Cara Mengatasi Eror Pada Handphone

6 Cara Mengatasi Eror Pada Handphone

Diposting pada

Install Aplikasi di Memori Eksternal

Ketika Anda menginstall aplikasi di memori internal, segala data dan dokumen akan masuk ke memori internal tersebut. Semakin banyak aplikasi akan membuat memori penuh dan mengganggu kinerja handphone tersebut. Untuk itu Anda harus mengosongkan memori internal dan menginstall aplikasi di memori eksternal sebagai cara mengatasi eror pada handphone.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Memori Card yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Selain itu uninstall aplikasi yang tidak terpakai, hal ini akan membuat RAM bekerja lebih ringan dan peforma kinerja handphone semakin baik, tidak eror, tidak  lemot dan lancar digunakan.

Update Firmware

Sistem operasi Andorid tidak membuat semua aplikasi bisa berjalan dengan sempurna. Masih ada saja bug ditemukan dan menyebabkan operasi sistem menjadi eror. Hal ini sangat wajar karena android menjalankan sekaligus menyimpan banyak sekali aplikasi. Untuk mengatasi eror pada handphone tentu Anda harus mengupdate firmware secara berkala. Dengan mengupdate firmware kinerja ponsel menjadi lebih optimal dan lancar.

Restart Ponsel

Eror pada handphone tiba-tiba saat menjalankannya pasti sangat menyebalkan. Tapi tak perlu khawatir, ini terjadi karena ada beberapa masalah yang belum Anda ketahui. Cara melakukannya juga sangat mudah Anda hanya perlu memencet tombol home lama lalu klik restart atau mulai ulang. Handphone akan menyala ulang dan lancar kembali.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Mudah Smartphone yang Suka Restart Sendiri

Cara ini juga memberikan waktu istirahat sebentar untuk handphone. Seperti manusia, handphone juga perlu istirahat terlebih lagi ia merupakan barang elektronik.

Reset Pabrik

Jika eror yang terjadi kian marak, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mereset ulang. Sebelum mereset ulang pastikan semua data sudah di backup karena cara ini akan menyeting kembali ke awal dan semua dokumen akan hilang. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan lalu klik reset ulang. Handphone kembali lancar dan memiliki performa baik.

Eror pada handphone bisa terjadi karena beberapa sebab, untuk itu sebelum mengatasinya pastikan Anda mengetahui penyebab kenapa handphone bisa mengalami eror, baru setelah itu Anda tahu langkah apa yang harus dilakukan untuk mengatasi eror pada handphone tersebut. Mengetahui penyebabnya memperkecil resiko terjadinya eror yang lebih parah.

Namun jika cara mengatasi eror pada handphone tersebut di atas tidak berhasil dan membuat eror semakin parah, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah membawanya ke service center. Di sana tersedia jasa profesional yang lebih paham mengenai seluk beluk handphone.

Demikian tips mengenai cara mengatasi eror pada handphone. Semoga informasi tersebut di atas bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *