Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara, Mudah dan Berhasil!

  • Whatsapp

Mengatasi WhatsApp diblokir sementara merupakan informasi yang penting, khususnya bagi kamu yang sedang mengalaminya. Tanpa informasi yang akurat, bukan tidak mungkin kamu bisa kehilangan kontak dengan para pengguna WhatsApp lainnya.

Seperti kita tahu, sejak kemunculannya WhatsApp memang merupakan suatu aplikasi yang sangat diminati. Kemudahannya dalam berkomunikasi memang telah begitu mudah memikat banyak para pengguna.

Baca Juga : Panduan Lengkap Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Manfaat Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Berdasarkan pengalaman pribadi ada banyak sekali keuntungan dari menggunakan aplikasi WhatsApp ini. Adapun beberapa keuntungan yang penulis rasakan dari aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Bisa video call dengan mudah dengan sesama pengguna lainnya.
  2. Bisa menghemat biaya telekomunikasi, sebab hanya dengan memiliki kuota penggun bisa melakulan panggilan suara maupun video call ke luar negeri sekalipun.
  3. Selain ada akun WhatsApp pribadi, tersedia juga aplikasi WhatsApp bisnisWhatsApp bisnis yang bisa diatur sedemikian rupa sehingga semakin menunjang kemajuan bisnis.
  4. Bisa menggabungkan banyak pengguna dalam group, dan disediakan link khusus sehingga lebih mudah disebar dan menambahkan hingga calon pengguna bisa request sendiri untuk meminta bergabung.
  5. Bisa digunakan untuk transaksi bisnis seperti jualan pulsa, jualan produk online, dan lain sebagainya.
  6. Terdapat WhatsApp Web, sehingga kita bisa membuka WhasApp di Laptop dan juga PC.
  7. Dan berbagai keuntungan lainnya yang bisa sobat tambahkan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Miliki 2 Akun WhatsApp dalam Satu Smartphone

Penyebab Akun WhatsApp Diblokir

Sebelum membahas cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu penyebab hal itu terjadi. Berdasarkan informasi resmi dari WhatsApp penyebab akun diblokir adalah karena kamu mengggunakan aplikasi yang tidak resmi, atau yang didukung. Jika tidak segera mengganti versi resminya, maka besar kemungkinan akun kamu akan benar-benar diblokir permanen.

Adapun beberapa aplikasi yang tidak didukunģ tersebut diantaranya GB WhatsApp, WhatsApp Plus, maupun aplikasi yang mengklaim dapat memindahkan chat WhatsApp yang kamu miliki antar smartphone. Aplikasi tidak resmi tersebut merupakan aplikasi WhatsApp yang telah dirubah oleh pihak ketiga, dan melanggar ketentuan layanan WhatsApp resminya. Karena tidak dapat memvalidasi praktek keamannnya, maka WhatsApp tidak mendukung berbagai aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Masih bersumber dari pihak WhatsApp, bahwa cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara adalah dengan mengalihkannya ke aplikasi resminya.

Sebelum megalihkan ke versi resmi tersebut, sebaiknya kamu membuat cadangan riwayat chatnya lebih dulu. Silahkan kamu temukan terlebih dahulu nama aplikasi yang tidak didukung tersebut, caranya yaitu dengan mengklik  Opsi lainnya > Setelan > Bantuan > Info Aplikasi. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut sesuai dengan nama aplikasi yang kamu gunakan.

Khusus untuķ kamu yang menggunakan aplikasi selain GB WhatsApp dan WhatsApp Plus, sebaiknya simpan terlebih dahulu riwayat Chat sebelum mengunduh versi WhatsApp resmi.

GB WhatsApp

Mengatasi WhatsApp diblokir sementara

Cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara, bagi kamu yang menggunakan GB WhatsApp adalah dengan mengikuti langkah-langkah ini, khususnya dalam menyimpan dan mentransfer riwayat chat. Jika salah dalam mengikuti langkah-langkah tersebut, besar kemungkinannya riwayat chat akan hilang. Namu karena WhatsApp tidak mendukung aplikasi tidak resmi, meski mengikuti langkah-langkah tersebut dengan benar ada kemungkinan riwayat chat bisa tetap hilang.

