Cara Membuat Web dengan WordPress, Lengkap dari Awal Sampai Jadi Profesional

Diposting pada

1. Cara Install WordPress

Dalam proses instalasi WordPress terdapat berbagai cara, baik secara manual maupun otomatis. Namun jika anda tidak dibuat report, selain bisa mendapatkan domain dan hosting murah meriah, di Puskomedia Indonesia bisa loh proses install WordPress ini, dilakukan oleh teamnya.

Namun jika anda ingin menginstallnya sendiri, tentu itu tidaklah sulit. Salah satu cara paling mudahnya adalah dengann menggunakan fitur auto installer dari Puskomedia.

Domain murah 2019

Akan tetapi, jika anda ingin menginstallnya melalui member are, hal ini juga bisa dilakukan. Berikut cara install WordPress di Puskomedia :

  1. Silahkan login pada member are, untuk proses login ini bisa anda lakukan pada situs Puskomedia, dengan klik login sebelah pojok kanan atas.
  2. Pilih menu hosting dan domain sesuai keinginan.
  3. Klik hosting yang ingin anda install dengan situs WordPress.
  4. Selanjutnya silahkan klik install.
  5. Silahkan isi data-data, mulai dari nama domain, nama situs, admin user, admin password hingg deskripsi wesbite. Setelah itu, maka situs anda pun sudah siap anda gunakan.

2. Cara Mengelola Dashboard

Setelah mengetahui proses install, maka cara membuat web dengan WordPress berikutnya, yang harus kita ketahui yaitu cara mengelola dashboard. Dengan dasboard WordPress inilah, nantinya anda bisa dengan mudah mengelola website yang dimiliki, mulai dari membuat postingan, menambah halaman, menambah plugin, hingga mengganti tema sesuai keinginan,

Setelah anda memiliki domain, sebenarnya cara membuka dasboard WordPress tidaklah sulit. Cukup menambahkan wp-admin di belakang domain anda, maka anda bisa login dengan sangat mudah. Misalnya saja, www.namadomain.co.id/wp-admin, maka setelah itu di layar akan muncul menu login seperti di bawah ini.

cara membuat wordpress gratis 2019

Silahkan, langsung saja masukan user nama atau bisa juga menggunakan email, yang sebelumnya telah anda gunakan untuk menginstal WordPress. Setelah berhasil, maka dasboard WordPress anda akan muncul seperti ini.

membuat website dengan wordpress

Dari gambar di atas, dapat kita simpulkan bahwa WordPress terbagi menjadi 3 bagian utama, yaitu toolbar, navigasi, dan area kerja.

  1. Toolbar : Melalui bagian ini anda dapat mengatur profil anda yang berada di pojok kanan atas. Melalui bagian ini, anda juga akan medapatkan pemberitahuan tekait jumlah komentar dari postingan anda.
  2. Dasboard : Bagian navigasi adalah suatu menu dimana di dalamnya memuat berbagai menu untuk anda mengelola situs anda. Mayoritas menu pengelolaan situs WordPress anda ada di sini, misalnya seperti membuat dan menerbitkan postingan, membuat halaman, mengelola komentar, menambah tema, memasang plugin dan lain sebagainya.
  3. Area Kerja Utama : Area kerja ini memuat 4 hal utama, yaitu :
  • At Glance yang digunakan untuk menampilkan jumlah postingan, halaman, komentar, dan versi WordPress yang sedang digunakan.
  • Activity memberikan gambarana singkat tentang postingan, dan komentar terbaru yang masuk.
  • Quick Draft digunakan untuk menulis artikel jika ide tiba-tiba muncul, sehingga tidak lupa. Namun demikian, untuk dapat menerbitkannya anda tetap diharuskan melakukannya di menu utama.

Untuk yang keempat, yaitu WordPress News, menu ini digunakan untuk menampilkan berbagai informasi terkini dari WordPress.

3. Cara Memasang Tema pada WordPress Anda

Tema dalam sebuah web sangat menentukan sekali dalam hal penampilan, dan juga kenyamanan anda dan pengunjung. Jika diibaratkan, tema merupakan sebuah bentuk desain dari sebuah rumah. Mulai dari tata letak, warna cat, dan lainnya ada di dalam tema. Sehingga jika diatur sebaik mungkin, maka selain menawan juga akan sangat memudahkan siapapun yang berkunjung ke rumah tersebut.

Jika kita ingin membuat sebuah rumah yang mewah, indah dan menarik, maka kita membutuhkan seorang arsitek yang sudah ahli dalam membuatnya. Sehingga hasil dari pembangunan rumah tersebut akan sangat memuaskan, sebab sudah dirancang dengan begitu matang.

Begitupun dalam menentukan penggunaan WordPress Themes, sangat disarankan menggunakan tema premium yang dibuat orang-orang yang sudah ahli di bidangnya. Dengan hal ini, maka tentu saja tampilan situs anda akan semakin menarik, terlebih jika di dalamnya memiliki banyak postingan berkualitas.

Namun demikian, selain versi premium, di dalam situsnya sendiri WordPress telah menyediakan berbagai tema keren, yang dapat digunakan secara gratis. Untuk menemukan dan memasangnya, silahkan anda bisa masuk ke menu tampilan (Appearance), dan selanjutnya klik tema.

