah setiap waktunya. Selain dapat membuat situs profesional, kepopuleran ini juga dipengaruhi dengan banyaknya fitur yang dimiliki WordPress yang mudah untuk digunakan.

Sehingga tak heran, para pengguna WordPress ini bukan hanya dari kalangan blogger saja. Tak sedikit perusahaan yang membangun situs resmi mereka menggunakan WordPress, misalnya saja seperti Bata, Mercedez Benz, Sony Musik, The Walt Disney, hingga The New York Times Company.

WordPress merupakan pilihan yang sangat cocok bagi anda yang hendak membuat website untuk pertama kalinya. Dalam trafik website skala rendah atau medium, CMS ini selalu terbukti memiliki skalabiltas cukup, dan senantiasa bekerja dengan baik. Adapun beberapa website yang menggunakan platform ini, diantaranya adalah NBC, CNN, Techrunch, TIME Magazine, dan masih banyak lagi.

Kelebihan WordPress

Cara Membuat Web dengan WordPress

Sebelum membahas cara membuat web dengan WordPress, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu kelebihan dari WordPress itu sendiri. Adapun beberapa kelebihan dari WordPress, diantaranya adalah :

  • Sangat mudah diinstal, bahkan mayoritas provider hosting memilki layanan untuk dapat menginstal WordPress hanya dalam satu kali klik.
  • Memiliki berbagai tema dan plugin geratis yang bisa anda gunakan sesuka hati, untuk meningkatkan kualitas situs anda.
  • Memiliki komunitas yang kuat, sehingga setiap kesulitan dapat anda temukan solusinya dengan mudah dan cepat.
  • Cocok digunakan untuk kalangan profesional atau pun yang tidak jago dalam hal IT.
  • Sangat mudah dikonfigurasi, sehigga sangat praktis dalam membuat website.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Jika anda perhatikan, di internet kita pasti sering menemukan dua jenis WordPress ini. Oleh karena itu, sebelum membahas cara membuat web dengan WordPress, ada baiknya anda harus paham dulu perbedaan dari keduanya.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org yang mendasar, yaitu berada di host aktualnya. Jika anda pernah menggunakan blogspot.com, sebenarnya WordPress.com ini hampir sama, yaitu dapat diakses secara gratis, sebab hosting dan domainnya sudah disediakan oleh WordPress secara gratis.

Namun demikian, jika menggunakan WordPress.com, situs yang anda miliki akan terbatas. Selain itu, domain yang anda gunakan juga akan panjang sebab dicustom dari WordPress, yaitu dibelakangnya harus ada wordpress.com, misalnya www.duniaelektronik02.worpress.com.

Sementara jika menggunakan, WordPress.org anda akan dapat menikmati berbagai fasilitas dengan sangat leluasa. Selain dapat menemukan nama domain sesuai keinginan (Seperti duniaelektronik.net ini), anda juga dapat menyesuaiakan penyimpanan kapasitas, memasang tema, memasang plugin, memasang iklan Adsense dan lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan.

Cara Membuat Blog di WordPress bagi Pemula

Sengaja penulis membuat sub judul cara membuat blog di wordpress bagi pemula, sebab memang cara ini bisa dilakukan dengan mudah oleh siapa saja. Setidaknya ada 8 cara membuat web dengan WordPress, yaitu sebagai berikut :

  1. Menginstall WordPress
  2. Mengelola Dashboard
  3. Menginstal Tema
  4. Menginstal Plugin
  5. Memposting Artikel
  6. Membuat Halaman
  7. Mengoptimasi Situs
  8. Menyeting Keamanan Situs

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu, mengenai cara membuat blog di wordpress bagi pemula :

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.