Langkah awal silahkan tunggu sampai waktu pemblokiran berakhir, hal ini dapat kamu lihat dari jangka waktu pemblokiran.

Pada aplikasi GB WhatsApp, silahkan klik Opsi lainnya > Chat > Cadangan chat.

Selanjutnya silahkan buka Setelan Telepon > klikk Penyimpanan > File.

Cari folder GB WhatsApp, selanjutnya pilih folder tersebut dengan cara klik dan tahan.

Di sudut kanan atas, ketuk Lainnya > Ubah nama dan ubah nama folder menjadi “WhatsApp”.

Selanjutnya silahkan cari dan unduh aplikasi WhatsApp resmi di PlayStore, jika tidak bisa silahkan bisa kamu gunakan tautan ini.

Pada aplikasi WhatsApp tersebut, silahkan kamu verifikasi nomor seluler kamu.

Di layar pencadangan, silahkan kamu klik pulihkan dan pilih berikutnya. Setelah itu akun WhatsApp kamu akan dimuat lengkap dengan riwayat chat sebelumnya.

WhatsApp Plus

Mengatasi WhatsApp diblokir sementara

Bagi pengguna WhatsApp Plus, apabila sebelumnya riwayat tersebut telah disimpan, maka akan ditransfer otomatis pada akun WhatsApp resmi kamu.

Seperti langkah di atas, silahkan kamu unduh aplikasi WhatApp resmi di Play Store, atau dengan menggunakan tautan di atas. Setelah itu kamu bisa memverifikasi nomor telepon seperti tutorial sebelumnya.

Lantas bagaimana jika kamu menggunakan aplikasi WhatsApp resmi namun tetap di blokir? Informasi lengkapnya ada pada pusat bantuan WhatsApp yang bisa kamu pelajari di sini.

Resiko Menggunakan Apikasi Tidak Resmi

Akun WhatsApp diblokir sebenarnya merupakan upaya WhatsApp dalam melindungi kamu, sebab ada resiko yang cukup berbahaya saat menggunakan WhatsApp mod. Adapun beberapa resiko negatifnya adalah sebagai berikut:

Resiko Data Disalah Gunakan

Aplikasi ilegal keamananya tentu sangat diragukan. Terlebih lagi saat kamu mengunduhnha tidak melalui Google Playstore maka berarti aplikasi tersebut tidak terverifikasi.

Salah satu resiko yang cukup mengerikan saat menggunakan aplikasi ilegal, adalah data kamu dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Korban Pemalsuan Identitas

Salah satu resiko dari pencurian data adalah pemalsuan identitas. Di tengah maraknya peminjaman uang secara online, bukan tidak mungkin identitas kamu digunakan untuk meminjam uang.

Tentu ngeri rasanya jika tiba-tiba ada debt kolektor yang datang ke rumah kamu, untuk menagih uang ratusan juta padahal kamu tidak merasa meminjamnya.

Resiko Chat Tidak Aman

Mengatasi WhatsApp diblokir sementara

Menggunakan aplikasi ilegal selain data dapat disalah gunakan, hacker biasanya juga akan lebih mudah untuk masuk pada aplikasi tersebut, sehingga pesan maupun dokumen lain yang ada di dalam akun kamu bisa dilihatnya.

Sementara jika menggunakan WhatsApp resminya, chat dan login kamu akan 100% aman. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut telah dilengkapi dengan fitur end-to-end.

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara. Setelah membahas juga bahaya menggunakan aplikasi tidak resmi, tentu sekarang kamu akan lebih bijak dalam memilih aplikasi resmi bukan. Selain menghargai karya orang lain, menggunakan aplikasi resmi juga dapat menjaga diri kita sendiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *