cara mengatasi memori c penuh pada laptop

4 Cara Mengatasi Memori C Penuh yang Terbukti Ampuh

Diposting pada

Cara mengatasi memori c penuh pada laptop, tentu sangat sobat butuhkan. Sebab hal ini pun pernah membuat penulis pusing, betapa tidak memori c tiba-tiba penuh, sering terjadi padahal sebelumnya tidak pernah download aplikasi dan lainnya.

Ketika memori disk c penuh, tentu akan sangat menggu sekali. Sebab karenanya, maka banyak aplikasi yang tidak bisa terbuka. Bahkan penulis yang memiliki usaha percetakan, sering dibuat repot karena saat hendak cetak foto atau undangan tidak bisa, dikarenakan memori c komputer penuh.

Baca Juga : Cara Sukses Bisnis Percetakan Undangan, Modal Minm Untung Puluhan Juta

Jika kebetulan sobat juga sedang pusing karena memory drive c penuh, maka tepat sekali sudah berkunjung ke duniaelektronik.net. Sebab pada postingan kali ini, penulis akan membahas bagaimana caranya untuk mengatasi cara memori c penuh tersebut.

Dalam hal ini penulis akan membahas empat langkah, dalam mengatasi memory c tiba tiba penuh. Dengan menerapkan salah satu dari empat langkah ini saja, maka masalah memori c penuh akan segera teratasi. Bahkan dilangkah ke empat, sobat bisa memperluas kembali memori c tersebut hingga puluhan GB.

Cara Mengatasi Memori C Penuh pada Laptop dan PC

Memori c penuh sendiri, pada selain disebabkan karena virus, juga dikarenakan kita menyimpan banyak file sampah, yang sudah tidak kita perlukan lagi dalam laptop kita. Tak jarang hal ini juga terjadi karena kita memiliki banyak sekali aplikasi, yang memakan banyak ruangan memori internal.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Mengatasi Memori Internal Smartphone Cepat Penuh

Berikut ke-4 cara mengatasi memori c penuh sendiri tersebut

1.Hapus Aplikasi dan File yang Tidak Diperlukan

Untuk dapat mengatasi memori c penuh sendiri, sobat juga harus mengetahui apa yang membuat hardisk penuh tersebut. Selain foto, video, dan berbagai file yang sudah tidak diperlukan, sobat juga harus mengeck aplikasi yang ada pada laptop. Silahkan segera hapus aplikasi yang tidak berguna, agar bisa mengurangi beban kapasitas memori.

Untuk dapat menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, silahkan sobat klik Start lalu pilih Control Panel. Setelah itu pilih menu Program, kemudian klik Program and Features, dan selanjutnya sobat tinggal klik program yang ingin dihapus seperti pada gambar di bawah ini:

Setelah sobat klik program yang ingin dikehendaki seperti gambar di atas, silahkan sobat klik Uninstall, maka program tersebut akan terhapus dan memorinya akan dikembalikan ke sistem.

2. Menggunakan Disk CleanUp

Menggunakan cara yang kedua, adalah cara yang sering penulis gunakan ketika printer tidak bisa digunakan karena memory drive c penuh. Ketika hal ini dilakukan, kemudian dalam proses penghapusan penulis lakukan proses printing Alhamdulillah berhasil.

Jadi jika sobat sedang mencari cara mengatasi komputer tidak bisa print karena memori penuh, inilah solusinya. Adapun caranya adalah sobat tinggal klik kanan pada disk c, kemudian pilih properties, dan klik disk cleanup, seperti gambar di bawah :

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Setelah sobat mengklik menu disk cleanup tersebut, maka sobat tinggal centang semua pilihan yang ada di dalam list, seperti gambar di bawah :

cara mengatasi memori c penuh pada laptop
Selanjutnya, sobat tinggal klik OK. Maka setelah itu file tersebut akan terhapus dan memori disk c yang penuh pun akan segera pulih kembali.

3. Hapus File yang Ada dalam Folder Temp

Temporary Files merupakan file sementara yang secara otomatis telah dibuat Windows. Dimana hal ini dilakukan degan tujuan utamanya untuk menyimpan data internal, yang pada dasarnya hanya diperlukan saat operasi. Namun meski tidak diperlukan lagi, data tersebut tetap ada sehingga dapat mengurangi kapasitas memori.

Agar tidak menjadi sampah yang semakin menumpuk, sebaiknya segera sobat bersihkan file sampah tersebut. Untuk melakukannya, silahkan sobat pilih Start Windows, kemudian tulis %temp% dalam kotak pencarian, selanjutnya sobat tinggal klik Enter pada keyboard.

Maka setelah itu, sobat akan diperlihatkan pada sebuah folder dengan nama Temp. Selanjutnya sobat tinggal pilih semua file sampah, yang telah menjadi penyumbang bagi memori c penuh tersebut. Untuk menghapusnya, tiggal klik saja tombol delete pada keyboard.

4. Gunakan Aplikasi WinDirStat

Aplikasi WinDirStat adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui apa yang membuat hardisk penuh. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghapus berbagai file sampah penyebab hardisk c penuh.

Bagi sobat yang bingung kenapa folder c tidak bisa dihapus, dengan aplikasi ini sobat tak perlu bingung lagi. Sebab denganya sobat bisa menghapus semua file sampah di disk c, sehingga bisa berkapasitas luas kembali.

Untuk dapat menggunakannya sklahkan sobat download WinDirStat. Sobat tak perlu khawatir sebab software ini adalah Open Source, sehingga sobt bisa dengan bebas mengguanakannya, dan tentu saja free alias gratis.

Untuk download WinDirStat, silahkan sobat bisa mendapatkannya dengan cara klik di sini.

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Setelah download WinDirstat, maka selanjutnya sobat tinggal melakukan proses instalasi seperti gambar di atas, hingga selesai.

Setelah aplikasi terbuka, sobat tinggal pilih drive mana yang akan dipindai, untuk mengetahui apa yang membuat hardisk penuh. Sobat bisa memilih semua hardisk bahkan semuanya. Selain itu sobat juga bisa membukanya perfolder saja.

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Setelah memilih sobat tinggal klik, maka WinDirStat pun akan segera melaakukan scaning. Proses ini, biasanya ditandai dengan hadirnya pacman yang lucu, berjalan ke sana kemari.

Canggihnya lagi, dalam proses ini WinDirStat juga akan tentang berbagai informasi terkait hardisk pada komputer sobat. Lebih dari itu dalam status barnya, WimDirStat juga dapat memberikan berbagai informasi akurat. Diantarnya adalah penggunaan memori RAM dan progress bar terhadap semua drive. Selanjutnya sobat tinggal menunggu sampai proses scanning ini, betul-betul sudah berakhir. Dengan hal ini, maka sobat akan tahu dengan detail penyebab memori c laptop penuh.

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Sebab jika proses scanning ini telah usai, maka WinDirstat akan memberikan informasi detail, terkait berbagai data apa saja yang telah membuat memori c tiba-tiba penuh. Lebih jelasnya silhakan bisa sobat lihat penampakannya, pada gambar di bawah ini.

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Itulah penyebab memory c laptop penuh. Dimana hal ini ditandai banyak sekali warna chart atau diagram dari keseluruhan drive yang ada di laptop atau pc sobat.

Dengan perpaduan warna tersebut, maka sobat akan lebih mudah dalam membedakan jenis file yang telah membuat memori hardisk penuh.
Lihat saja penampakannya pada Folder Tree berikut ini :

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Di sini, sobat bisa dengan jelas mengetahui, penyebab memory c laptop penuh. Sebab sobat bisa melihat langsung, folder mana saja yang terlalu banyak memakan memori.

Untuk menghapus suatu file atu folder, sobat tingga klik kanan saja pada folder tersebut, dan kemudian pilih delete. Selanjutnya tunggu sampai proses penghapusan selesai.

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Jika sudah selesai, sobat bisa menghapus folder lainnya yang memakan banyak memori. Setelah itu sobat tentu akan senang, sebab hardisk c penuh akan pulih seperti sedia kala.

Namun, saat menghapus folder tertentu sobat juga harus hati-hati. Jangan sampai sobat memilih file sistem, yang justru dapat membuat laptop berjalan tidak semestinya. Ini pernah dialami penulis, untung CD nya masih, jadi bisa instal ulang.

Inilah hasil pembersihan disk c yang luar biasa. Sebab hanya hitungan menit, disk c yang penuh bisa menjadi luas kembali. Lihat saja penampakannya di bawah ini:

cara mengatasi memori c penuh pada laptop

Demikian cara mengatasi memori c penuh semoga bermanfaat, dan kinerja laptop bisa semakin kencang setelahnya.

Baca Juga : Mau Beli Laptop ? Inilah Tips Membeli Laptop Berkualitas yang Harus Kamu Ketahui

Gambar Gravatar
Menulis adalah salah satu cara mengaktualisasikan diri, memberi informasi bermanfaat, dan sebagai upaya menjadi pribadi yang berguna untuk orang banyak. Silhakan share jika bermanfaat.