Cara install tema WordPress

Untuk mencarinya, silahkan anda tinggal mencari tema yang sesuai di menu search. Sementara jika anda sudah memiliki tema premium dari website lain, silahkan bisa menggunakan menu Upload Theme. Setelah proses upload selesai, maka anda tinggal mengaktifkan tema tersebut.

4. Cara Install Plugin di WordPress

Hal yang sangat menarik dari WordPress menurut saya adalah karena tersedinya banyak plugin, baik gratis maupun berbayar. Awal menggunakannya saya jujur agak bingung, maklum selama ini saya memakai domain blogspot.com, sehingga memiliki beragam perbedaan. Namun setelah mengenal plugin, akhirnya saya jadi tahu cara menggunakan WordPress itu sangat mudah, salah satunya karena tersedianya banyak plugin yang dapat membantu.

Contohnya saja ketika hendak memasang iklan Adsense, biasanya selain versi otomatis di blogspot saya juga menggunakan manual. Ternyata dengan memasang plugin Qiuck Adsense, situs WordPress pun bisa dengan mudah menampilkan iklan Adsense sesuai keinginan.

Pemasangan plugin sangatlah penting, sehingga situs yang kita miliki kinerjanya akan semakin optimal. Di WordPress sendiri ada banyak sekali pilihan plugin, selain bermanfaat jika asal sembarang pasang, tidak menutup kemungkinan situs WordPress anda justru akan menurun kinerjanya.

Atas dasar itu, anda harus benar-benar mengetahui, plugin apa saja yang harus benar-benar anda pasang, dan mengindari penggunaan dua plugin dengan fungsi sama, atau plugin yang hanya akan menghambat kinerja website.

Baca : 15 Plugin WordPress Terbaik yang Akan Membuat Websitemu Makin Keren dan Profesional

Dalam hal pemasangan plugin, untuk situs WordPress yang anda buat, setidaknya harus ada plugin Google XML, Yoast SEO, dan Contact Form 7.

Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps adalah sebuah plugin, yang sangat bermanfaat untuk membuat peta situs (sitemap) dari website anda. Dengan hal ini, maka search engine seperti Google, Yahoo, dan lainnya akan lebih mudah dalam melakukan crawl konten-konten di situs anda.

Yoast SEO

Bagi anda yang ingin mendulang kesuksesan dengan website, tentu harus memiliki banyak pengunjung. Selain berkualitas, SEO sangat penting, sehingga situs kita bisa tampil di halaman pertama, sehingga akhirnya banyak yang klik.

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Trafik Website dengan Cepat

Ilmu SEO itu sangat luas, dan perlu waktu banyak untuk mempelajarinya. Namun jika kita menggunakan plugin Yoast SEO, maka hal itu tidak akan membuat kita pusing lagi. Tentu saja, karena dengan memasang plugin ini maka setiap kita membuat postingan, akan selalu mendapat rambu-rambu agar bisa sesuai SEO berkualitas.

Sehingga tak heran, ketika tulisan ini dibuat pengguna aktif plugin ini sudah lebih dari 5 juta.

Dengan memasangnya, maka anda akan diberikan bebagai fitur dan pilihan yang dapat digunakan untuk optimasi situs anda. Jangan lupa, untuk senantiasa membuat postingan yang sesuai dengan rambu-rambu Yoast SEO, sehingga selain berkualitas, postingan anda bisa segera nangkring di halaman pertama.

Contact Form 7

Contact Form 7 adalah sebuah plugin, yang bisa anda gunakan untuk mengelola form kontak lebih dari satu. Melalui plugin ini, anda bisa mengatur tampilan, serta menambah berbagai fasilitas. Contohnya saja seperti menambahkan fitur untuk mengirimkan file.

Selain plugin-plugin tersebut, sebenarnya masih ada banyak plugin-plugin lainnya, yang harus anda instal. Untuk mengetahui secara rinci, silahkan bisa klik di sini.

Untuk memasang plugin di WordPress anda, caranya sangatlah mudah. Silahkan klik menu plugin yang berada di menu navigasi, kemudian pilih Tambah Baru (Add New). Setelah menemukan plugin yang dicari, silahkan klik instal lalu klik aktifkan (Activate,).

5. Cara Membuat Posting di WordPress

Anda tak perlu khawatir akan mengalami kesulitan dalam membuat postingan di WordPress, apalagi anda yang sering menggunakan Microsoft Word. Hal ini karena menu editor dari WordPress, tidaklah jauh berbeda dari program office tersebut.

Jika anda ingin membuat postingan baru di situs anda, silahkan anda pilih menu pos, lalu klik Tambah Baru (Add New) di bawah Semua Post Anda juga bisa pilih Tambah Baru (New) Post yang berada di bagian atas toolbar. Maka setelah itu, akan muncul editor situa seperti gambar berikut :

Terlebih dahulu, silahkan ketikan judul postingan terlebih dahulu. Selanjutnya silahkan tulis konten atau artikel anda, pada area postingan yang telah disediakan. Sangat mirip dengan Ms word atau text editor, yang sudah populer lainnya bukan?

Gambar Gravatar
Founder Membangun Inspirasi, Editor duniaelektronik.net, Kontributor klikmania.net, Teacher, Entrepreneurship, University student life. Berusaha menebarkan ilmu, inspirasi, dan kemanfaatan melalui tulisan. Jika bermanfaat silahkan share.