9 Cara Mengatasi Smartphone Mati Mendadak

Diposting pada

Mengatasi smartphone mati mendadak – Zaman sekarang ini, banyak orang beranggapan smartphone menjadi hal yang paling penting. Hampir semua orang mempunyai smartphone untuk kegiatan sehari-hari. Sebagai salah satu barang elektronik, pasti ada saja masalah yang dihadapi.

Apakah Anda pernah mengalami smartphone mati mendadak? Pasti sangat mengesalkan, bukan?. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi smartphone mati mendadak.

Cara Cepat Mengatasi Smartphone Mati Mendadak Paling Cepat

Setidaknya ada 9 cara mengatasi smartphone mati mendadak, yaitu sebagai berikut :

Cek Charger

Beberapa masalah smartphone mati mendadak, karena terjadi masalah pada charger. Mungkin smartphone Anda mati secara mendadak, karena ada masalah saat mengisi ulang. Jika ini masalahnya, cara mengatasi smartphone mati mendadak, yakni dengan mengecek kotoran atau debu di port charger. Jangan lupa juga untuk mengecek kabel charger, apakah baik-baik saja atau ada masalah.

Power Cycle

Langkah pertama yang harus dilakukan saat smartphone mati mendadak, adalah power cycle. Bagi Anda yang menggunakan smartphone dengan baterai removable sangat mudah. Anda hanya perlu mencabut baterai dari smartphone, dan tunggu beberapa menit lalu pasangkan kembali baterai Anda, dan kemudian hidupkan smartphone. Namun untuk non-removable cukup sulit, Anda harus menekan dan menahan tombol power beberapa detik.

Cek Baterai

Cara mengatasi smartphone mati mendadak selanjutnya, dengan mengecek kondisi baterai. Perlu diketahui, setiap tahun performa baterai kian menurun. Coba sambungkan smartphone dengan charger. Apabila muncul ikon baterai, ini menandakan tidak terjadi masalah. Tapi jika tidak muncul baterai, bisa menjadi tanda adanya masalah pada baterai, Anda harus mengganti baterai tersebut.

Cek Kondisi Layar

Smartphone mati mendadak tidak melulu dikarenakan masalah pada baterai, bisa terjadi karena masalah pada layar. Jadi, Anda harus mengecek kondisi layar, apakah bermasalah atau tidak. Untuk mengeceknya tekan tombol power sekitar 30 detik. Jika tidak ada reaksi, atau menampilkan proses boot, artinya layar Anda bermasalah. Cara mengatasinya, Anda harus mengganti layar tersebut di tenaga profesional.

Reset Smartphone

Mereset smartphone, juga salah satu cara mengatasi smartphone mati mendadak. Untuk melakukan cara ini, Anda harus membackup semua data yang ada di dalam smartphone, karena setelah di reset semua data akan hilang semua. Reset smartphone biasanya dilakukan karena terjadi masalah di ROM smartphone. Reset inilah satu-satunya jalan untuk mengatasinya.

Flashing Ulang

Mengatasi smartphone mati total, juga bisa dilakukan dengan cara melakukan flashing ulang. Untuk cara ini, Anda bisa melakukannya sendiri, namun sangat disarankan untuk menggunakan tenaga profesional. Hal ini karena apabila terjadi kesalahan, akan sangat berbahaya untuk smartphone Anda. Cara ini memerlukan bantuan PC atau laptop.

Wiping File Cache dan data Di Recovery

Seringkali smartphone mati total, dikarenakan sistem yang corrupt atau rusak. Selain menggunakan flashing, cara ini juga ampuh untuk mengatasi handphone mati total. Menggunakan recovery ini bisa membuat Anda menghapus dan merubah sistem. Cara yang dilakukan lumayan rumit. Harus dilakukan oleh ahli profesional, jika tidak data bisa terancam bahkan hilang.

Bersihkan dan Keringkan

Penyebab smartphone mati total, bisa terjadi karena terkena air. Jika hal ini terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah keringkan handphone dan bersihkan. Air yang ada di luar body smartphone, bisa Anda keringkan dengan kain. Air yang ada di dalam body bisa Anda keringkan dengan cara merendam smartphone di dalam beras, sekitar 2 hingga 3 hari.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Smartphone Mati Mendadak Karena Air

Tempat Service

Anda yang bingung dengan keadaan smartphone mati mendadak, dan tidak ada cara yang bisa dilakukannya lagi, langkah terakhir adalah dengan membawanya ke tempat service. Disana kondisi smartphone akan dicek, bagian mana yang terjadi masalah dan lain sebagainya. Tentunya untuk cara ini, smartphone biasanya harus opname sekitar beberapa hari tidak bisa langsung jadi selama satu hari.

Keadaan smartphone yang tiba-tiba mendadak mati, memang sangat menyebalkan, apalagi jika terjadi saat bekerja atau keadaan mendadak. Jika terjadi hal tersebut, cobalah melakukan beberapa cara mengatasi smartphone mati mendadak, seperti di atas yang bisa dilakukan sendiri.

Jika masih tidak terjadi perubahan, jangan melakukan cara yang bisa mengancam data. Serahkan saja kepada pihak profesional untuk ditangani. Dengan begitu data yang ada di dalam smartphone bisa aman terjaga. Itulah beberap informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *