Cara mengatasi handphone bootlop

5 Cara Mengatasi Handphone Bootlop Tanpa PC

Diposting pada


Cara mengatasi handphone bootlop adalah sesuai yang penting untuk kita ketahui. Smartphone merupakan kebutuhan utama manusia saat ini untuk beraktivitas sehari-hari. Namun seringkali terjadi masalah yang menimpa karena digunakan setiap hari. 

Performa smartphone kian menurun karenanya. Salah satu masalah yang paling dihindari adalah bootlop. Apakah Anda sedang mengalami hal ini? Tidak perlu khawatir, berikut cara mengatasi handphone bootlop yang harus dilakukan.

Baca Juga : 9 Cara Mengatasi Smartphone Mati Mendadak yang Harus Kamu Tahu

Apa Itu Bootlop

Sebelum membahas cara mengatasi handphone bootlop, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu Bootlop? Mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun apakah Anda tahu sebenarnya apa itu Bootlop? Jika Anda pernah menghidupkan smartphone dan ternyata nyangkut terus di logo smartphone atau tidak bisa hidup-hidup, inilah yang dinamakan bootlop. Kejadian ini akan berlanjut lama sekali atau bahkan seterusnya akan seperti itu.

Cara Mudah Mengatasi Handphone Bootlop

Restart Handphone

Untuk tingkat kerusakan bootlop ringan masih bisa diatasi dengan cara restart handphone. Bootlop ringan terjadi karena adanya masalah atau gangguan pada pengoperasian data. Melakukan cara ini sangat mudah, pertama matikan handphone. Lepas baterai, kartu sim, hingga SD Card. Biarkan selama kira-kira 15 menit.

Baca Juga : Solusi Ampuh Smartphone Suka Restart Sendiri

Setelah itu pasang kembali SD Card, kartu Sim dan baterai. Nyalakan kembali handphone Anda. Untuk bootlop ringan, cara ini sudah bisa menghidupkan kembali handphone Anda. Namun jika masih tidak bekerja, tingkat bootlop sudah parah.

Wipe Cache Partition

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi handphone bootlop tanpa pc adalah wipe cache partition. Tidak perlu khawatir, cara ini tidak akan membuat data di dalam smartphone hilang, jadi aman kan? Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalam Recovery Mode di dalam handphone dan klik yes.

Namun perlu diketahui, untuk tiap handphone cara masuk ke recovery berbeda-beda. Untuk Samsung klik Home+power/ homer+volume up+power. Huawei klik tombol power+volume up. LG tekan tombol Home+Volume Up + Power. Asus tekan tombol power+volume Up (setelah muncul logo lepas tombol power, volume up tetap ditekan). HTC tekan tombol Power +Volume Down+Power.

Factory Reset

Factory Reset juga merupakan salah satu cara ampuh untuk mengatasi handphone bootlop. Untuk melakukan cara ini Anda harus masuk ke recovery mode terlebih dahulu. Cara ini akan melakukan setting ulang software sistem. Dengan cara ini akan membuat sistem menjadi seperti pertama kali / saat baru. Cara melakukannya sangat mudah Anda hanya perlu pilih Factory Reset dan pilih yes.

Setelah melakukan cara ini, secara otomatis sistem akan melakukan proses mengembalikan sistem kembali seperti pabrik. Saat proses ini berlangsung biarkan handphoen (jangan diganggu) karena akan berdampak pada proses yang sedang terjadi. Jika proses berhasil, handphone akan langsung masuk ke halaman home.

Flashing ROM

Flashing ROM merupakan cara mengatasi handphone bootlop untuk kategori parah. Cara ini termasuk dalam cara yang paling rumit dan berat. Bootlop yang serius seperti ini terjadi karena ada masalah pada saat menginstall Custom ROM/ salah update OS di dalam handphone. Untuk melakukan cara ini Anda bisa mendownload aplikasi Smartphone Flash Tool.

Di dalam aplikasi terdapat langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Anda hanya perlu mengikuti semua petunjuk yang ada di dalam aplikasi. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis handphone. Dari Samsung, Xiaomi, LG, Huawei, HTC, Asus dan lain sebagainya.

Service Center

Jika cara-cara tersebut di atas sudah dilakukan namun masih belum juga berhasil, cobalah datang ke service center. Di sana handphone akan ditangani oleh para tenaga profesional. Jadi Anda tidak perlu takut dan khawatir. Di service center, handphone akan dicek secara keseluruhan mengenai masalah yang terjadi.

Biasanya handphone harus menginap selama beberapa hari untuk mengatasi bootlop yang terjadi. Kira-kira 3 hari hingga 1 minggu. Jika tidak bisa diperbaiki, pihak service center akan memberi tahu penyebabnya dan kenapa tidak bisa diperbaiki.

Bootlop merupakan salah satu masalah yang paling dihindari oleh pengguna handphone karena sangat menggangu aktivitas, terlebih lagi untuk orang yang menggunakan handphone sebagai alat bekerja. Beberapa cara mengatasi handphone bootlop di atas bisa Anda lakukan.

Jika handphone benar-benar tidak bisa diperbaiki, sangat direkomendasikan ke poin terakhir yaitu datang ke service center karena pihak profesional lebih mengetahui seluk beluk handphone dan tahu apa yang harus dilakukan agar tetap aman tanpa merusak yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *