9 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot agar Kencang Kembali

  • Whatsapp
cara mengatasi laptop dan PC lemot

Artikel ini akan membahas 9 cara mengatasi laptop dan PC lemot agar kencang kembali. Memiliki laptop atau PC sendiri banyak memberikan keuntungan baik bagi pelajar maupun pengusaha. Perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan ini sangat penting untuk dibeli. Sebab kamu dapat menggunakanya untuk banyak hal baik untuk belajar ataupun mengembangkan bisnis.

Awal mempunyai laptop atau PC memiliki daya kerja tinggi karena masih gress, tetapi lama-lama mengalami kemunduran daya kerjanya. Misalnya lama membuka file maupun aplikasi. Selain memuang-buang waktu, kinerja komputer yang lambat juga biasanya dapat mengusik suasana hati. Di tengah kerjaan yang harus segera dikerjakan, kinerja komputer yang lambat tentu bisa dengan mudah membuat hati menjadi kesal, dan marah.

Baca Juga : 9 Tips Membeli Laptop Baru Berkualitas yang Harus Kamu Tahu

Jika tidak bisa mengendalikan dengan baik, maka kekesalan dan emosi dapat merusak banyak hal, baik pekerjaan maupun lainnya. Atas dasar itulah Anda harus memahami cara mengatasi laptop lemot tersebut dengan sebaik-baiknya.

9 Cara Mengatasi Laptop dan PC Lemot

cara mengatasi laptop dan PC lemot

Bagi kamu yang sedang mengalami PC atau laptop lemot, berikut ini adalah cara mengatasi laptop lemot agar kencang lagi.

1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Saat laptop atau PC masih baru biasanya kamu tidak terasa meng-install banyak aplikasi. Padahal keberadaannya tidak sering digunakan bahkan tidak dibutuhkan. Sesungguhnya, aplikasi-aplikasi tersebut banyak memenuhi harddisk dan membuatnya menjadi lemot.

Kamu tinggal menekan Control Panel – Programs – Programs and Features. Langkah ini untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di laptopmu dan sebagai cara mengatasi laptop atau PC lemot.

2. Membatasi Aplikasi Waktu Startup

Waktu laptop dihidupkan sesungguhnyaada beberapa aplikasi yang melakukan proses secara terpisah. Cara mengatasinya yaitu kamu harus membuka Task Manager kemudian tekan tab Startup. Kamu dapat memantau bberbagai aplikasi yang berjalan ketika Startup serta dampaknya.

3. Cek Virus dan Spyware

Kinerja laptop dan PC dapat lemot jika terdsapat Spyware, virus, dan malware. Install juga aplikasi antivirus atau menggunakan Windows Defender. Biasanyaaplikasi itu sudah terpasang untuk memeriksa dan melindunginya dari virus. Salah satu cara mengatasi laptop lemot terbaik adalah dengan menggunakan anti virus terbaik.

4. Membersihkan Disk dan Meng-Upgrade RAM

cara mengatasi laptop lemot

Banyak file tidak diinginkan di perangkat kamu seperti file sementara, file installer, dan halaman web offline. Kehadiran Disk Cleanupsebagai utility yang bisa menghapus file-file itu. Cara membukanya adalah dengan membuka menu Start, lalu klik Disk Cleanup.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Membersihkan Memori Komputer yang Penuh dengan Cepat dan Aman

Memori yang besar akan membuat laptop atau PC kamu dapat digunakan lebih cepat dan kencang dalam pegoperasian sehar-harinya. Seandainya benda elektronik tersebut telah lemot maka kamu bisa mengganti RAM yang lebih besar. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhanmu.

5. Memperbaiki Aplikasi dan Sistem Operasi

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah memperbaharui aplikasi dan sistem operasinya. Sesungguhnya, sistem yang selalu up-to-date menjadikan laptop serta PC jadi lebih aman. Hal ini juga membuat performanya lebih dan cepat.

6. Ganti ke SSD

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan mengganti ke SSD. Umumnya, Harddisk (HDD) lebih murah. Namun (SSD) atau solid-state drive menjadikan proses startup lebih cepat.

7. Atur Grafis dan Animasi

Animasi dan efek grafis membuat tampilan aplikasi semakin mulus dalam Windows versi baru. Namun hal ini justru membuat benda elektonik itu menjadi lemot. Untuk mengatur atau menonaktifkannya yaitu tekan Control Panel – System and Security – System -Advance System Settings. Kemudian masuk ke tab Performance lalu pilih opsi yang ingin dinonaktifkan.

8. Menggunakan Aplikasi Tune-Up

Cara mengatasi laptop dan PC lemot berikutnya yaitu dengan meng-install aplikasi tune-up. Kegunaannya adalah untuk menghapus file duplikasi atau yang sudah tidak berguna sampai melakukan defragmentasi harddisk.

Namun kamu harus berhati-hati dalam memilihnya karena banyak aplikasi seperti itu yang mengandung malware. Pilihlah aplikasi Tune-Up yang credible.

9. Mengganti Pengaturan Baterai

Untuk menghemat baterai dan listrik kamu tinggal klik Control Panel – System and Security -Power Options. Kemudian klik panah di sebelah kanan dan akan muncul “additional plans” lalu pilih High Performance.

Penutup

Itulah 9 cara mengatasi laptop dan PC lemot tanpa harus pergi ke computer service. Kamu dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *